Sukses


5 Pemain dari Afrika yang Jadi Bintang di Langit Liga Inggris: Dari Didier Drogba hingga Mohamed Salah

Bola.com, Jakarta - Dalam beberapa musim terakhir, Sadio Mane dan Mohamed Salah mampu membawa Liverpool bersaing di papan atas Liga Inggris maupun Eropa dan menjadi ikon sepak bola Afrika di Premier League. Pemain asal Afrika memang kerap bersinar ketika berlaga di Liga Inggris.

Sejak pertama kali Premier League digelar pada 1992, Peter Ndlovu didaulat sebagai pemain asal Afrika pertama yang tampil di era baru kasta sepak bola tertinggi Liga Inggris itu. Kala itu, Peter DNdlovu bermain bersama Conventry City.

Setelah itu cukup banyak pemain asal Afrika yang mengadu nasib di Premier League. Sebut saja Nwankwo Kanu atau Michael Essien. Ada pula Emmmanuel Adebayor dan kini ada Mohamed Salah.

Dalam kesempatan kali ini, Bola.com memilih lima pesepak bola terbaik asal Afrika yang pernah tampil dan meraih kesuksesan di Liga Inggris pada era Premier League.

2 dari 6 halaman

Mohamed Salah (Mesir)

 

Pemain asal Mesir ini pertama kali tiba di Premier League adalah pada 2014 dan tidak mendapatkan momen yang bagus ketika berseragam Chelsea. Namun, setelah sempat hijrah ke Italia, Salah kembali ke Premier League dengan bergabung bersama Liverpool pada 2017.

Sejak saat itu, Mohamed Salah mendapatkan karier yang gemilang bersama The Reds. Trofi Liga Champions dan Premier League berhasil dipersembahkannya untuk para penggemar Liverpool.

Bicara soal pencapaian individu, Mohamed Salah dua kali meraih sepatu emas karena menjadi top scorer.

Ia juga pernah menjadi pemain terbaik, dan pawa awal musim 2021/2022 berhasil memecahkan rekor gol terbanyak pemain Afrika di Premier League yang sebelumnya dipegang oleh Didier Drogba.

 

3 dari 6 halaman

Sadio Mane (Senegal)

 

Seperti halnya Mohamed Salah, Sadio Mane juga datang ke Premier League pada 2014. Kala itu ia bergabung bersama Southampton setelah diboyong dari Red Bull Salzburg.

Setelah itu ia selalu bisa mencetak, setidaknya 10 gol, dalam setiap musimnya setelah datang ke Premier League. Namun, kariernya benar-benar melambung setelah pindah ke Liverpool.

Pada musim 2017/2018, Sadio Mane membantu Liverpool mencapai final Liga Champions, kemudian menjadi juara Liga Champions pada musim berikutnya, dan memenangkan trofi Premier League pada musim berikutnya lagi.

Sadio Mane juga baru saja membawa Timnas Senegal meraih gelar juara Piala Afrika 2021 pada Januari 2022. Dalam laga final, Sadio Mane mengalahkan Mesir yang juga diperkuat rekan setimnya di Liverpool, Mohamed Salah.

4 dari 6 halaman

Didier Drogba (Pantai Gading)

 

Pemain yang satu ini benar-benar menjadi legenda di Premier League. Ia membantu Chelsea menjadi juara Liga Champions 2011/2012 lewat gol yang dicetaknya pada laga final, termasuk mencetak gol penalti penentu yang membawa The Blues menang 4-3 atas Bayern Munchen.

Didier Drogba bergabung bersama Chelsea pada 2004. Kontribusi nyata lewat gol-gol yang dicetaknya membawa Chelsea tiga kali menjuarai Premier League, empat trofi Piala FA, dan dua trofi Piala Liga.

Didier Drogba tercatat menetak 104 gol ketika tampil di Premier League, sempat menjadikannya sebagai pemain Afrika dengan jumlah gol terbanyak di Premier League hingga akhirnya dipecahkan oleh Mohamed Salah.

 

 
5 dari 6 halaman

Michael Essien (Ghana)

 

Gelandang bertahan asal Ghana ini bergabung bersama chelsea dengan rekor transfer klub sebesar 24,4 juta pound pada 2005. Ia menjadi bagian penting dari kesuksesan yang diraih The Blues.

Michael Essien bermain bersama Chelsea selama delapan musim, membantu mereka untuk dua kali memenangi Premier League, satu kali Liga Champions, dan empat kali juara Piala FA.

 

6 dari 6 halaman

Yaya Toure (Pantai Gading)

 

Pemain yang pernah menjuarai Liga Champions bersama Barcelona ini bergabung bersama Manchester City pada 2010 dan dianggap sebagai satu di antara pemain terbaik yang pernah memperkuat The Citizens.

Yaya Toure mencetak gol penentu kemenangan pada final Piala FA 2011, yang membantu Man City mengakhiri penantian selama 35 tahun untuk sebuah gelar juara. Dua tahun kemudian, ia memenangkan trofi pertama dari tiga gelar juara Premier League yang didapatkan Man City.

Video Populer

Foto Populer