Sukses


5 Pemain Terbaik Jebolan Padepokan Suhu Pep Guardiola: Produk Istimewa dan Langka

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester City, Pep Guardiola bisa dibilang sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Dia sudah meraih berbagai prestasi yang bergengsi dalam sepanjang kariernya.

Guardiola pertama kali mengambil peran sebagai pelatih pada Juli 2008. Ketika itu dia ditunjuk sebagai pelatih Barcelona menggantikan Frank Rijkaard.

Sejak saat itu, Guardiola seakan tidak pernah berhenti memberikan trofi untuk klub yang ditanganinya. Dia telah memenangkan 31 gelar termasuk La Liga, Bundesliga, Premier League dan Liga Champions.

Guardiola memang hanya pernah melatih tiga klub - Barcelona, Bayern Munchen dan Manchester City. Meski begitu, dia telah bekerja dengan banyak pemain kelas dunia.

Berikut ini lima pemain terbaik yang pernah dilatih Pep Guardiola.

2 dari 6 halaman

Robert Lewandowski

Robert Lewandowski merupakan salah satu striker terbaik di dunia saat ini. Dia mampu menunjukkan ketajamannya saat berseragam Borussia Dortmund dan Bayern Munchen.

Penyerang Polandia tersebut memainkan 104 pertandingan selama dua musim bersama Guardiola di Bayern. Dia mampu mencetak 67 kali dan membuat 19 assist.

Kolaborasi Lewandowski dan Guardiola berhasil menghadirkan sejumlah gelar untuk Bayern. Mereka memenangkan dua gelar Bundesliga dan DFB Pokal.

3 dari 6 halaman

Sergio Aguero

Sergio Aguero adalah salah satu penyerang Argentina terhebat pada era modern. Dia merupakan pencetak gol terbanyak Manchester City setelah mencatatkan 260 gol untuk The Citizens.

Josep Guardiola mulai menangani Aguero di Manchester City pada tahun 2016. Di bawah pelatih asal Spanyol itu, Aguero memainkan 183 pertandingan dan mencetak 124 gol.

Aguero memenangkan tiga gelar Premier League, empat Piala Liga, satu FA Cup, dan tiga Community Shields bersama Guardiola. Setelah bergabung dengan Barcelona, Aguero terpaksa pensiun karena masalah jantung.

4 dari 6 halaman

Xavi Hernandez

Xavi Hernandez merupakan salah satu produk terbaik dari akademi Barcelona. Dia kemudian menjadi elemen terpenting dari filosofi 'tiki-taka' Josep Guardiola di Barcelona.

Xavi memainkan 208 pertandingan bersama Guardiola di Barcelona. Gelandang asal Spanyol tersebut menyumbang 36 gol dan 82 assist dari penampilannya tersebut.

Selama kebersamaan mereka, Barcelona memenangkan tiga La Liga, dua Liga Champions, dua Copa del Rey, tiga Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Antarklub dan dua Piala Super Eropa. Itu termasuk treble winners pada musim 2008-09.

5 dari 6 halaman

Andres Iniesta

Andres Iniesta juga punya karier yang sangat sukses di bawah asuhan Josep Guardiola. Mereka berdua bekerja sama di Barcelona.

Iniesta memainkan 181 pertandingan untuk Guardiola di Barcelona. Dia mencetak 23 gol dan memberikan 53 assist dengan memenangkan 14 trofi selama empat tahun di bawah manajer Spanyol tersebut.

Pada usia 37 tahun, Iniesta masih belum memutuskan gantung sepatu. Sang gelandang saat ini masih bermain untuk Vissel Kobe di Jepang.

6 dari 6 halaman

Lionel Messi

Di bawah Josep Guardiola, Lionel Messi berubah dari talenta yang sangat berbakat menjadi pemain terhebat di dunia. Manajer asal Spanyol itu menjadikan Messi sebagai titik fokus serangan Barcelona, dan tim menuai hasil yang luar biasa.

Messi baru berusia 21 tahun ketika Guardiola mengambil alih Barcelona. Pada saat Guardiola meninggalkan klub, Messi telah memenangkan empat penghargaan Ballon d'Or berturut-turut antara 2009 dan 2012.

Messi juga memainkan 222 pertandingan untuk Blaugrana selama periode itu. Dia mencetak 211 gol dan mencatatkan 127 assist. La Pulga memenangkan 14 trofi, termasuk treble winners selama Guardiola berada di Barcelona.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta)

Video Populer

Foto Populer