Sukses


Liga Inggris: Chelsea Jajal Adopsi Formasi 4-2-4, Ini 3 Alasan The Blues Bakal Kian Menakutkan

Bola.com, Jakarta - Chelsea mulai bereksperimen dengan formasi baru yang diterapkan sang manajer, Thomas Tuchel. Skema tersebut sudah dicoba ketika menang 6-1 atas Peterborough pada laga pramusim di Cobham Training Ground. 

Thomas Tuchel mencoba menurunkan formasi 4-2-4 atau yang bisa juga disebut 4-2-2-2. Formasi ini hanya diterapkan di babak kedua tapi sudah tampak sangat memuaskan.

Musim 2021/2022 akan jadi momen besar untuk Chelsea. Mereka berhasil menjuarai Liga Champions musim lalu dan kini akan semakin percaya diri memasuki musim baru.

Nah formasi 4-2-4 ala Tuchel ini mungkin akan membuat The Blues semakin kuat. Kenapa begitu?

Formasi 4-2-4 sebenarnya bukan hal baru bagi Tuchel. Dia sudah pernah menggunakan gaya main ini saat masih melatih PSG beberapa tahun lalu.

Saat itu PSG memiliki barisan penyerang luar biasa, Tuchel ini memaksimalkannya. Kini, Chelsea memiliki skuad yang sama baiknya, seharusnya Tuchel bisa mengulanginya.

Mungkin sekilas formasi ini tampak berisiko karena terlalu banyak penyerang diturunkan bersamaan. Namun, jika dilatih dengan benar, permainan Chelsea bisa meningkat drastis.

Setidaknya ada 3 hal yang bakal jadi keunggulan Chelsea dengan formasi 4-2-4 ini. Apa saja sih?

 

2 dari 5 halaman

Keunggulan 1: Main dengan full-backs, bukan wing-backs

Dengan formasi ini, pemain seperti Reece James dan Ben Chilwell yang sebelumnya bermain sebagai wing-backs akan mengubah sedikit perannya menjadi full-backs.

Artinya, mereka masih akan naik membantu serangan, tapi sekarang harus lebih waspada menghadapi serangan balik lawan. Keduanya mungkin harus bermain sedikit defensif.

 

3 dari 5 halaman

Keunggulan 2: Kekuatan di sayap

Formasi 4-2-4 bisa juga dilihat sebagai formasi 4-2-2-2. Nah formasi seperti ini justru bakal membuat lawan kerepotan, khususnya dalam menjaga serangan sayap Chelsea.

Winger Chelsea akan membuat bek sayap lawan sibuk. Artinya, bakal ada ruang untuk full-backs naik ke depan. Ini bisa membuka ruang di sisi sayap untuk serangan Chelsea.

 

4 dari 5 halaman

Keunggulan 3: Dua striker

Formasi ini juga bakal membuat Tuchel bisa menurunkan dua striker sekaligus. Artinya, kemungkinan untuk mencetak lebih banyak gol akan semakin besar.

Peran dua striker ini adalah untuk membuat sibuk bek tengah lawan. Nah dengan tambahan winger dan full-backs, Chelsea bisa menyerang dengan 6 pemain sekaligus daslam satu momen.

Nah itu dia formasi baru Chelsea yang sedang digodok oleh Thomas Tuchel. Jika berhasil berjalan dengan baik, bakal jadi sekuat apa nih The Blues?

Sumber: Football London

Disadur dari: Bola.net (Penulis Richard Andreas, published 20/7/2021) 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer