Sukses


Liga Inggris: Pujian Manajer MU, Luke Shaw Tampil Baik sebagai Bek Sayap Maupun Tengah

Bola.com, Jakarta - Erik ten Hag kembali buka suara soal keputusan memainkan Luke Shaw sebagai bek tengah Manchester United (MU). Perubahan posisi ini terbukti bisa jadi solusi untuk tim, jadi mungkin saja dimainkan lagi.

Ten Hag sedikit mengutak-atik lini belakang MU dalam beberapa pertandingan terakhir. Dia harus mencari solusi untuk mengatasi absennya Lisandro Martinez yang mendapatkan jatah libur ekstra setelah jadi juara Piala Dunia 2022.

Menariknya, di laga kontra Wolves dan Nottingham Forest baru-baru ini, Ten Hag justru memasangkan Luke Shaw dengan Raphael Varane di jantung pertahanan MU. Padahal masih ada Harry Maguire yang dalam kondisi fit dan siap bermain.

Keputusan ini terbukti tepat. Shaw bisa bermain sangat baik di pos bek tengah dan terbukti bisa mengimbangi permainan Varane dan rekan-rekan di lini belakang yang lain.

2 dari 4 halaman

Opsi bagus untuk MU

Dengan Luke Shaw digeser sebagai bek tengah kiri, pos bek kiri MU lantas diisi oleh Tyrell Malacia yang punya kecepatan lebih untuk membangu membangun serangan. Strategi ini ternyata sangat cocok untuk MU.

"Kami ingin menyerang dari sisi kiri dengan memanfaatkan kemampuan ofensif Tyrell Malacia dan dengan bek tengah kaki kiri (Shaw), Anda bisa mendapatkan sudut yang lebih baik di lapangan," ujar Ten Hag."

"Dia [Shaw] tampil impresif di posisi tersebut, tapi dia juga main bagus sebagai bek sayap kiri. Ini adalah pilihan ekstra yang akan sellau bagus bagi tim."

3 dari 4 halaman

Tergantung Kondisi

Melihat permainan apik Shaw di pos bek tengah beberapa laga terakhir, muncul dugaan bahwa Ten Hag bisa saja menurunkan Shaw secara permanen di posisi tersebut. Namun, kini Ten Hag menegaskan bahwa keputusannya tergantung pada kondisi tim.

"Anda mungkin sudah menyiapkan rencana, tapi terkadang rencana itu harus berubah karena situasi dan kondisi, seperti pemain yang sakit dan semacamnya," sambung Ten Hag.

"Casemiro pernah bermain sebagai bek tengah, sama seperti Shaw bermain di posisi itu saat lawan Forest. Lalu, saya suka cara kami mengambil pendekatan untuk menghadapi Wolves. Ini jadi salah satu pertandingan terbaik kami," tutupnya.

Sumber: Manchester United

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, Published 03/01/2022)

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer