Sukses


Nostalgia Yuk Starting XI Pertama Banget Mikel Arteta di Arsenal, Apa Kabar Para Pemainnya Ya Sekarang?

Bola.com, Jakarta - Arsenal secara tak terduga mampu bertengger di puncak klasemen Premier League musim ini. Mikel Arteta berpeluang besar membawa timnya mengakhiri puasa gelar Premier League.

Arteta mengambil alih Arsenal pada tahun 2019. Dia meninggalkan Manchester City dan kemudian mengisi posisi yang ditinggalkan Unai Emery di Emirates Stadium.

Arteta melakoni laga pertamanya sebagai manajer Arsenal pada saat Boxing Day. Ketika itu, Meriam London bertandang ke markas Bournemouth.

Dalam pertandingan tersebut, kedua tim bermain imbang 1-1 di Vitality Stadium. Gol dari Dan Gosling berhasil dibalas Pierre-Emerick Aubameyang.

Lalu, siapa saja yang menjadi starter Arsenal pada saat itu? Berikut ini starting XI pertama Arteta di Arsenal dan kabar mereka kini.

2 dari 12 halaman

Kiper: Bernd Leno

Bernd Leno adalah kiper nomor satu Arsenal ketika Mikel Arteta mengambil alih tim. Namun, serangkaian blunder membuat pemain Jerman tersebut harus kehilangan tempatnya.

Setelah kalah bersaing dengan Aaron Ramsdale, Leno akhirnya meninggalkan Arsenal pada musim panas 2022. Dia pindah ke Fulham dan sekarang menjadi kiper utama The Cottagers.

3 dari 12 halaman

Bek Kanan: Ainsley Maitland-Niles

Ainsley Maitland-Niles mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak setelah kedatangan Mikel Arteta di Arsenal. Namun, dia sekarang sudah tersisih dari skuad The Gunners.

Maitland-Niles tak masuk dalam rencana Mikel Arteta di Arsenal pada musim ini. Dia dipinjamkan ke Southampton dan dia sudah memainkan 14 pertandingan di semua kompetisi untuk The Saints.

4 dari 12 halaman

Bek Tengah: Sokratis Papastathopoulos

Sokratis Papastathopoulos tak banyak mendapat kesempatan bermain di bawah Mikel Arteta di Arsenal. Sokratis hanya tampil 11 kali di bawah asuhan Arteta.

Arteta akhirnya berpisah dengan Arsenal pada 20 Januari 2021 setelah kontranya diputus. Sang bek kemudian kembali ke Yunani dengan bergabung Olympiacos.

5 dari 12 halaman

Bek Tengah: David Luiz

David Luiz bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2019 setelah kontraknya bersama Chelsea berakhir. Dia kemudian menjadi pemain andaan Mikel Arteta setelah mengambil alih The Gunners.

David Luiz memainkan 55 pertandingan di semua kompetisi bersama Arteta. Dia kemudian meninggalkan The Gunners pada musim panas 2021 dengan bergabung Flamengo.

6 dari 12 halaman

Bek Kiri: Bukayo Saka

Bukayo Saka mengawali kariernya di Arsenal dengan bermain di beberapa posisi termasuk bek kiri. Mikel Arteta kemudian mematenkan posisi Saka di lini serang.

Kini Saka begitu diandalkan oleh Arsenal. Pemain berusia 21 tahun tersebut mampu mencetak 28 gol dan 31 assist dari 139 pertandingan di bawah asuhan Arteta di Arsenal.

7 dari 12 halaman

Gelandang Bertahan: Granit Xhaka

Granit Xhaka sempat menjadi bulan-bulanan kritik fans Arsenal. Namun, Xhaka menjadi pemain yang berkembang pesat berkat sentuhan Mikel Arteta di Emirates Stadium.

Sampai sekarang, Xhaka masih menjadi salah satu andalan dalam starting XI Arsenal. Dia tampil solid di lini tengah dan berhasil membawa timnya bertengger di puncak klasemen Premier League.

8 dari 12 halaman

Gelandang Bertahan: Lucas Torreira

Lucas Torreira menjadi salah satu pemain yang diberi kesempatan Mikel Arteta untuk mengisi lini tengah Arsenal. Namun, musim 2019/2020 menjadi musim terakhir Torreira dalam balutan seragam The Gunners.

Tak masuk dalam rencana Arteta, Torreira kemudian dipinjamkan ke Atletico Madrid dan Fiorentina. Gelandang asal Uruguay tersebut akhirnya dijual ke Galatasaray pada musim panas 2022.

9 dari 12 halaman

Gelandang Serang: Mesut Ozil

Mesut Ozil sempat bermain sebanyak 12 kali di bawah asuhan Mikel Arteta di Arsenal. Gelandang asal Jermain tersebut kemudian dicoret dari skuad The Gunners.

Tak ada yang tahu secara pasti alasan Arteta membekukan Ozil. Pada akhirnya, Ozil memutuskan untuk pundah ke Fenerbahce dan meninggalkan Arsenal setelah 7,5 tahun.

10 dari 12 halaman

Sayap Kanan: Reiss Nelson

Reiss Nelson mendapat kesempatan bermain yang cukup banyak setelah Mikel Arteta datang ke Arsenal. Namun, pemain berusia 21 tahun tersebut tidak mampu mengamankan tempatnya di Starting XI.

Reiss Nelson sempat dipinjamkan ke Feyenoord pada 2021/2022. Setelah kembali ke Arsenal, mantan pemain Hoffenheim itu baru tampil tujuh kali di semua kompetisi pada musim ini.

11 dari 12 halaman

Striker: Alexandre Lacazette

Alexandre Lacazette menjadi salah satu pemain andalan Mikel Arteta di lini depan Arsenal. Striker asal Prancis tersebut juga dipercaya menjadi kapten setelah Pierre-Emerick Aubameyang bermasalah.

Lacazette mencetak 29 gol dan 17 assist dari 103 pertandingan d bawah asuhan Arteta di Arsenal. Setelah kontraknya habis, Lacazette meninggalkan Arsenal pada 2022 dan kembali ke Prancis dengan bergabung Lyon.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 6/2/2023)

12 dari 12 halaman

Posisi Arsenal Saat Ini

Video Populer

Foto Populer