Sukses


Liga Inggris: Pengakuan Ilkay Gundogan, Pernah Ditaksir Manchester United

Bola.com, Jakarta - Sebuah pengakuan terlontar dari mulut gelandang andalan Manchester City, Ilkay Gundogan. Ia mengaku bahwa dirinya sempat memikat perhatian Manchester United.

Manchester City bukanlah klub tempat nama Ilkay Gundogan pertama kali dikenal publik. Sosoknya sudah tercium harum di pentas sepak bola sejak memperkuat klub raksasa Jerman, Borussia Dortmund.

Gundogan memperkuat Dortmund selama lima musim, terhitung sedari tahun 2011 hingga 2016. Ia menorehkan 157 penampilan dan 15 gol untuk Die Borussen sebelum the Citizenz datang untuk meminangnya.

Baru-baru ini, Gundogan mengungkapkan bahwa karirnya bisa berada di jalur berbeda. Sebab, saat memperkuat Dortmund, Manchester United pernah tertarik dengan aksinya.

Manchester United Gundogan mengatakan kalau ketertarikan Manchester United itu muncul ketika mereka sedang memantau pemain Borussia Dortmund lainnya, Shinji Kagawa. Yang artinya, ketertarikan itu muncul di sekitaran tahun 2012.

"Cukup benar. Ada perbincangan. Saya pikir sekitar dua atau tiga tahun sebelum saya bergabung dengan City, tepat ketika saya bermain untuk Borussia Dortmund," ungkap Gundogan saat berbincang dengan Sky Sports.

"Salah satu rekan setim, Shinji Kagawa, pindah ke Man United dan seseorang memberitahu kalau mereka hadir di beberapa pertandingan untuk melihatnya bermain sebelum merekrut dia. Lalu, saya menarik perhatian mereka," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Lantas Kenapa Tidak Jadi ke Manchester United?

Kendati demikian, Manchester United tidak mengupayakan kedatangan Gundogan ke Old Trafford. Mereka mundur saat Dortmund memagari Ilkay Gundogan agar tidak pindah ke klub lain menyusul kepergian Kagawa.

"Obrolannya tidak berlanjut karena Borussia Dortmund menyatakan dengan cukup jelas bahwa mereka enggan menjual saya," tambahnya.

"Saya juga masih punya beberapa tahun lagi di dalam kontrak, jadi tidak ada gunanya berbincang dengan klub lain pada saat itu. Jadi ya, pada akhirnya, itu tidak terjadi," pungkasnya.

Gundogan bergabung dengan Manchester City pada tahun 2016 lalu dan telah bertahan selama lima musim. Dalam kurun waktu tersebut, pria asal Jerman tersebut sudah mengantongi total 188 penampilan dan 35 gol di semua kompetisi.

 

Sumber asli: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, Published 27/02/2021)

Video Populer

Foto Populer