Sukses


Jesse Lingard Punya Statistik Luar Biasa di Liga Inggris Musim Ini, Melebihi Cristiano Ronaldo Loh!

Bola.com, Jakarta - Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, seperti naik roller coaster dalam tiga pertandingan terakhirnya bersama Manchester United. Namun, secara statistik pemain yang musim lalu sempat dipinjamkan ke West Ham United itu justru istimewa.

Dalam tiga pertandingan terakhir, Jesse Lingard sudah mencetak dua gol untuk Manchester United. Dua gol itu dicetak masing-masing saat menang 4-1 atas Newcastle United dan 2-1 atas West Ham United.

Namun, di sela-sela pertandingan itu, Jesse Lingard sempat membuat blunder buruk dengan memberikan 'assist' kepada pemain Young Boys yang membuat Manchester United kalah 1-2 dari klub Swiss itu di Liga Champions. Hal itu yang membuatnya seakan menjalani hari di atas kursi roller coaster.

Lingard sudah mencetak dua gol di Premier League musim ini. Dengan raihan tersebut, gelandang Inggris itu masuk dalam 20 pencetak gol terbanyak Premier League 2021/222 hingga sejauh ini.

Bukan hanya itu saja, secara statistik Jesse Lingard ternyata punya catatan yang sangat istimewa. Apa saja catatan-catatan impresif Jesse Lingard bersama Manchester Uited sejauh ini?

 

2 dari 5 halaman

Efisien

Sejauh ini Jesse Lingard baru mencetak dua gol. Namun, catatan tersebut ditorehkannya dalam menit bermain yang relatif sedikit.

Laman Understat mencatat bahwa Jesse Lingard baru tampil selama 38 menit. Catatan waktu itu didapatkannya dalam tiga pertandingan.

Berdasarkan rataan gol tiap menit bermain, Lingard merupakan yang terbaik di Premier League 2021/2022 sejauh ini. Ia memiliki rataan gol per menit sebesar 0,052.

Catatan itu bahkan lebih baik ketimbang Cristiano Ronaldo, yang berada di peringkat kedua pencetak gol dengan rataan gol dibandingkan menit bermain di Premier League 2021/2022 sejauh ini.

Cristiano Ronaldo mencatatkan rataan gol dibandingkan menit bermain sebesar 0,016. Pemain asal Portugal itu mencetak tiga gol dalam 180 menit.

 

3 dari 5 halaman

Penembak Jitu

Tidak hanya efisien memanfaatkan menit bermain, Jesse Lingard juga jitu dalam memanfaatkan peluang yang dimilikinya. Bahkan ia menjadi pemain yang paling jitu di Premier League 2021/2022 sejauh ini.

Bak seorang penembak jitu, Lingard memanfaatkan terbatasnya kesempatan yang ia miliki untuk mencetak gol. Dari 38 menit bermain, menurut laman WhoScored, Lingard hanya memiliki kesempatan melepas dua tembakan ke gawang lawan.

Namun, satu hal yang menjadi kehebatannya, ia mampu memanfaatkan dua tembakan tersebut menjadi dua gol.

 

4 dari 5 halaman

Kualitas Peluang

Mencetak dua gol dari dua peluang yang dimilikinya tak berarti Jesse Lingard hanya mengandalkan keberuntungan. Sesuai catatan Understat, nilai expected goals (xG) dari peluang yang dimiliki Lingard pun cukup apik.

Menurut laman statistik tersebut, nilai rata-rata xG dua peluang Lingard ini mencapai 0,21. Catatan ini menjadikannya berada di peringkat keempat dalam daftar pemain dengan rata-rata xG tertinggi dibandingkan jumlah tembakan di Premier League 2021/2022 sejauh ini.

Jika dibandingkan dengan menit bermain, Lingard memiliki rataan nilai xG sebesar 0,011. Catatan ini membuatnya berada di peringkat ketiga dalam daftar pemain dengan rata-rata xG tertinggi dibandingkan jumlah tembakan di Premier League 2021/2022 sejauh ini.

Sebagai seorang yang tidak menempati posisi ujung tombak, kualitas peluang Lingard ini tergolong sangat apik.

Sumber: Understat, Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Dendy Gandakusumah/Gia Yuda Pradana, published 22/9/2021)

 

5 dari 5 halaman

Posisi Manchester United Saat Ini

Video Populer

Foto Populer