Sukses


3 Mantan Pemain Liverpool yang Bisa Gantikan Jurgen Klopp: Masih Hijau Semua!

Bola.com, Jakarta - Liverpool seperti mengalami penurunan performa pada musim ini. Setelah sukses dalam beberapa musim terakhir, tim asuhan Jurgen Klopp mulai terlihat antiklimaks dan membuat sang pelatih mulai dirumorkan bakal hengkang.

Bahkan sejumlah kandidat pengganti pun mulai mengemuka. Satu di antaranya adalah legenda Liverpool, Steven Gerrard.

Jurgen Klopp sudah menjadi manajer The Reds sejak 2015, di mana saat itu ia menggantikan Brendan Rodgers. Sejak ditunjuk untuk menangani Liverpool, Jurgen Klopp membawa tim Merseyside itu meraih enam trofi besar, termasuk Premier League dan Liga Champions.

Liverpool juga hampir saja meraih quadruple musim lalu, walau pada akhirnya hanya dua trofi domestik yang diraihnya, yaitu Piala FA dan Carabao Cup. Liverpool kalah saing dari Man City di Premier League dan kalah dari Real Madrid di Liga Champions.

Musim ini menjadi sangat berat bagi Liverpool yang tersingkir dari persaingan memperebutkan gelar juara Premier League. The Reds berada di posisi kesembilan dengan 29 poin, 21 poin di belakang Arsenal yang ada di puncak klasemen.

Liverpool masih ada di Liga Champions, tapi harus menghadapi Real Madrid pada babak 16 besar. Klopp, yang berusia 55 tahun, tidak mengindikasikan bakal pensiun cepat. Namun, sejumlah nama pun sudah muncul sebagai penggantinya di Anfield.

2 dari 5 halaman

Steven Gerrard

 

Nama Steven Gerrard menjadi yang paling santer terdengar bakal menjadi pengganti Jurgen Klopp. Padahal bicara soal karier manajerial, mantan gelandang Liverpool ini juga belum apa-apa, termasuk di Aston Villa saat ini.

Namun, menjadi manajer di Liverpool memang satu di antara mimpi Gerrard setelah gantung sepatu sebagai pesepak bola.

Bahkan, seperti dilansir dari Liverpool Echo, Gerrard sudah punya dua calon dari mantan rekan setimnya yang diinginkannya untuk menjadi asisten jika dia ditunjuk menjadi manajer The Reds pada suatu saat nanti.

Dua mantan rekannya itu juga merupakan kandidat untuk pengganti Jurgen Klopp.

 

3 dari 5 halaman

Xabi Alonso

 

Mantan gelandang Liverpool ini menjadi satu dari dua pemain yang dibayangkan oleh Steven Gerrad bakal menjadi asistennya jika menangani Liverpool suatu saat nanti.

Mantan pesepak bola asal Spanyol ini memang saat ini berada di Bayer Leverkusen sebagai pelatih kepala, setelah juga sempat menangani tim Real Sociedad di Spanyol.

Pengalaman Xabi menangani Bayer Leverkusen dirasa tak hanya membuatnya layak menjadi asisten Steven Gerrard di Anfield, tapi juga bahkan layak untuk memimpin Liverpool seperti yang kini dilalukan oleh Jurgen Klopp.

 

4 dari 5 halaman

Jamie Carragher

 

Sementara itu, mantan pesepak bola Liverpool yang satu ini adalah seorang pundit yang sukses setelah gantung sepatu. Apakah seorang pundit bisa menjadi pelatih yang sukses di kemudian hari?

Liverpool pernah memiliki sosok seperti itu dalam diri Phil Thomson, yang pernah menjalani dua profesi berbeda, yaitu sebagai pelatih Liverpool dan pundit sepak bola.

Jadi dengan contoh seperti itu, bukan tidak mungkin Jamie Carragher bisa ditunjuk menjadi pelatih Liverpool suatu saat nanti.

Sumber: Sportbible

5 dari 5 halaman

Posisi Liverpool di Premier League saat Ini

Video Populer

Foto Populer