Sukses


Liga Inggris: Firmino Cabut, Saatnya Penyerang-Penyerang Muda Liverpool Unjuk Kemampuan

Bola.com, Liverpool - Roberto Firmino dipastikan akan meninggalkan Liverpool pada musim panas nanti. Penyerang asal Brasil itu enggan memperpanjang kontraknya di Anfield yang berakhir pada akhir Juni 2023.

Roberto Firmino sudah bisa dikatakan sebagai legenda Liverpool. Ia memperkiuat The Reds sejak 2015 dan memberikan kontribusi positif kepada klub tersebut.

Sejauh ini, Roberto Firmino sudah mencatatkan 353 laga bersama Liverpool di laga resmi. Penyerang yang kini berusia 31 tahun itu sudah mencetak 107 gol dan 78 assist.

Ada tujuh gelar yang dipersembahkan Roberto Firmino hingga kini. Masing-masing satu gelar di ajang Premier League, Liga Champions, Piala FA, Carabao Cup, Community Shield, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

Liverpool tak perlu panik akan ditinggalkan Roberto Firmino dalam waktu dekat. Ada beberapa opsi yang bisa mereka ambil untuk lini depan mereka di musim depan.

2 dari 5 halaman

Andalkan Penyerang Muda

Liverpool sebenarnya sudah bersiap melakukan perubahan di lini depan mereka sejak musim lalu. Saat itu mereka ditinggal Sadio Mane yang pindah ke Bayern Munchen.

Liverpool pun pada musim panas lalu kedatangan Darwin Nunez. Sebelumnya, mereka sudah punya Diogo Jota dan Luiz Diaz. Keberadaan Fabio Carvalho pun tak boleh dikesampingkan.

Kemudian pada Januari 2023, Cody Gakpo datang ke Liverpool. Penyerang muda asal Belanda itu berlahan mencoba beradaptasi di Inggris.

Jurgen Klopp bisa mengandalkan para penyerang muda ini di musim depan. Apalagi Diogo Jota sudah sembuh dari cedera. Sementara Luis Diaz juga tak lama lagi sudah bisa merumput.

3 dari 5 halaman

Pertahankan Salah

Liverpool sempat memiliki trio ikonik. Trio itu berisis Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino. Mereka bisa menghasilkan banyak gol dan banyak gelar berngengsi untuk The Reds. 

Mane sudah tidak lagi berada di Liverpool. Firmino pun tak lama lagi akan meninggalkan tim asuhan Jurgen Klopp tersebut.

Namun, Liverpool seharusnya tidak melepas Mohamed Salah pada musim panas nanti. Paling tidak, Salah harus dipertahankan sampai kontraknya berakhir pada musim panas 2025.

Meski sudah memasuki usia 30, Mohamed Salah masih memiliki peran penting di Liverpool. Pemain asal Mesir itu sudah mencetak 20 gol dan sembilan assist untuk The Reds di musim ini.

4 dari 5 halaman

Tambah Satu Striker

Lini depan Liverpool saat ini sudah cukup baik. Dengan berjalannya waktu, para pemain muda yang saat ini mengisi lini depan The Reds akan beradaptasi dengan baik.

Namun, rasa-rasanya Liverpool harus tetap menambah satu striker lagi pada musim panas nanti. Striker yang datang nanti harus bertipikal target man.

Sebab, semua penyerang yang dimiliki Liverpool saat ini bisa digeser ke posisi winger. Beberapa nama pun muncul ke permukaan sebagai target potensial Liverpool.

Victor Osimhen yang tengah bersinar di Italia tentu menjadi nama terdepan. Niclas Fullkrug yang saat ini menjadi top scorer sementara Budesliga 2022/2023 dengan 14 gol juga bisa menjadi opsi menarik bagi Liverpool.

5 dari 5 halaman

Ketatnya Persaingan di Premier League 2022/2023

Video Populer

Foto Populer