Sukses


Dosa-Dosa John Henry kepada Liverpool: Ini Orang Nyadar Enggak Sih?

Bola.com, Jakarta - John Henry, pemilik Liverpool, meminta maaf kepada suporter terkait keikutsertaan di Liga Super Eropa. Ini bukan kali pertama dirinya meminta maaf, dan agaknya sulit dimaafkan karena sudah banyak dosa yang ia lakukan.

Fenway Sports Group (FSG), badan usaha yang mengelola Liverpool, dan John Henry meminta maaf setelah mencoba menaikkan harga tiket di tribun utama baru klub sebesar 31 persen menjadi 77 pounds untuk musim 2016/2017.

Hal itu menuai protes karena pada saat bersamaan, ada kesepakatan televisi Liga Inggris senilai 5,1 miliar pounds. Suporter merasa menaikkan tarif tiket tidaklah bijaksana.

Permintaan maaf yang ditandatangani oleh Henry, Chairman Liverpool, Tom Werner, dan presiden Mike Gordon merasa menyesal pada saat itu dan mengakui kesalahan mereka. Tapi sekarang, setelah lelucon Liga Super Eropa, permintaan maaf ini menjadi hampa dan menggelikan.

"Kami bertiga sangat terganggu oleh persepsi bahwa kami tidak peduli dengan pendukung kami, bahwa kami serakah, dan bahwa kami berusaha untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan mengorbankan klub," kata John Henry.

"Sejak hari-hari pertama kami sebagai pemilik, kami memahami bahwa melayani sebagai penjaga institusi luar biasa ini adalah hak istimewa yang berbeda, dan karena itu, kami hanya didorong oleh keinginan untuk mengembalikan LFC ke puncak sepak bola."

"Kami yakin kami telah menunjukkan kesediaan untuk mendengarkan dengan cermat, mempertimbangkan kembali posisi kami, dan bertindak dengan tegas. Hubungan unik dan sakral antara Liverpool dan pendukungnya selalu menjadi yang terpenting di benak kami. Itu mewakili detak jantung klub sepak bola yang luar biasa ini," katanya lagi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Ironi

Grup penggemar Liverpool, Spion Kop 1906, melepas spanduknya dari Anfield sehubungan dengan berita Liga Super Eropa. Meski pada akhirnya tidak jadi ikut, mereka merasa telah kehilangan kepercayaan.

"Keputusan Anda yang salah dan kurangnya konsultasi dengan para suporter dalam keputusan besar ini adalah kesalahan fatal," kata mereka. "Sekali lagi, Anda berhadapan langsung dengan orang yang salah dan keterlambatan Anda dalam membuat pernyataan adalah tindakan pengecut."

"Ini klub KAMI, bukan milik Anda - jangan pernah meremehkan kami karena sekali lagi Anda telah melihat bahwa suporterlah yang memiliki kekuatan, bukan pria dengan tas kerja."

Grup suporter lain, Spirit of Shankly, merilis pernyataan membara mereka sendiri.

"Itu telah menjadi hari yang penuh gejolak dan memuakkan bagi kami semua. Spirit of Shankly selalu meminta kejujuran, integritas, dan transparansi dari pemilik klub FSG, tetapi kesombongan dan penipuan yang mereka tunjukkan di balik pengambilan uang ini menakutkan. Ini sudah tidak mengherankan."

"Kami telah mencatat permintaan maaf John Henry, tetapi ini terlalu terlambat. Air mata buaya ini tidak akan membasuh. Liverpool Football Club bukanlah waralaba Amerika, ini adalah komunitas yang kaya akan sejarah dan tradisi."

3 dari 3 halaman

Ironi John Henry

Ini adalah ironi bagi John Henry. Dia nyaris tak pernah berada dalam sorotan Liverpool terkait hal teknis. Mungkin dia tak suka pemberitaan media, tapi ketika wacana Liga Super Eropa mengemuka, dia malah jadi orang terdepan.

Orang-orang akan salah mengira dia adalah seorang akademisi Universitas. Dia tidak pernah terlibat di Liverpool untuk pamer atau memijat egonya. Dia telah terlibat dalam beberapa hal brilian (penunjukan Klopp, renovasi stadion) tetapi dia juga tidak muncul pada kesempatan lainnya.

FSG adalah pemodal utama Liverpool. Henry, Werner, dan Mike Gordon, adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan Liverpool sehari-hari dan bekerja sama dengan Klopp. Pada saat bersamaan, kondisi finansial Liverpool jeblok karena pandemi corona.

Itulah mengapa FSG menjual 10 persen saham di perusahaan mereka ke RedBird Capital seharga 543 juta pounds awal bulan ini, sebuah langkah yang dirancang untuk membantu mereka berkonsolidasi.

Spekulasi menunjukkan Gerry Cardinale, taipan AS di belakang RedBird, suatu hari akan memiliki peran utama untuk dimainkan di Anfield.

Apakah ini akan menjadi tanggung jawab Henry? Tidak ada yang tahu. Yang pasti, orang yang bersalah atas kekacauan ini adalah orang yang biasanya memberi perintah.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer