Sukses


Liga Inggris: Jurgen Klopp Diklaim Men-copas Taktik Mind Games ala Sir Alex Ferguson

Bola.com, Jakarta - Komentar kontroversial terucap dari mulut legenda Manchester United, Rio Ferdinand. Ia mengatakan bahwa Jurgen Klopp meniru taktik mind games yang biasa diterapkan Sir Alex Ferguson.

Liverpool belum benar-benar menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan. Meski masih bersaing di papan atas, penampilan Mohamed Salah dkk. di Liga Inggris masih angin-anginan.

The Reds tak lagi mudah meraih kemenangan besar. Bahkan, mereka pernah dibantai Aston Villa dengan skor telak 2-7.

Cedera yang dialami sejumlah pemain Liverpool menjadi kendala tersendiri buat Jurgen Klopp. Tidak tanggung-tanggung, dua bek andalannya, Virgil van Dijk dan Joe Gomez harus absen untuk waktu yang tak sebentar.

Menghadapi situasi tersebut, Jurgen Klopp seringkali mengalihkan isu dengan membahas hal lain di luar teknis pertandingan. Belakangan, ia mengeluhkan jadwal padat, serta mendukung lima pergantian pemain.

Rio Ferdinand mengatakan, 'taktik' mind games seperti itu merupakan cara yang biasa dilakukan bekas manajernya dulu selama berkarier di Manchester United, Sir Alex Ferguson. Apa katanya?

 

2 dari 3 halaman

Mengalihkan Topik Utama

"Terkadang, Ferguson akan memberikan team talk usai pertandingan sekalem mungkin. Anda biasa melihatnya dalam sesi wawancara di tv, tapi beberapa kali membicarakan sesuatu yang di luar ekspektasi," kata Ferdinand.

"Kalimat demi kalimat yang ia keluarkan bakal menghalangi sorotan kepada pemain atau timnya. Sir Alex bisa menguasai narasi, dan saya rasa Klopp melakukan hal serupa dengan sangat baik saat ini."

"Klopp akan membicarakan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pertandingan dan performa timnya," ujarnya lagi.

Sumber: Mirror

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer