Sukses


Liga Inggris: Liverpool Menang Tanpa Sadio Mane, Risiko yang Harus Diambil Jurgen Klopp

Bola.com, Jakarta - Ada yang aneh dari komposisi pemain Liverpool ketika menjamu Aston Villa di Anfield dalam laga lanjutan Premier League, Sabtu (10/4/2021) malam WIB. Tidak ada nama Sadio Mane dalam trisula lini depannya.

Liverpool meraih kemenangan 2-1 atas Aston Villa. Satu yang menarik, tak ada nama Sadio Mane dalam starting eleven Liverpool di Anfield.

Ada dugaan kalau Sadio Mane dicadangkan lantaran mengalami paceklik gol belakangan ini. Nama pemain berkebangsaan Senegal itu memang tak terlihat di papan skor dalam empat penampilan terakhir di semua kompetisi.

Mane mencetak gol ketika Liverpool bertemu RB Leipzig dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions pada Maret lalu. Sebelum itu, ia juga melakoni empat penampilan di semua kompetisi tanpa menjebol gawang lawan.

Tentu, torehan ini cukup mengkhawatirkan bagi Liverpool. Roberto Firmino bukanlah pencetak gol utama the Reds dan jika situasi seperti ini berlanjut, maka Liverpool bisa-bisa bertumpu pada Mohamed Salah saja untuk mencetak gol.

Video

2 dari 4 halaman

Alasan Sadio Mane Jadi Cadangan

Keputusan Jurgen Klopp menjadikan Sadio Mane sebagai pemain cadangan Liverpool mengundang pertanyaan. Apakah ini hukuman dari Jurgen Klopp selaku pelatih karena performa sang penyerang menurun? Pria asal Jerman itu punya penjelasannya.

"Ini adalah situasi di mana Anda melihat siapa yang tampil baik, bagaimana dan hal semacamnya, bagaimana cara kerjasamanya? Bobby bisa bermain dan Mo, jelas, serta Diogo. Apa yang bisa mereka lakukan," katanya dikutip dari Metro.co.uk.

"Bagaimana kami mengatur lini tengah dan seperti apa level agresi yang tepat? Tapi, juga dari segi permainan, kami bermain di ruang yang benar, hal semacam inilah yang Anda pertimbangkan sewaktu mengatur susunan pemain. Sebenarnya tak perlu melakukan itu [mencadangkan Mane], tapi hari ini saya melakukannya," lanjut manajer asal Jerman itu.

3 dari 4 halaman

Ambil Risiko

Demi meraih kemenangan perdana di Anfield sejak Desember 2020, Klopp harus mengambil resiko dalam keputusan pemilihan pemain. Keberanian tersebut berbuah manis dalam bentuk tiga poin.

"Kami mengambil resiko dengan pergantian - kami memainkan gelandang tambahan - dan itu memberikan dampak yang bagus untuk kedua gol. Seperti itulah yang diharapkan," kata Klopp.

"Yang perlu kami lakukan adalah membuat tim tertekan dan meraih kemenangan. Kami tak boleh menyia-nyiakan waktu, jadi penting untuk mencetak gol di momen itu dan itulah kenapa kami harus melakukan ini," pungkasnya.

Liverpool meraih kemenangan dramatis. Mereka sempat tertinggal lebih dulu setelah Ollie Watkins mencetak gol pada menit ke-43. Tapi, mereka bisa membalikkan kedudukan melalui aksi Mohamed Salah dan Trent Alexander-Arnold pada babak kedua.

Sumber: Metro.co.uk/Match of the Day

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 11/4/2021)

4 dari 4 halaman

Posisi Liverpool Saat Ini

Video Populer

Foto Populer