Sukses


Liga Inggris: Perjudian Besar Chelsea pada Sosok Mauricio Pochettino

Bola.com, Jakarta - Mauricio Pochettino tinggal selangkah lagi menjadi manajer baru Chelsea. Menurut Fabrizio Romano, sosok asal Argentina itu akan melakukan penandatanganan kontrak bersama The Blues dalam beberapa hari ke depan.

Drama pencarian Chelsea terhadap manajer baru memang cukup seru untuk disimak belakangan ini. The Blues sempat dikaitkan dengan beberapa nama setelah mereka mendepak Graham Potter.

Mereka sempat sangat dengan dengan Julian Nagelsmann. Luis Enrique pun dikabarkan sudah sempat menjalin komunikasi dengan pemilik Chelsea, Todd Boehly.

Kini, pencarian Chelsea akan sosok manajer baru tampaknya sudah memenuhi akhirnya. Mauricio Pochettino dipilih dari sekian banyak nama yang sempat dikaitkan dengan klub London itu.

Nmaun, pemilihan Mauricio Pochettino bukannya tak mengundang pertanyaan. Chelsea bahkan seperti melakukan perjuan besar dengan merekrut eks juru taktik Espanyol, Southampton, Tottenham Hotspur, dan Paris Saint-Germain itu.

2 dari 5 halaman

Tak Ada Gelar Juara di Inggris

Mauricio Pochettino pernah menukangi dua klub Inggris. Dua klub yang dimaksud adalah Southampton dan Tottenham Hotspur.

Poch menghabiskan waktu di St. Mary's Stadium dari Januari 2013 hingga Juni 2014. Saat itu, Soton memang tampil cukup impresif bersamanya. Hal itu membuat Spurs tak ragu untuk merekrut Pochettino pada musim panas 2014.

Ketika melatih Spurs, reputasi Pochettino mulai terbangun. Ia berhasil mengangkat performa skuad The Lilywhites saat itu. Namun, Pochettino gagal meraih satu trofi pun bersama klub London Utara itu.

Penampilan terbaik Spurs di era Pochettino terjadi pada musim 2018/2019. Saat itu mereka berhasil melaju ke final Liga Champions. Namun, sayangnya di babak final Harry Kane dan kolega kalah dari Liverpool.

3 dari 5 halaman

Bukan Klub yang Sabar

Untuk membangun skuad Tottenham Hotspur yang cukup tangguh, Mauricio Pochettino memerlukan waktu yang cukup lama. Kondisi itu menjadi tantangan terbesar bagi dirinya ketika menukangi Chelsea.

Sebab, The Blues bukanlah tipikal klub yang sabar. Mereka kerap tak segan memecat para manajer di pertengahan musim jika dinilai gagal.

Selain itu, Pochettino juga punya tugas berat lain di Chelsea. Ia harus menaikkan mental bertanding para pemain The Blues yang anjlok sangat dalam di musim ini.

Diperkuat banyak pemain bintang dengan harga dan gaji yang mahal, Chelsea hanya bisa bersaing di papan tengah Premier League 2022/2023. Bahkan, sempat ada kekhawatiran The Blues bisa terdegradasi ke kasta kedua sepak bola Inggris pada musim depan.

4 dari 5 halaman

Profil Mauricio Pochettino

  • Nama Lengkap: Mauricio Roberto Pochettino Trossero
  • Usia: 51 tahun
  • Kebangsaan: Argentina
  • Karier melatih: Espanyol (2009-2012), Southampton (2013-2014), Tottenham Hostpur (2014-2019), Paris Saint-Germain (2021-2022)
5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League 2022/2023

Video Populer

Foto Populer