Sukses


Liga Inggris: Sir Alex Ferguson Buka-bukaan soal Resep Sukses Rekrut Pemain Saat Masih Melatih Manchester United

Bola.com, Jakarta - Pelatih legendaris Liga Inggris, Sir Alex Ferguson mengungkapkan kriteria yang ia cari ketika merekrut pemain untuk mantan klubnya, Manchester United.

Sir Alex Ferguson menukangi Manchester United selama 27 tahun dan sukses mempersembahkan sederet gelar bergengsi, mulai dari 13 trofi Premier League hingga dua gelar juara Liga Champions.

Atas prestasi luar biasanya bersama Manchester United, Ferguson pun dianggap sebagai salah satu pelatih terhebat sepanjang sejarah sepak bola dunia.

Selama kariernya di Old Trafford, Ferguson telah melahirkan dan sempat memiliki sejumlah bintang papan atas dunia. Sosok 79 tahun itu pun membagikan resepnya kala merekrut pemain.

"Saya rasa itu bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Beberapa pemain yang saya miliki adalah pemain yang sangat alami, dengan bakat alami. Tetapi ada pemain lain yang memiliki tekad yang sama dengan saya, yang mungkin bukan pemain terbaik tetapi mereka menjadikan diri mereka pemain terbaik, karena mereka juga memiliki sesuatu di dalamnya," ujar Ferguson di laman resmi United.

"Saya kembali ke salah satu kekalahan pertama saya sebagai manajer, pada usia 32 tahun. Saya tidak menyangka. Saya membuka pertandingan dengan mata terbuka lebar, bahwa ini akan mudah. ​​Kami kalah 5-2 dari Albion Rovers. Saya adalah manajer East Stirling, para pemain mendapatkan 5 paun seminggu." 

"Saya pulang dan berkata 'jika saya tidak mendapatkan Alex Ferguson di tim saya, saya tidak akan melakukannya. berhasil'. Jadi saya memastikan bahwa para pemain saya memiliki ketangguhan mental tentang mereka, sejak saat itu.” tambahnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Naluri dan Insting

Lalu, dari manakah Sir Alex Ferguson tahu bahwa pemain yang bakal ia rekrut cocok dengan Manchester United? Ferguson menyebut bahwa ia mengandalkan nalurinya ketika mencari pemain.

"Saya percaya pada naluri. Saya memiliki naluri yang baik tentang pemain dan saya memiliki naluri yang baik tentang menonton pemain yang mungkin ingin saya beli. Saya tahu bahwa, melihat pemain tertentu, saya bisa melihat ciri-ciri yang memberi tahu saya bahwa mereka adalah pemain Manchester United, atau pemain Aberdeen, atau pemain St Mirren. Saya bisa melihat itu pada pemain tertentu yang saya tonton," tutur Ferguson.

"Naluri sangat penting. Juga pada insting, terkadang memilih tim. Kami memainkan tim tertentu dan saya memiliki insting: 'benar, saya tidak akan memainkan pemain tertentu. Saya akan bermain dengan pemain lain.' Saya tidak akan mengatakan itu intuisi, saya akan mengatakan itu insting." tandasnya.

 

Sumber: Manchester United

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, Published 27/03/2021)

Video Populer

Foto Populer