Sukses


Catatan Impresif Newcastle United di Liga Inggris Berlanjut, Kandidat Serius Finis 4 Besar

Bola.com, Jakarta - Laju positif Newcastle United masih belum terbendung oleh lawan-lawannya dalam lanjutan Liga Inggris 2022/2023. Pekan ke-16 kembali berhasil diselesaikan dengan kemenangan oleh tim berjulukan The Magpies.

Ya, Newcastle United berhasil mengatasi perlawanan Chelsea dengan skor tipis 1-0 di Stadion St. James Park, Minggu (13/11/2022) dini hari WIB. Joe Willock menjadi pahlawanan kemenangan Newcastle setelah mencetak gol di menit ke-67.

Hasil tersebut membuat Newcastle terus berada di papan atas klasemen. Kini, Bruno Guimaraes dan kawan-kawan berada di posisi ke-3 klasemen dengan 30 poin. Menariknya, pasukan Eddi Howe mencatatkan kemenangan kelima secara beruntun.

Hasil impresif yang ditorehkan Newcastle United hingga saat ini, membuat mereka layak disebut sebagai kekuatan baru di Liga Inggris. Bukan tidak mungkin, Newcastle bisa terus mempertahankan posisinya di papan atas hingga akhir musim nanti.

2 dari 7 halaman

Punya Pertahanan Kukuh

Salah satu kekuatan utama Newcastle musim 2022/2023 adalah lini belakang. The Magpies menjadi tim dengan kebobolan paling sedikit. Dari 15 laga yang sudah dimainkan, baru 11 gol bersarang di gawang Nick Pope.

Selain faktor ketangguhan Pope, satu dari tiga kiper Inggris di Piala Dunia 2022, ada juga peran kuartet Kieran Trippier, Fabian Schar, Sven Botman, dan Dan Burn yang sangat bagus di lini belakang.

Newcastle tujuh kali nirbobol di Premier League. Newcastle hanya dua kali kebobolan dua gol atau lebih sejauh ini yakni ketika berjumpa Man City (3-3) dan Liverpool (2-1).

3 dari 7 halaman

Baru Sekali Kalah

Newcastle menjadi salah satu tim yang paling sulit dikalahkan di Premier League. Hingga pekan ke-16, The Magpies baru sekali kalah. Untuk aspek ini, mereka unggul dari Man City (2 kali) hingga Liverpool (4 kali).

Dari 15 laga yang dimainkan Newcastle, satu-satunya kekalahan terjadi pada pekan ke-5. Ketika itu, tim racikan Eddie Howe kalah dengan skor 2-1 dari Liverpool di Anfield.

Setelah kalah dari Liverpool, Newcastle melaju kencang. 10 laga beruntun dilalui tanpa kekalahan. Newcastle bahkan tercatat selalu menang pada lima laga Premier League terakhirnya.

4 dari 7 halaman

Pemain Kunci

Di balik performa apik Newcastle, ada Miguel Almiron yang punya kontribusi besar. Almiron baru saja terpilih sebagai Player of the Month edisi Oktober 2022.

Almiron sejatinya sudah bermain dengan Newcastle sejak Januari 2019. Dia menjadi pemain yang penting bagi Newcastle dan selalu memainkan minimal 30 laga per musim. Namun, baru musim ini performanya mendapat sorotan.

Almiron menjadi pemain yang tak pernah absen dari 15 laga Newcastle di Premier League. Pemain asal Paraguay itu telah mencetak delapan gol, top skor klub. Almiron juga membuat satu assist untuk The Magpies.

5 dari 7 halaman

Terpaut Dua Angka di Bawah Man City

Newcastle tidak berjalan jor-joran pada awal musim 2022/2023, walau mereka punya banyak uang. Alexander Isak, pembelian paling mahal mereka, justru cedera dan tak banyak berkontribusi.

Namun, performa Newcastle justru sangat bagus. Mereka mampu memberi kejutan dengan bersaing di papan atas klasemen Premier League.

Pada pekan ke-16 ini, Newcastle telah meraih 30 poin dari 15 laga yang dimainkan. Newcastle hanya terpaut dua poin dari juara bertahan Man City yang berada di posisi ke-2. Hanya saja, City masih punya satu laga tunda.

6 dari 7 halaman

Batu Sandungan Tim Besar

Mungkin, banyak yang beropini bahwa performa apik Newcastle hanya kebetulan. Apalagi, Newcastle hanya fokus pada laga domestik sehingga tak punya jadwal sepakat tim-tim papan atas lainnya.

Namun, jika melihat laga yang sudah dimainkan The Magpies, anggapan kebetulan itu mungkin bisa dipatahkan. Sebab, penampilan konsisten Newcastle sudah teruji bahkan ketika berjumpa tim-tim top lainnya.

Kecuali saat kalah dari Liverpool, Newcastle mampu tampil solid ketika bersua tim papan atas. Pasukan Eddie Howe mampu mengimbangi Man City dengan skor 3-3. Lalu, imbang 0-0 lawan Manchester United. Newcastle kemudian menang lawan Tottenham dan Chelsea.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 13/11/2022)

7 dari 7 halaman

Yuk Tengok Peringkat Newcastle United dan Tim Jagoanmu di Liga Inggris Saat Ini

Video Populer

Foto Populer