Sukses


Erick Thohir, Pernah Jadi Bos Inter Milan dan Kini Segera Miliki Klub Inggris

Bola.com, Jakarta - Menteri BUMN, Erick Thohir, sempat menggegerkan publik Tanah Air ketika mengakuisisi saham Inter Milan. Kini, pengusaha berusia 50 tahun tersebut selangkah lagi membeli klub Inggris, Oxford United.

Erick Thohir membeli Inter Milan pada 2013. Menurut data dari Forbes, mantan petinggi Persib Bandung itu menggelontorkan dana mencapai 480 juta dolar AS demi bisa memiliki 70 persen saham I Nerazzurri yang sebelumnya dimiliki oleh Massimo Moratti.

Berstatus sebagai pemilik saham mayoritas, Thohir dipercaya menjabat sebagai presiden Inter Milan. Selama dipimpin Erick Thohir, pencapaian Il Biscione tak terlalu membanggakan.

Prestasi terbaik Inter bersama Thohir hanya finis di peringkat empat klasemen akhir Serie A musim 2015/2016 dan 2017/2018.

Pada 2016, Erick Thohir melepas 39 persen sahamnya ke Suning Group, perusahaan multinasional asal China. Sampai akhirnya, pemilik Mahaka Media itu menjual seluruh sahamnya yang tersisa 31 persen di Inter Milan kepada perusahaan asal Hong Kong, Lion Rock pada Januari 2019.

Alhasil, Erick Thohir sudah tak lagi memiliki pengaruh di Inter Milan. Dia juga sudah menyerahkan jabatan presiden Inter Milan kepada Steven Zhang pada 2018.

Sebelum membeli saham mayoritas Inter Milan, Thohir juga sempat mengakuisisi klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, DC United pada 2012. Thohir bersama rekannya, Jason Levien, membeli saham DC United sebesar 78 persen.

Kebersamaannya bersama DC United berakhir pada Agustus 2018. Semua saham klub berjulukan Black-and-Red itu kini dipegang oleh D.C. United Holdings.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Beli Saham Klub Inggris

Kini, Erick Thohir dan pengusaha Anindya Bakrie bermanuver ingin membeli klub League One Inggris, Oxford United. Keduanya telah mengajukan proposal untuk membeli klub tersebut.

Sebelumnya, Thohir dan Anindya sudah menjadi Board of Directors klub berjuluk The Us itu sejak 2018. Seperti dilansir The Telegraph dan Oxford Mail, Sabtu (20/3/2021), dua pengusaha itu ingin membeli 51 persen saham Oxford United dari Sumrith 'Tiger' Thanakarnjanasuth.

"Tolong doakan, agar semuanya lancar," kata Erick Thohir.

Diperkirakan transaksi pembelian tersebut akan tuntas dalam beberapa pekan ini, termasuk mendapat persetujuan dari badan English Football League sebagai operator kompetisi sepak bola di Inggris.

Sumber: Berbagai sumber

3 dari 3 halaman

Simak Posisi Inter Milan Saat Ini:

Video Populer

Foto Populer