Sukses


Liga Inggris: Wasit Setop Pertandingan untuk Lihat VAR dan Lanjutkan Laga Begitu Saja, Bek Manchester United Bingung

Bola.com, London - Bek sayap Manchester United, Luke Shaw, tampak bingung dengan keputusan wasit Stuart Attwell yang menghentikan pertandingan untuk melihat tayangan VAR pada menit ke-14 pertandingan kontra Chelsea. Kebingungan Luke Shaw muncul karena setelah itu sang wasit meminta pertandingan dilanjutkan karena merasa tidak ada handball di kotak penalti The Blues.

Keputusan wasit Stuart Attwell tidak memberikan penalti kepada Manchester United dalam laga pekan ke-26 Premier League kontra Chelsea di Stamford Bridge, Minggu (28/2/2021) malam WIB, menjadi sorotan. Sang wasit menilai Callum Hudson-Odoi tidak melakukan handball di kotak penalti The Blues.

Momen tersebut berawal dari sepakan tendangan bebas Marcus Rashford yang dimentahkan oleh kiper Chelsea, Edouard Mendy, dan kemudian diperebutkan oleh Callum Hudson-Odoi dan Mason Greenwood. Tampak tangan Hodson-Odoi menyentuh bola, begitu pun dengan lengan dari Greenwood.

Wasit kemudian menghentikan pertandingan dan tampak akan memberikan penalti kepada Manchester United. Namun, Stuart Attwell kemudian memutuskan melihat tayangan ulang di VAR dan kembali dengan keputusan tidak ada penalti diberikan kepada The Red Devils.

Keputusan tersebut membuat bek sayap Manchester United, Luke Shaw, bingung. Menurutnya, untuk apa seorang wasit menghentikan pertandingan, melihat VAR, dan kemudian melanjutkan permainan begitu saja.

"Saya tidak tahu. Pada saat itu saya melihat ada handball. Saya tidak tahu apakah itu Mason Greenwood atau Callum Hudson Odoi. Saya bahkan tidak tahu ada peninjauan melalui VAR. Saya tidak mengerti mengapa dia menghentikan pertandingan. Jika ini penalti, tapi jika tidak penalti, saya tak tahu mengapa dia perlu menghentikan pertandingan," tegas Luke Shaw kepada Sky Sports.

"Wasit bahkan mengatakan kepada Harry Maguire, saya mendengar dia mengatakan, 'Jika saya katakan ini penalti, maka akan membuat begitu banyak pembahasan mengenai hal ini nanti'. Jadi saya tidak tahu apa yang terjadi saat itu," lanjutnya.

Luke Shaw pun menegaskan bahwa sebelum wasit menghentikan pertandingan sesaat untuk melihat VAR, Manchester United tengah melakukan serangan. Otomatis ketika pertandingan dihentikan oleh wasit, semua orang berpikir penalti akan diberikan.

"Maguire mengaku diberi tahu itu penalti. Mendapatkan penalti lewat VAR. Saya tidak yakin. Saya tidak mengerti. Jika ia menghentikan pertandingan, maka Anda berpikir ia akan memberikan penalti. Kami tengah menguasai bola, kami tengah menyerang. Jadi saya bingung dengan keputusan VAR ini," ujarnya.

"Jika memang bukan penalti, seharusnya pertandingan tetap berjalan dan tidak menghentikan aliran permainan. Satu lagi, saya tidak ingin mengeluhkan masalah ini," lanjut bek Manchester United itu.

2 dari 3 halaman

Butuh Kemenangan

Luke Shaw melihat pertandingan antara Chelsea kontra Manchester United berjalan cukup baik. Kedua tim memperlihatkan cara bertahan yang bagus meredam serangan lawan, tapi Manchester United tidak menciptakan banyak peluang.

Hal tersebut cukup mengecewakan bagi Luke Shaw. Menurutnya, Manchester United tidak boleh kehilangan poin atau jarak dengan rivalnya, Manchester City, yang berada di puncak akan semakin besar.

"Ini pertandingan yang benar-benar sepadan. Tidak begitu banyak peluang tercipta. Kedua tim bermain cukup aman. Kami bertahan dengan baik, tapi saya tidak berpikir kami juga menciptakan begitu banyak peluang. Kami sedikit kecewa dengan hal tersebut," ujar Shaw.

"Jarak dengan Manchester City makin besar, jadi kami butuh menang. Kami harus terus menekan dan melaju. Kami mendapatkan satu poin saat menghadapi tim yang sangat bagus. Mereka bertahan dengan baik, sehingga kami harus melihatnya seperti itu," lanjutnya.

Sumber: Sky Sports, BBC Sport

3 dari 3 halaman

Video

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United
  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Chelsea
  • Luke Shaw adalah pemain sepak bola profesional yang bermain di tim Manchester United dan tim nasional Inggris.
    Luke Shaw adalah pemain sepak bola profesional yang bermain di tim Manchester United dan tim nasional Inggris.
    Luke Shaw adalah pemain sepak bola profesional yang bermain di tim Manchester United dan tim nasional Inggris.
    Luke Shaw
  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar
    Liga Inggris
  • Bola.com
  • Premier League

Video Populer

Foto Populer