Sukses


Kasihan Sama Steven Gerrard, Lampard: Klub-Klub Liga Inggris Harus Mencontoh Arsenal

Bola.com, Jakarta - Frank Lampard menaruh perhatian lebih kepada Steven Gerrard yang dipecat Aston Villa. Menurutnya, manajer harus diberikan waktu lebih lama, persis seperti apa yang dilakukan Arsenal kepada Mikel Arteta.

Nasib mujur Steven Gerrard kala membawa Rangers juara Liga Skotlandia tak terbawa sampai ke Liga Inggris. Bersama Aston Villa, Gerrard hanya bertahan selama 40 pertandingan resmi.

Gerrard meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Villa pada Jumat (21/10/2022) WIB lalu. Ia dipecat saat The Villans tumbang 0-3 dari Fulham.

Kekalahan itu tidak jadi satu-satunya alasan pemecatan Gerrard. Posisi Villa yang sekarang terseok di peringkat ke-17 jadi alasan terbesar. Padahal, Villa sudah belanja banyak untuk membeli pemain baru.

Apapun alasan di balik pemecatan tersebut, manajer Everton Frank Lampard iba dengan Gerrard. Menurutnya, setiap manajer perlu waktu untuk bisa meraih hasil positif bersama klub yang dibelanya.

2 dari 5 halaman

Berikan Empati

Lampard, yang kini juga terus diprediksi akan menghadapi pemecatan di Everton, secara menakjubkan bertahan lebih lama daripada Gerrard. Ia pun memberikan empatinya terhadap apa yang dialami Gerrard.

“Tidak menyenangkan bagi seseorang untuk kehilangan pekerjaannya. Saya tahu karena saya belajar dari pengalaman saya, bahwa hal itu sulit diterima dalam banyak hal,” ungkapnya dilansir dari 90min.

Everton kini berada di peringkat ke-11 klasemen sementara. Posisinya lebih bagus daripada Villa yang dekat dengan zona degradasi.

3 dari 5 halaman

Seolah Tak Ada Waktu

Lampard dan Gerrard aktif sebagai pemain di masa yang sama. Keduanya jadi gelandang fenomenal milik timnas Inggris kala itu. Lampard membela Chelsea, sedangkan Gerrard membela Liverpool.

Namun, apa yang terjadi di masa lampau dianggap Lampard telah berubah. Sepak bola modern kini seolah tidak punya waktu.

“Sebagai pelatih di zaman modern, kami perlu waktu untuk bekerja, perlu lingkungan yang memadai untuk bekerja, dan kami harus punya kesempatan untuk mencoba, lalu mendapatkan hasil. Tetapi hal itu [waktu] tidak tersedia di zaman modern ini,” ucapnya.

4 dari 5 halaman

Bisa Saja Berhasil

Lampard kemudian membandingkannya dengan kesuksesan Mikel Arteta menangani Arsenal sekarang. Berkat kepercayaan dari petinggi klub dan waktu yang diberikan, Arteta kini memimpin Arsenal berada di puncak klasemen Liga Inggris 2022/2023.

“Kita semua punya contoh yang hebat di Liga Inggris. Pelatih yang kini berada di puncak klasemen sementara, contohlah Mikel Arteta dari Arsenal, yang sekarang dipuji sebagai pelatih yang luar biasa,” kata Lampard.

“Sekarang ingat saja, sudah berapa kali orang mempertanyakan apakah dia harus terus berada di pekerjaannya? Tapi kemudian sekarang orang sudah mulai menghargai pekerjaannya dari waktu ke waktu,” pungkasnya.

Sumber: 90min

Disadur dari: Bola.net (Rafi Abdi Kamal, published 24/10/2022)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2022/2023

Video Populer

Foto Populer