Sukses


Liga Inggris: 10 Pemain Paling Sering Kena Bully di Twitter, Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire Tertinggi

Bola.com, Jakarta - Dua pemain Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire, menjadi pesepak bola paling sering mendapat pelecehan atau bully di Twitter, tertinggi dari pesepak bola Liga Inggris lainnya.

Analisis Ofcom dari 2,3 juta tweet pada paruh pertama musim lalu menemukan hampir 60.000 posting kasar. Hasilnya, terangkum 12 pesepak bola, delapan di antaranya pemain MU.

Kendati demikian, studi oleh Alan Turing Institute juga menemukan sebagian besar penggemar menggunakan media sosial secara bertanggung jawab.

"Temuan ini menjelaskan sisi gelap dari permainan yang indah," kata Kevin Bakhurst, direktur grup Ofcom untuk konten online dan penyiaran.

"Pelecehan online tidak memiliki tempat dalam olahraga, atau dalam masyarakat yang lebih luas, dan mengatasinya membutuhkan upaya tim."

2 dari 5 halaman

Ronaldo dan Maguire Terbanyak

Pada hari di mana Cristiano Ronaldo bergabung kembali dengan MU pada 27 Agustus 2021, ada tiga kali lebih banyak tweet daripada hari lainnya (188.769), di mana 3.961 di antaranya kasar.

Volume posting sebagian besar dapat dipertanggungjawabkan karena 98,4 juta pengikut Ronaldo. Pada hari ini, penyerang Portugal disebutkan dalam 90% dari semua tweet yang ditujukan untuk pemain sepak bola Liga Inggris, dan 97% di antaranya bernada kasar.

Puncak kedua terjadi pada 7 November ketika bek Harry Maguire mentweet permintaan maaf menyusul kekalahan kandang 0-2 MU dari Manchester City.

Pada kesempatan itu, 2.903 tweet kasar dikirim, 10,6% dari total hari itu, dengan banyak pengguna bereaksi terhadap unggahan Maguire dengan bahasa yang menghina atau merendahkan.

3 dari 5 halaman

Pemain Lainnya

Bek Newcastle Ciaran Clark, yang sekarang dipinjamkan ke Sheffield United, diusir keluar lapangan saat melawan Norwich pada November, dengan 78% kicauan kasar yang dia terima datang hari ini.

Sementara itu, James McArthur dari Crystal Palace juga menjadi sasaran pelecehan setelah dikartu kuning karena menginjak Bukayo Saka melawan Arsenal pada Oktober.

Peneliti juga sedang melihat apakah insiden bek West Ham Kurt Zouma menendang kucing peliharaannya bakal memperlihatkan lonjakan tweet pelecehan.

4 dari 5 halaman

Statistik

Secara ringkas, Ofcom dan Alan Turing Institute dapat merangkum statistik tweet kasar yang terjadi sepanjang musim kemarin.

Dapat dilaporkan bahwa 68 persen pesepak bola Liga Inggris setidaknya satu kali menerima pelecehan di twitter. Tujuh persen bahkan menerimanya setiap hari.

 

5 dari 5 halaman

Daftar 10 Pemain yang Paling Sering Kena Bully

  1. Cristiano Ronaldo - 12.520 tweet kasar
  2. Harry Maguire - 8.954 tweet kasar
  3. Marcus Rashford - 2.557 tweet kasar
  4. Bruno Fernandes - 2.464 tweet kasar
  5. Harry Kane - 2.127 tweet kasar
  6. Fred - 1.924 tweet kasar
  7. Jesse Lingard - 1.605 tweet kasar
  8. Jack Grealish - 1.538 tweet kasar
  9. Paul Pogba - 1.446 tweet kasar
  10. David de Gea - 1.394 tweet kasar

ket: data dari Agustus 2021 - Januari 2022

 

Sumber: BBC Sport

Video Populer

Foto Populer