Sukses


Klasemen Liga Inggris Jika Man City Dapat Pengurangan Poin Seperti Juventus: Masih di Atas Chelsea

Bola.com, Jakarta - Manchester City terancam gagal ke Liga Champions jika mereka kehilangan jumlah poin yang sama dengan Juventus menyusul adanya temuan bahwa juara Liga Inggris itu terbukti melanggar financial fiar play (FFP).

Setelah penyelidikan selama empat tahun, operator Liga Inggris, Premier League, telah merujuk sejumlah dugaan pelanggaran ke Komisi independen.

Diduga bahwa Manchester City melanggar aturan terkait penyediaan informasi keuangan yang akurat selama sembilan musim Liga Inggris dari 2009 hingga 2018. Dengan kata lain, Man City memanipulasi laporan keungan mereka selama bertahun-tahun.

Selain itu, Man City juga dicap telah gagal bekerja sama dengan penyelidikan Liga Inggris sejak awal musim 2018/2019, di antara berbagai dugaan pelanggaran.

 

 

2 dari 5 halaman

Pengurangan Poin

Pengurangan poin akan jadi 'sanksi ringan' ketimbang dicoret seutuhnya dari Premier League alias diturunkastakan. Merujuk pada sanksi yang diterima Juventus di Serie A, menarik untuk melihat sejauh mana Man City bakal turun peringkat.

Secara matematis, pengurangan 15 poin bisa disubstitusi dengan menganulir lima kemenangan. Ternyata, Man City masih di 10 besar, terpatnya di posisi sembilan, masih di atas Chelsea.

Tidak hanya akan menjadi pukulan moral yang besar bagi sang juara bertahan, sanksi tersebut juga akan membuat mereka berjuang keras untuk lolos ke Liga Champions dan kekayaan yang menyertainya.

City akan mendapati diri mereka terpaut sembilan poin dari Tottenham Hotspur, serta membuat Manchester United naik ke posisi kedua, ditambah Newcastle, yang akan naik ke posisi ketiga di klasemen.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Situasi Saat Ini?

Operator Liga Inggris menyebut Man City mencederai sportivitas dari aspek keuangan. Ini sama saja menyalahi sportivitas karena imbasnya sunggu luar biasa.

Satu hal yang digarisbawahi Premier League adalah ketidakakuratan pendapatan, termasuk pendapatan sponsor, pihak terkait, dan biaya operasionalnya.

Komisi Independen sekarang akan ditunjuk oleh ketua Panel Yudisial Premier League, dengan proses yang akan diadakan secara pribadi dan rahasia, dengan hanya keputusan akhir mereka yang dipublikasikan.

4 dari 5 halaman

Ancaman Sanksi

Di bawah regulasi Premier League W51, Komisi Independen berwenang untuk memberikan Manchester City dengan sejumlah sanksi, termasuk merekomendasikan agar Premier League “mengusir” klub tersebut.

Mereka juga dapat mengenakan pengurangan poin dan denda yang tidak terbatas jika terbukti melakukan pelanggaran.

Tuduhan kesalahan lain yang dibuat oleh Liga Inggris terkait dengan pengungkapan renumerasi yang tidak benar, termasuk kontrak Roberto Mancini selama menjadi manajer Manchester City, dan renumerasi pemain antara musim 2010/2011 dan 2015/2016.

Diduga juga bahwa klub melanggar aturan saat melakukan pendekatan kepada pemain muda, dan mungkin gagal mematuhi peraturan financial fair play (FFP) UEFA selama beberapa musim.

5 dari 5 halaman

Posisi Man City Saat Ini

Video Populer

Foto Populer