Sukses


Starting XI Pemain Premier League yang Menjalankan Puasa Ramadan: Diisi Nama-Nama Tenar

Bola.com, Jakarta - Para pemain Muslim banyak yang menjalani karier di Eropa, termasuk di Premier League. Sebagian besar di antaranya tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan, di tengah jadwal padat pada musim ini.

Hampir semua tim papan atas Premier League memiliki lebih dari satu pemain Muslim. Tak jarang pula, mereka adalah pemain andalan di klubnya masing-masing.

Selama satu bulan ke depan dimulai Kamis (23/3/2023), para bintang Muslim di Premier League dan liga-liga lainnya bakal menjalani ibadah puasa di tengah kompetisi.

Dengan formasi 3-5-2, berikut ini starting eleven pemain Muslim dari Premier League yang tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan.

 

2 dari 13 halaman

Kiper: Asmir Begovic (Everton)

Asmir Begovic dikenal karena jam terbangnya yang tinggi di kasta tertinggi sepak bola Eropa, termasuk di Premier League.

Penjaga gawang Timnas Bosnia dan Herzegovina itu sempat menjadi pelapis Thibaut Courtois di Chelsea. Lalu, dia juga jadi kiper utama Bournemouth dan sempat juga dipinjamkan ke AC Milan.

Sejak musim panas 2021 lalu, Begovic bergabung dengan Everton. Kiper berusia 35 tahun itu setia menjadi deputi untuk Jordan Pickford.

 

3 dari 13 halaman

Bek: Wesley Fofana (Chelsea)

Chelsea harus merogoh kocek sebesar 80,40 juta euro untuk mendatangkan Wesley Fofana dari Leicester City. Dia menjadi bek termahal ketiga dalam sejarah Premier League.

Wesley Fofana pun menjadi pilihan utama di lini pertahanan Chelsea. Kemampuan intersep yang bagus menjadi kelebihan bek asal Marseille, Prancis tersebut.

Fofana sempat absen cukup lama akibat menderita cedera. Kini, dia sudah kembali ke skuad dan bahkan sempat mencetak gol kemenangan ke gawang Leeds United.

 

4 dari 13 halaman

Bek: Kalidou Koulibaly (Chelsea)

Musim 2022/2023 ini, Chelsea sangat aktif di bursa transfer. Ratusan juta poundsterling pun digelontorkan The Blues untuk merekrut pemain baru.

Salah satu pemain yang didatangkan Chelsea adalah Kalidou Koulibaly. Bek internasional Senegal itu direkrut dari Napoli.

Koulibaly pun langsung menjadi andalan di jantung pertahanan Chelsea. Sejauh ini, dia sudah tampil dalam 27 laga dan menyumbang dua gol.

 

5 dari 13 halaman

Bek: Kurt Zouma (West Ham)

Zouma sempat menjadi andalan di lini belakang Chelsea. Bersama The Blues, Zouma tercatat bermain dalam 151 pertandingan dengan menyumbang 10 gol.

Pada musim panas 2021 lalu, Zouma memutuskan untuk pindah ke West Ham United. Pada Februari 2022 lalu, Zouma sempat tersandung kasus penganiayaan hewan ketika terekam menendang seekor kucing.

Zouma merupakan seorang muslim taat dan pernah melakukan ibadah umrah ke Mekkah pada 2019 lalu. Pada Ramadan tahun ini, sang bek akan menjalankan ibadah puasa.

 

6 dari 13 halaman

Gelandang Kanan: Hakim Ziyech (Chelsea)

Hakim Ziyech diboyong Chelsea dari Ajax pada musim panas 2022 lalu dengan biaya transfer mencapai 40 juta euro.

Hakim Ziyech menjadi sorotan di Piala Dunia 2022 lalu karena tampil impresif untuk membawa Maroko melaju hingga semifinal.

Hakim Ziyech hampir saja pindah ke PSG pada musim dingin 2023 kemarin. Namun, transfernya gagal gara-gara masalah dokumen yang telat dikirim.

 

7 dari 13 halaman

Gelandang Tengah: Ilkay Gundogan (Manchester City)

Kontrak Gundogan bersama Manchester City akan habis pada akhir musim ini. Hingga kini belum ada pembicaraan mengenai kontrak baru.

Meski demikian, prioritas utama Gundogan tetaplah bertahan di Man City. Dia dengan senang hati tetap di Etihad Stadium apabila Man City memang masih menginginkan jasanya.

Apalagi saat ini, Pep Guardiola masih punya kontrak jadi manajer Man City. Aspek itu jadi yang utama baginya untuk tetap bertahan.

Guardiola memang kerap memberikan pujian kepada Gundogan. Dia menyebut gelandang internasional Jerman itu sebagai salah satu pemain paling cerdas yang pernah dilatih sepanjang kariernya.

 

8 dari 13 halaman

Gelandang Tengah: Thomas Partey (Arsenal)

Thomas Partey menjadi salah satu pemain kunci kesuksesan Arsenal konsisten memimpin klasemen Premier League hingga pekan ke-28.

Ada sebuah cerita menarik soal Partey. Pemain 29 tahun itu menjadi mualaf alias masuk Islam sejak Maret 2022 lalu.

Alasan yang melatarbelakangi keputusan Thomas Partey menjadi mualaf adalah karena sang kekasihnya asal Maroko, Sara Bella.

 

9 dari 13 halaman

Gelandang Tengah: Granit Xhaka (Arsenal)

Granit Xhaka mengalami naik turun karier di Arsenal. Dia sempat didapuk sebagai kapten tim, tetapi kemudian dicopot karena berseteru dengan fans The Gunners.

Sempat hampir pindah klub, Xhaka nyatanya kini menjadi pemain tak tergantikan di lini tengah Arsenal racikan Mikel Arteta.

Xhaka pun berpeluang besar untuk meraih prestasi terbaiknya bersama Arsenal dengan membawa klub London itu menjuarai Premier League musim ini.

 

10 dari 13 halaman

Gelandang Kiri: Said Benrahma (West Ham)

Said Benrahma direkrut West Ham dari Brentford pada 2020 lalu. Musim pertama Benrahma dilalui dengan status pinjaman, baru diresmikan menjadi permanen sejak musim panas 2021.

Benrahma pun menjadi pemain tak tergantikan di sektor kiri serangan West Ham. Sejauh ini dia sudah tampil sebanyak 117 kali dengan menciptakan 20 gol.

 

11 dari 13 halaman

Penyerang: Mohamed Salah (Liverpool)

Saat ini, Mohamed Salah menjadi ikon nomor satu Liverpool. Gelontoran golnya sejak bergabung pada 2017 silam tak bisa dibantah.

Baru-baru ini, Salah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liverpool di Liga Inggris, mencetak 129 gol dalam 205 penampilan di kompetisi tersebut. Salah kini mengungguli Robbie Fowler yang mencetak 128 gol dalam 266 pertandingan.

Belakangan muncul isu yang mengklaim Salah membuka peluang untuk hengkang dari Liverpool pada musim panas nanti.

 

12 dari 13 halaman

Penyerang: Riyad Mahrez (Manchester City)

Meski tak selalu menjadi pilihan utama di lini serang Manchester City pilihan Pep Guardiola, Mahrez selalu menunjukkan performa ciamik ketika dipercaya tampil.

Mahrez kini menjadi pemain Afrika kelima yang mencetak 20 gol Liga Champions, setelah Mohamed Salah (44), Didier Drogba (44), Samuel Eto'o (30) dan Sadio Mane (27).

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga/Published: 23/3/2023)

13 dari 13 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer