Sukses


Jorginho dan 12 Pemain yang Pernah Bela Chelsea dan Arsenal (Bagian 1): Malah Dibenci Kanan-Kiri

Bola.com, Jakarta - Chelsea dan Arsenal merupakan dua klub asal London yang menjadi rival sengit di Liga Inggris. Meskipun London memiliki banyak klub, Chelsea dan Arsenal yang konsisten berada di papan atas, sehingga menjadikan keduanya menjadi seteru abadi.

Tidak jarang kedua klub ini silih berganti menukar pemainnya. Paling anyar adalah gelandang Chelsea, Jorginho, yang mendarat ke Emirates, kandang Arsenal.

Kepergian Jorginho ini tidak lepas dari jor-jorannya Chelsea pada bursa transfer Januari 2023, termasuk mendatangkan Enzo Fernandez. Kehadiran gelandang yang mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 tersebut membuat Jorginho terdepak.

Ketika Jorginho tidak terpakai di Chelsea, manajer Arsenal Mikel Arteta mengambil kesempatan merekrutnya. Arteta berusaha menambah kedalaman skuad terutama di lini tengah dengan memboyong Jorginho.

Selain Jorginho total ada 12 nama pemain bintang yang pernah bermain untuk Chelsea maupun Arsenal di era Premier League. Pada bagian pertama ini, mari bahas enam nama terlebih dahulu.

 

2 dari 7 halaman

1. Emmanuel Petit

Pemain Prancis ini menghabiskan sebagian besar kariernya di AS Monaco. Tetapi, Petit merupakan bagian penting dari lini tengah Arsenal saat merengkuh gelar Liga Inggris 1998.

Dia sempat hengkang pada 2000 ke klub La Liga, Barcelona. Setelah dari Spanyol, Petit sempat kembali ke London, namun bukan ke Arsenal melainkan menyeberang Chelsea.

 

3 dari 7 halaman

2. Nicolas Anelka

Nicolas Anelka adalah seorang wonderkid di Arsenal, kemudian menjelma pemain elite di Chelsea. Kalimat ini menggambarkan karier striker Prancis, Nicolas Anelka, di Premier League.

Meskipun dia menjuarai Premier League bersama kedua klub, Anelka lebih sukses saat berada di Chelsea. Anelka memahat 59 gol selama lima musim saat berada di Stamford Bridge.

 

4 dari 7 halaman

3. Ashley Cole

Ashley Cole adalah satu di antara bek kiri terhebat di dunia sepak bola. Dia sempat menjadi idola di Arsenal, namun dikecam karena caranya meninggalkan klub.

Cole kemudian menyeberang ke Chelsea dan menjadi pujaan baru publik Stamford Bridge. Dia turut membantu The Blues menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions selama pengabdian delapan tahun.

 

5 dari 7 halaman

4. William Gallas

Tidak hanya dua klub London, Gallas bahkan bermain untuk tiga klub ibu kota Inggris yakni Arsenal, Chelsea, dan Tottenham Hotspur. Namun reputasinya di hadapan penggemar tiga klub itu kurang bagus.

Meski menjadi antagonis di Chelsea maupun Arsenal,  Gallas selalu menjadi pemain penting di mana pun dia berada. Bek Prancis ini juga membantu Chelsea maupun Arsenal meraih gelar Premier League.

 

6 dari 7 halaman

5. Cesc Fabregas

Setelah delapan tahun di Arsenal, Cesc Fabregas hengkang ke klub masa kecilnya yakni Barcelona. Namun, kariernya di Spanyol tidak berlangsung lama, sehingga memutuskan kembali ke London tetapi bersama Chelsea.

Meski demikian, tidak ada  suporter Arsenal yang merasa sakit hati akan keputusan sang pemain memilih Chelsea. Fabregas akhirnya membantu Chelsea meraih gelar Premier League yang tidak dia dapatkan di Arsenal.

 

7 dari 7 halaman

6. Lassana Diara

Mungkin Diara adalah pemain yang tidak sukses dalam daftar bagian pertama ini. Dia dipinggirkan oleh pelatih baik di Arsenal maupun di Chelsea.

Diara hanya tampil 13 kali untuk Chelsea dan hanya tujuh kali bersama Arsenal. Dia kemudian menjadi pemain yang jauh lebih berfungsi saat memperkuat Real Madrid antara 2009 dan 2012.

Sumber: Give Me Sport

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Trivia Inggris

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer