Sukses


Liga Inggris: Eks Chelsea Menilai VAR Bikin Nyawa Permainan Sepak Bola Menghilang

Bola.com, Jakarta - Mantan striker Chelsea, Tony Cascarino, mengeluhkan keberadaan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Ia menganggap teknologi itu membuat banyak orang akan tidak lagi berminat untuk menyaksikan pertandingan sepak bola.

Penggunaan VAR sudah dilakukan selama beberapa musim terakhir di liga top dunia, termasuk turnamen besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa.

Harapannya, VAR bisa meminimalkan kesalahan wasit dalam mengambil keputusan karena potensi pandangannya yang tidak sesuai dengan timing peristiwa dalam pertandingan.

Namun, penggunaan VAR ternyata belum menyelesaikan masalah. Banyak yang justru merasa dirugikan dengan adanya teknologi baru sepak bola itu, terutama dalam menentukan penempatan posisi offside seorang pemain yang kini menjadi sangat presisi, bahkan justru terkesan berlebihan.

Mantan striker Chelsea, Tony Cascarino, mengaku tidak suka dengan keberadaan VAR. Baginya, teknologi yang membantu wasit ini justru mengganggu kenikmatan penonton ketika menyaksikan sebuah pertandingan.

"Tentu saja saya merasa bingung dan sulit menjelaskannya. Apakah saya menyukainya? Tidak. Apakah itu membuat saya menjauh dari sepak bola? Tentu saja terkadang. Permainannya indah, tapi sayangnya Anda akan merasa seperti itu," ujar Cascarino kepada talkSPORT.

"Saya mengenal banyak teman saya, dan banyak orang yang mendengarkan pertunjukan ini, yang menyukai sepak bola tapi tidak suka sepak bola saat ini. Mereka tidak menyukai produknya."

"Saya mengagumi tekniknya. Kondisi fisik sepak bola luar biasa, indah, dan permainan ini dimainkan oleh tim yang sangat berorientasi menyerang."

"Saya menyukai semua itu. Namun, sisi sepak bola yang membuatnya busuk adalah ini, apa yang kita saksikan dan lihat saat ini," tegas mantan striker Chelsea itu tentang VAR.

Video

2 dari 2 halaman

Kehilangan Nyawa

Cascarino menyebut bahwa VAR telah membuat sepak bola kehilangan nyawanya, jika dibandingkan dengan zaman ketika VAR masih belum diperkenalkan.

"Saya menemukan kita semua telah kehilangan jiwa dari permainan sepak bola saat ini, oleh keputusan yang dibuat," ujar Cascarino.

"Saya sering mengatakan ini, tapi Anda tidak ingin terdengar kuno. Namun, posisi permainan hari ini jika dibandingkan dengan kemarin, sangat jauh," tegasnya.

Sumber: talkSPORT

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 29/11/2020)

Video Populer

Foto Populer