Sukses


5 Nama yang Tak Seharusnya Lepas dari Kandang Sir Alex Ferguson: Jeblok atau Malah Nyungsep ?

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) menjadi satu di antara klub besar berkat Sir Alex Ferguson, yang membentuk era baru di Old Trafford. Kakek asal Skotklandia yang kini berusia 80 tahun itu menukangi Setan Merah dari 1986 hingga 2013.

Di bawah telunjuknya, MU memenangkan banyak gelar. Namun, Sir Alex Ferguson bukan tanpa kesalahan. Keputusannya melepas sejumlah pemain, termasuk pemain bintang, dinilai merupakan keputusan yang tidak tepat.

Dia pernah salah menilai kemampuan pemain dan seharusnya tak melepas pemain-pemain yang justru masih sangat dibutuhkan kontribusinya. Mau tahu siapa saja pemain bintang yang pernah dilego Ferguson yang membuat fans marah?

 

Video Menarik MU

2 dari 12 halaman

1. Jaap Stam

Jaap Stam menjadi satu di antara bek paling sukses di era Premier League. Dia adalah bagian integral dari MU yang memenangkan treble di musim 1998/1999. Dia juga memenangkan Premier League tiga musim beruntun yakni 1998/1999, 1999/2000, dan 2000/2001.

Dia cepat, kuat secara fisik, dan sangat baik dalam duel bola-bola atas. Dia sosok yang menakutkan di lini belakang United.

Bek tengah itu ditakdirkan menjadi yang terbaik di Old Trafford, tetapi kariernya di MU berakhir prematur. Dia terpaksa meninggalkan klub karena salah paham dengan Alex Ferguson.

 

3 dari 12 halaman

Bintang kala Pensiun

Stam pindah ke Lazio dalam kesepakatan 16,5 juta pounds pada 2001. Dia mencapai hal-hal besar di Italia dan merupakan pemain utama saat AC Milan bersua Liverpool di final Liga Champions UEFA 2005 di Istanbul, Turki. Milan kalah 2-3 dalam drama adu tendangan penalti.

Dia lalu pindah ke Ajax sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2007 dengan membawa status satu di antara bek tengah terbaik di dunia. Ferguson mengakui membiarkan Stam meninggalkan MU adalah keputusan terburuk yang pernah dia buat.

 

4 dari 12 halaman

2. Gerard Pique

Gerard Pique adalah satu di antara bek muda paling menarik di Premier League ketika dia melakukan debutnya bersama MU pada tahun 2004. Dua tahun kemudian, dia baru bisa tampil penuh sepanjang pertandingan.

Hanya saja, Pique tidak pernah mampu menembus tim utama secara konsisten. Akhirnya, dia pindah dari MU ke klub masa kecilnya, Barcelona, pada tahun 2008.

 

5 dari 12 halaman

Pilihan Tepat

Bersama Barcelona, Pique jadi pemain penting selama bertahun-tahun. Di timnas, si ganteng itu memenangkan Piala Dunia bersama Spanyol pada 2010 dan Euro 2012.

Keluarnya Pique dari Old Trafford adalah pilihannya dan bukan kesalahan siapa pun. Tapi, tetap saja, banyak penggemar MU menyesal mereka melepaskannya tanpa perlawanan.

 

6 dari 12 halaman

3. David Beckham

David Beckham bergabung dengan MU saat berusia 16 tahun dengan banyak potensi dan menjadi satu di antara gelandang terbaik di Eropa. Dia melakukan debutnya di MU pada usia 17 tahun.

Dia bersama MU selama 12 tahun sebelum pindah ke Real Madrid pada tahun 2003. Beckham memiliki pencapaian yang sangat sukses kala di MU.

 

7 dari 12 halaman

Ragam Catatan

Dia memenangkan enam gelar Premier League dam satu gelar Liga Champions. Becks membuat 394 penampilan untuk MU dan mencetak 85 gol.

Selama hari-harinya di Old Trafford, ia terkenal sebagai satu di antara spesialis bola mati terbaik di Eropa. Dia memiliki kaki kanan yang fantastis. Tendangan bebasnya sangat menyenangkan untuk ditonton.

 

8 dari 12 halaman

Kontra CR7

Beckham sempat mengalami keretakan hubungannya dengan Ferguson sebelum akhirnya pindah ke Real Madrid. Dia memiliki empat tahun yang sukses dengan Real Madrid dengan gelar La Liga pada tahun 2007. Lalu pindah ke LA Galaxy selama musim panas 2007.

Sepanjang kariernya, Beckham dikenal sebagai pemain beken dan kharismatik di dunia sepak bola. MU berjuang keras mendapat penggantinya sampai mereka menemukan permata dalam diri Cristiano Ronaldo.

 

9 dari 12 halaman

4. Paul Pogba

Paul Pogba adalah kesalahan fatal yang dilakukan Ferguson. Manchester United menjualnya seharga 800.000 pounds sebagai kompensasi kepada Juventus ketika gelandang itu meninggalkan Old Trafford pada 2012.

Pogba bergabung dengan MU pada 2009 dan melakukan debutnya di Premier League pada 2012. Dia bermain tiga kali untuk klub dan pindah ke Juventus pada musim panas 2012 setelah menolak menandatangani perpanjangan kontrak dengan Setan Merah.

Agen Pogba, Mino Raiola, memainkan peran penting dalam kisah transfernya dan itu membuat Ferguson marah. Dalam bukunya, Ferguson mengatakan, "Ada satu atau dua agen sepak bola yang saya tidak suka dan Mino Raiola, agen Paul Pogba, adalah salah satunya".

 

10 dari 12 halaman

5. Cristiano Ronaldo

Jika ada transfer yang tidak akan lenyap begitu saja oleh penggemar Manchester United, itu adalah soal Ronaldo.

Ronaldo meninggalkan MU ke Real Madrid pada musim panas 2009 setelah menghabiskan enam tahun yang sukses di Old Trafford. Ini adalah satu di antara momen paling disesalkan bagi semua orang di MU.

 

11 dari 12 halaman

Semakin Oke

Setan Merah membayar 12 juta pounds untuk Cristiano Ronaldo pada 2003 ketika dia baru berusia 18 tahun. Dia matang di bawah asuhan Ferguson serta kemudian memenangkan tiga gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions.

Dia memantapkan dirinya sebagai satu di antara pemain sayap terbaik di dunia sepak bola dan pada usia 24 tahun. Ia memiliki dunia di kakinya saat mengklaim penghargaan Ballon d'Or pertamanya.

 

12 dari 12 halaman

Mimpi Besar

Dia memiliki mimpi yang jauh lebih besar, dan Ferguson tidak bisa menghalanginya, saat dia bergabung dengan Real Madrid dalam kesepakatan memecahkan rekor senilai £80 juta. Dia mencapai lebih banyak di Santiago Bernabeu dengan memenangkan empat gelar Liga Champions.

Sejak saat itu, CR7 bermain bareng Juventus dan sekarang kembali ke MU setelah transfernya musim panas lalu. Pemain berusia 37 tahun ini juga merupakan pencetak gol terbanyak dalam sepak bola internasional dengan torehan 115 gol.

Video Populer

Foto Populer