Sukses


5 Bek Kiri Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea: Ada yang Tembus Rp988 Miliar

Bola.com, Jakarta - Chelsea memiliki sejarah panjang sebagai klub yang doyan membeli pemain secara mahal. Tradisi itu sudah berlangsung sejak era kedatangan Roman Abramovich pada 2003.

Sejak saat itu, Roman Abramovich selalu memenuhi keinginan manajer Chelsea untuk mendatangkan pemain berkualitas. Harga tinggi bukan jadi penghalang karena apapun dilakukan untuk bisa memberikan gelar.

Tradisi itu ternyata masih dipertahankan meski Chelsea saat ini sudah diambil alih oleh Todd Boehly. Dana belanja besar tetap disediakan untuk bisa merekrut pemain-pemain yang dibutuhkan tim.

Lantas, siapa saja bek kiri termahal yang pernah dibeli Chelsea sepanjang sejarah? Berikut ini lima di antaranya menurut laporan dari Transfermarkt.

2 dari 7 halaman

5. Yuri Zhirkov

Yuri Zhirkov didatangkan Chelsea dari CSKA Moskow pada musim panas 2009 dengan biaya transfer 21 juta euro (Rp317 miliar). Zhirkov tercatat hanya membela The Blues selama dua musim hingga 2011.

Zhirkov mencatatkan 41 pertandingan di semua ajang bersama Chelsea. Dia berhasil mencetak satu gol dan membuat 11 assist dari penampilannya tersebut.

Selama berkarier di Stamford Bridge, Zhirkov ikut memenangkan Premier League dan Piala FA. Setelah bermain di Inggris, Zhirkov kemudian kembali ke Rusia dengan memperkuat Anzhi Makhachkala.

3 dari 7 halaman

4. Marcos Alonso

Marcos Alonso saat ini menjadi salah satu pemain terlama di skuat Chelsea. Dia bergabung dengan The Blues dari Fiorentina pada 2016 dengan biaya transfer 23 juta euro (Rp348 miliar).

Alonso termasuk punya karier yang cukup sukses selama berada di Stamford Bridge. Dia telah membantu tim London Utara itu memenangkan Premier League, Liga Europa dan Liga Champions.

Kontrak Alonso dengan Chelsea akan habis pada tahun depan. Pemain belakang asal Spanyol tersebut sudah memainkan 211 penampilan untuk The Blues dengan mencetak 29 gol dan 23 assist.

4 dari 7 halaman

3. Baba Rahman

Baba Rahman bergabung dengan Chelsea pada tahun 2015. Pemain asal Ghana tersebut direkrut dari Ausgburg dengan biaya transfer sebesar 26 juta euro (Rp393 miliar).

Sayang, Baba Rahman tidak pernah mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya di Stamford Bridge. Bek kiri berusia 28 tahun itu lebih sering menghabiskan waktunya di klub lain dengan status pinjaman.

Pada musim lalu, Baba Rahman menjalani masa peminjaman di klub Championship Reading. Sejauh ini ia baru mencatatkan 23 penampilan di semua kompetisi bersama Chelsea.

5 dari 7 halaman

2. Ben Chilwell

Ben Chilwell merupakan salah satu rekrutan Chelsea pada musim panas 2020 lalu. Ia ditebus dengan biaya yang mencapai 50,2 juta euro (Rp759 miliar) dari Leicester City.

Kedatangan Chilwell diharapkan bisa menyelesaikan masalah di posisi bek kiri Chelsea. Sayangnya, pemain asal Inggris tersebut mendapat cedera ACL pada November 2021.

Sampai sejauh ini Chilwell sudah bermain dalam 55 laga di semua kompetisi bersama Chelsea. Ia sukses mencatatkan tujuh gol dan 12 assist dari penampilannya tersebut.

6 dari 7 halaman

1. Marc Cucurella

Marc Cucurella menunjukkan performa yang sangat mengesankan bersama Brighton. Chelsea kemudian membawanya ke Stamford Bridge pada musim panas 2022 ini.

Bek kiri asal Spanyol tersebut ditebus Chelsea dengan biaya yang mencapai 65,3 juta euro (Rp988 miliar). Cucurella datang ke Stamford Bridge pada usia 24 tahun.

Cucurella punya kecepatan yang luar biasa dan performanya cukup konsisten. Kini ia pun memikul beban sebagai bek kiri termahal dalam sejarah Chelsea.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 8/8/2022)

7 dari 7 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer