Sukses


10 Pemain yang Memenangkan Trofi setelah Meninggalkan MU pada 2017

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) berpeluang besar meraih trofi pertama di bawah asuhan Erik Ten Hag musim ini. Klub berjuluk Setan Merah itu berhasil menembus final Carabao Cup.

MU kesulitan menambah koleksi trofinya sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada 2013. Padahal, Setan Merah sudah mendatangkan banyak pemain top.

Setan Merah belum pernah mengangkat trofi apa pun sejak kedatangan Jose Mourinho. Juru taktik asal Portugal itu memimpin Manchester United meraih juara Piala Liga dan Liga Europa pada 2017.

Justru sejak saat itulah, ada banyak pemain yang hengkang dan berhasil memenangkan trofi di tim lain. Siapa saja mereka?

Berikut ini 10 pemain yang memenangkan trofi setelah meninggalkan MU pada 2017.

2 dari 11 halaman

1. Ander Herrera

Setelah kontraknya berakhir pada musim panas 2019, Ander Herrera meninggalkan Manchester United. Dia kemudian bergabung dengan PSG.

Di PSG, Herrera kembali bermain dengan Angel Di Maria. Keberadaan gelandang asal Spanyol tersebut menambahkan kekuatan lini tengah PSG.

Selama berseragam PSG, Herrera memenangkan tujuh gelar termasuk dua titel Ligue 1. Setelah tiga musim di Prancis, Herrera akhirnya kembali ke Spanyol bersama Athletic Bilbao.

3 dari 11 halaman

2. Matteo Darmian

Matteo Darmian memainkan peran penting dalam musim debutnya di Manchester United. Dia membuat 39 penampilan pada 2015/2016, tetapi terpinggirkan ketika Jose Mourinho menggantikan Louis van Gaal.

Darmian kembali ke Italia dengan bergabung Parma pada musim panas 2019. Dia kemudian meraih scudetto setelah bergabung dengan Inter Milan asuhan Antonio Conte.

Tak hanya itu saja, Darmian juga memenangkan dua Piala Super Italia dan Coppa Italia. Pemain internasional Italia tersebut baru saja memperpanjang kontraknya bersama Inter.

4 dari 11 halaman

3. Ashley Young

Ashley Young berhasil membuat lebih dari 250 penampilan selama delapan setengah tahun di Manchester United. Dia kemudian hijrah ke Inter Milan pada Januari 2020.

Di bawah asuhan Antonio Conte, Young memainkan 59 pertandingan di semua kompetisi. Dia juga berhasil membantu Nerazzurri meraih gelar Serie A.

Saat ini Young sudah kembali ke Inggris. Dia bermain untuk Aston Villa setelah mengakhiri kariernya di Inter.

5 dari 11 halaman

4. Alexis Sanchez

Manchester United berhasil memenangkan perburuan Alexis Sanchez pada Januari 2018. Namun, pemain asal Chile tersebut mengalami waktu yang tidak menyenangkan di Old Trafford.

Eks pemain Udinese dan Barcelona itu kemudian ditampung Inter Milan. Sanchez kemudian mencetak lima gol dan lima assist dalam saat mereka meraih gelar Serie A 2020/2021.

Sanchez sering berada di bangku cadangan. Namun, dia masih bisa menambah gelar Coppa Italia dan Supercoppa Italiana sebelum hengkang ke Marseille pada musim panas 2022.

6 dari 11 halaman

5. Javier Hernandez

Javier Hernandez meninggalkan Manchester United pada 2017. Dia kemudian membela Bayer Leverkusen, West Ham dan Sevilla sebelum bergabung bermain untuk LA Galaxy.

Javier Hernandez hanya membuat 15 penampilan selama setengah musim di Sevilla pada 2019/2020. Dia pergi ke Los Angeles pada saat babak sistem gugur Liga Europa bergulir.

Meski begitu, Javier Hernandez tetap meraih medali setelah Sevilla menjuarai Liga Europa. Dia mencetak dua gol dalam empat pertandingan selama babak penyisihan grup.

7 dari 11 halaman

6. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku mendapat banyak kritik pada saat bermain untuk Manchester United. Alhasil pelatih Ole Gunnar Solskjaer mengizinkannya pergi pada musim panas 2019.

Pemain Internasional Belgia itu bergabung dengan Inter dan hasilnya sungguh fantastis. Romelu Lukaku kemudian mencetak 21 gol dan mencatatkan 10 assist saat Inter menjuarai Serie A.

Lukaku kembali menambah trofi saat kembali ke Chelsea dengan menjuarai Piala Dunia Antarklub. Dia juga berhasil meraih Supercoppa Italiana bersama Inter pada bulan lalu.

8 dari 11 halaman

7. Adnan Januzaj

Adnan Januzaj gagal berkembang sebagai pemain Manchester United. Pemain Belgia itu pun pindah ke Real Sociedad dan jauh lebih bersinar.

Dia membuat lebih dari 100 penampilan untuk Real Sociedad sejak meninggalkan Old Trafford pada musim 2017 dan merupakan bagian dari skuad yang memenangkan Copa Del Rey pertama klub dalam 34 tahun terakhir.

Setelah lima musim di Anoeta Stadium, Januzaj memutuskan untuk mencari tantangan baru. Pemain berusia 27 tahun tersebut saat ini bermain untuk Sevilla.

9 dari 11 halaman

8. Daley Blind

Daley Blind datang ke Manchester United pada tahun 2014. Bek asal Belanda tersebut kemudian ikut merengkuh empat gelar selama empat tahun berikutnya bersama Setan Merah.

Daley Blind pun kembali pulang ke Ajax Amsterdam pada 2018. Hasilnya luar biasa, dia mengantarkan timnya merebut tiga gelar Eredivisie dan trofi lainnya.

Setelah berpisah dengan Ajax, Blind melanjutkan kariernya di Bayern Munchen pada Januari 2023. Dia berpeluang besar menambah koleksi trofinya di klub Jerman itu.

10 dari 11 halaman

9. Angel Gomes

Angel Gomes muncul melalui akademi Manchester United dan melakukan debut seniornya pada usia 16 tahun pada tahun 2017. Dia menjadi pemain termuda yang mewakili klub sejak Duncan Edwards pada tahun 1953.

Tetapi Angel Gomes hanya membuat empat penampilan Premier League lagi. Dia akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan tim Ligue 1 Lille dengan status bebas transfer pada tahun 2020.

Setelah menghabiskan musim 2020/2021 dengan status pinjaman di Boavista, Angel Gomes kembali ke Prancis bersama Lille. Dia memenangkan Trophee des Champions pada 2020/2021.

11 dari 11 halaman

10. Chris Smalling

Chris Smalling termasuk cukup lama bermain untuk Manchester United. Jose Mourinho kemudian mendepak bek asal Inggris tersebut pada 2019.

Smalling kemudian bereuni kembali dengan Mourinho di AS Roma. Pria asal Portugal tersebut diangkat menjadi pelatih Giallorossi pada musim panas 2021.

Pada akhirnya, Smalling membantu Roma memenangkan UEFA Conference League pada musim pertama Mourinho di Olimpico. Kini Smalling masih menjadi bagian penting dari lini belakang Roma.

Sumber: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 3/2/2023)

Video Populer

Foto Populer