Sukses


Liga Inggris: Darwin Nunez Butuh Adaptasi, Liverpool Harus Cari Alternatif Formasi Baru

Bola.com, Jakarta - Kehadiran Darwin Nunez ke Liverpool bak pisau bermata dua. Satu sisi, Jurgen Klopp mendapatkan striker berkualitas, tapi di sisi lain, ia harus menyiapkan strategi atau formasi alternatif.

Nunez bisa disebut sebagai pembelian terbaik Liverpool musim ini. Klopp memang membutuhkan striker baru, terlebih karena Sadio Mane dipastikan meninggalkan tim.

Pencarian Liverpool langsung fokus pada nama Nunez. Penyerang Benfica ini ternyata sudah lama masuk radar Liverpool, jadi mudah membuat keputusan.

Pekan lalu, Liverpool akhirnya mengumumkan transfer Nunez. Striker 22 tahun itu meneken kontrak berdurasi enam tahun di Anfield.

 

2 dari 5 halaman

Butuh Waktu

Nunez digadang-gadang sebagai salah satu striker top sepak bola modern. Dia masih muda, tajam sekaligus gesit bergerak di lapangan. Pemain seperti Nunez akan sangat menguntungkan Liverpool.

Transfer Nunez ini juga mencuri perhatian analis sepak bola Inggris Alan Hutton. Menurutnya, Nunez akan jadi pembeda begitu bisa beradaptasi.

"Bakal butuh waktu untuk menyesuaikan diri, tapi saya sangat yakin bahwa bocah ini [Nunez] akan mencetak banyak gol," ujar Hutton di Football Insider.

"Ketika Anda pindah ke negara yang berbeda, liga baru, Anda selalu butuh waktu untuk beradaptasi."

 

3 dari 5 halaman

Bisa Ubah Formasi

Menurut Hutton, kedatangan Nunez bakal membuat Liverpool jauh lebih kuat. Buka hanya soal ketajaman Nunez di depan gawang, melainkan juga soal karakternya di lapangan.

"Bagi saya, hal besar yang perlu diperhatikan adalah bahwa dia [Nunez] memiliki karakter yang berbeda dari pemain yang ada sekarang. Dia tidak sama dengan Jota, Diaz, Salah. Jadi dia akan membawa hal berbeda," sambung Hutton.

"Menurut saya, Jurgen Klopp punya ruang untuk mengubah formasi. Akankah dia bermain dengan 4-3-2-1 dan memainkan Nunez sebagai striker sentral?"

"Jadi, jelas ada opsi dalam hal ini dan itu bakal bagus bagi Liverpool ke depannya," tandasnya.

 

4 dari 5 halaman

Fakta Menarik Darwin Nunez

  • Pernah jadi pemungut botol alias pemulung bersama ibunya yg kesehariannya menjadi pedangan pinggir jalan, dan ayahnya bekerja sebagai pekerja bangunan
  • Gaji Nunez tidak mahal, cuma Rp1,7 miliar, atau yg tertinggi ke-15 di antara pemain Liverpool
  • Tidak bisa berbahasa Inggris
  • Hampir gabung Newcastle pada Januari 2022
  • Ada klausul 25juta euro, sehingga total Liverpool bakal keluar uang kurang lebih 100 juta euro.

Sumber: Bola, Football Insider, Liverpool

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 24/6/2022)

5 dari 5 halaman

Posisi Liverpool Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer