Sukses


Liga Inggris: Juara di Liga Skotlandia, Bukan Jaminan Steven Gerrard Siap untuk Liverpool

Bola.com, Jakarta - Mantan gelandang Liverpool, Steven Gerrard, kini tengah digadang-gadang menjadi kandidat manajer baru The Reds setelah performa buruk yang diperlihatkan klub yang bermarkas di Anfield itu dalam beberapa pertandingan terakhir. Banyak yang menyebut Steven Gerrard, yang baru membawa Rangers menjuarai Liga Skotlandia, bisa menggantikan peran Jurgen Klopp.

Jurgen Klopp telah membangun Liverpool menjadi tim yang menjuarai Premier League musim lalu dan Liga Champions pada musim sebelumnya. Namun, pada musim ini performa tim asuhan manajer asal Jerman itu menurun signifikan.

Liverpool baru saja kalah dalam enam laga kandang terakhirnya. Catatan ini membuat Liverpool harus melorot hingga ke peringkat kedelapan dalam klasemen Premier League saat ini.

Kondisi Liverpool yang buruk, terutama mengingat status mereka sebagai juara bertahan Premier League, membuat banyak yang mulai meragukan Jurgen Klopp.

Banyak yang menyarankan agar manajer asal Jerman itu diganti oleh Steven Gerrard bisa menggantikan perannya, terutama karena Gerrard baru saja membawa Rangers menjuarai Liga Skotlandia dengan catatan belum pernah kalah pada musim ini.

Kisah sukses Gerrard membuat namanya dikaitkan dengan jabatan Jurgen Klopp. Gerrard, yang pernah menjadi pelatih tim junior Liverpool, disebut layak untuk menggantikan peran Klopp di Liverpool.

Video

2 dari 3 halaman

Bukan Pilihan Tepat

Namun, legenda Liverpool, Mark Lawrenson, merasa saran tersebut tidak tepat. Menurutnya, Gerrard belum siap untuk mengambil alih tugas Jurgen Klopp di Anfield.

"Satu yang ingin saya katakan adalah untuk semua kesuksesan yang diraih bersama Rangers, melatih Liverpool berada dalam spektrum yang berbeda," ujar Lawrenson seperti dikutip dariĀ BBC Sport.

"Ini akan menjadi langkah besar. Ini akan menjadi pertaruhan besar bagi pemilik klub, Fenway Sports Group, untuk menunjuk Gerrard sebagai manajer," lanjut mantan pemain Liverpool pada era 1980-an itu.

3 dari 3 halaman

Suporter Liverpool Harus Membuka Mata

Lawrenson menyadari bahwa fans Liverpool punya harapan besarĀ terhadap Steven Gerrard yang punya sejarah bagus sebagai pemain. Akan tetapi, Lawrenson melihat sukses Gerrard di Skotlandia belum bisa menjadi tolok ukur.

"Saya pikir penggemar Liverpool dengan satu sudut pandang akan bilang 'tunjuk Steven Gerrard', jika Jurgen Klopp pergi," kata Lawrenson.

"Tapi, saya pikir orang lain akan mundur selangkah dan pergi: 'Dia melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa di Rangers. Dia adalah seorang pemain hebat, tapi mungkin dia perlu mengambil pekerjaan bersama klub lain di Premier League'," ucap Lawrenson.

Sumber: BBC Sport

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 9/3/2021)

Video Populer

Foto Populer