Sukses


Superstar: Phil Foden, Pemain Muda Manchester City yang Sukses Menorehkan Rekor di Anfield

Bola.com, Liverpool - Pemain muda Manchester City, Phil Foden, berhasil mencatatkan rekor apik saat timnya menang telak 4-1 atas Liverpool dalam laga pekan ke-23 Premier League di Anfield, Senin (8/2/2021) dini hari WIB. Phil Foden menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mencetak gol dan assist ke gawang Liverpool dalam laga Premier League di Anfield.

Phil Foden tampil cemerlang bersama The Citizens di Anfield. Umpan yang dilepaskannya berbuah gol yang dicetak Ilkay Gundogan pada menit ke-73 dan membawa Manchester City unggul 2-1 saat itu.

Tidak sampai di situ saja, Phl Foden akhirnya juga memastikan namanya ada di papan skor lewat gol penutup kemenangan 4-1 yang dicetaknya pada menit ke-83. Kecemerlangan sang pemain muda ini ternyata menorehkan catatan positif di Anfield.

Seperti dilansir BBC Sport, Phil Foden menjadi pemain termuda yang berhasil mencetak gol dan assist ke gawang Liverpool dalam laga Premier League di Anfield. Foden melakukannya dalam usia 20 tahun 255 hari.

Video

2 dari 3 halaman

Pujian dari Pep Guardiola

Seperti dilansir dari Whoscored, Phil Foden memang menjadi pemain yang paling cemerlang dalam pertandingan di Anfield itu. Pemain yang tahun ini akan genap berusia 21 tahun itu mencatatkan rating 9,3.

Dalam sepanjang pertandingan di Anfield, Foden melepaskan dua tembakan, berhasil melancarkan 70 persen umpan, dan dua kali memenangi duel udara.

Pep Guardiola pun mengapreasiasi pemain muda timnya tersebut. Manajer asal Spanyol itu pun berharap Phil Foden yang masih muda akan terus berkembang menjadi pemain yang jauh lebih baik.

"Phil Foden adalah pemain yang mampu mempertahankan bola dengan sangat baik. Ia begitu agresif, tapi juga masih begitu muda," ujar Guardiola kepada Sky Sports.

"Ketika ia bermain melebar, itu lebih mudah baginya. Ia akan belajar. Aksi untuk gol kedua dan keempat yang dilakukannya, kami tahu betapa berbakat dirinya. Namun, ia masih muda dan semoga ia bisa mengerti bahwa ia masih bisa berkembang," lanjut sang manajer.

3 dari 3 halaman

Pujian dari Ilkay Gundogan

Tak hanya dari Pep Guardiola, pujian juga datang dari pemain yang berhasil mencetak gol karena assist dari Phil Foden, Ilkay Gundogan. Pemain asal Jerman itu memuji sang pemain muda karena penampilannya yang sangat baik dalam pertandingan menghadapi Liverpool itu.

"Phill pantas mendapatkan kredit. Ia tampil sangat baik. Jika dibandingkan dengan musim lalu, ia meningkat pesat pada musim ini. Ia masih begitu muda, itu yang tidak bisa kita lupakan. Masih ada banyak yang akan diperlihatkannya," ujar Gundogan.

"Sangat gembira memilikinya di dalam tim kami. Ia memberikan kami kualitas yang luar biasa dan menyenangkan melihat seorang pemain muda bermain begitu baik," lanjut pencetak dua gol dalam laga kontra Liverpool tersebut.

Sumber: BBC Sport, Whoscored, Sky Sports.

Video Populer

Foto Populer