Sukses


Liga Inggris: Jurgen Klopp Anggap Gerard Houllier Sebagai Legenda Liverpool

Bola.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, turut berduka atas wafatnya Gerard Houllier. Bagi Klopp, Houllier adalah satu di antara legenda The Reds.

Pelatih asal Prancis tersebut meninggal dunia pada Senin (14/12/2020) waktu setempat, atau beberapa hari setelah menjalani operasi jantung. Gerard Houllier diketahui mengalami masalah pada jantungnya.

Ucapan duka pun mengalir pasca-wafatnya mantan manajer Liverpool tersebut. Jurgen Klopp menyebut Gerard Houllier sebagai sosok pelatih yang hebat dan mengukir banyak prestasi di dunia sepak bola.

"Ini benar-benar hari yang menyedihkan. Saya tidak terlalu mengenal Gerard, saya bertemu dengannya beberapa kali, tetapi dalam beberapa momen itu dia menciptakan hubungan yang sangat istimewa dengan saya," ujar Klopp.

"Gerard Houllier adalah legenda Liverpool sejati dan dia adalah legenda pelatih sejati. Dia sangat berpengaruh dalam permainan." lanjutnya.

"Pelatih yang hebat, tetapi seorang manusia yang memberikan perasaan hangat saat Anda berada di dekatnya. Bagi kita semua, ini adalah kerugian besar dan hari yang sangat menyedihkan," tutur manajer Liverpool itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Karier Gerard Houllier

Pria berusia 73 tahun tersebut pertama kali menjajaki dunia kepelatihan pada 1973. Gerard Houllier mengawali kariernya sebagai pelatih bersama klub Prancis, Le Touquet sebelum pindah ke Lens pada 1976.

Namanya mulai berkibar saat menukangi Paris Saint-Germain dari 1985 hingga 1988. Di bawah asuhan Houllier, PSG sukses merengkuh trofi Liga Prancis musim 1985/1986.

Setelah dari PSG, dia diangkat menjadi asisten pelatih Timnas Prancis. Dia sempat menjadi pelatih Prancis pada 1992 sampai 1993, sebelum dipindahkan ke Prancis U-18 dan Prancis U-20.

Pada 1998, Houllier menangani Liverpool bersama Roy Evans sebelum menjadi manajer tunggal dari 1998 hingga 2004. Gerard Houllier pun menorehkan prestasi mentereng bersama The Reds.

Tercatat, dia sukses membawa Liverpool merengkuh enam gelar juara, termasuk treble winner (Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala UEFA) pada musim 2000/2001.

Gerard Houllier kemudian melanjutkan kariernya bersama Olympique Lyon dari 2005 sampai 2007. Dia pun sukses membawa klub asal Prancis itu meraih dua gelar Ligue 1 sekaligus Trophee des Champions 2005 dan 2006.

Sumber: Liverpool

Video Populer

Foto Populer