Sukses


Hitung-hitungan Pacuan Juara Liga Inggris setelah Pekan 36 Premier League: Man City Bisa Segel Titel saat Menjamu Chelsea

Bola.com, Jakarta - Nasib berbeda dialami dua kuda pacuan di papan atas Premier League 2022/2023, Man City dan Arsenal. Meski sama-sama mengakhiri laga dengan skor 0-3 dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris, tapi kedua tim mendapatkan malam yang berbeda.

Man City yang bertandang ke markas Everton berhasil membawa pulang tiga poin maksimal dari Etihad Stadium. Man City menang 3-0 berkat dua gol Ilkay Gundogan plus satu gol Erling Haaland.

Sementara itu, Arsenal yang menjamu Brighton and Hove Albion di Emirates Stadium justru kalah telak 0-3. Tiga gol Brighton dicetak oleh Julio Enciso, Deniz Undav, danPervis Estupinan.

Beda hasil yang didapatkan oleh Man City dan Arsenal membuat peluang menjadi juara jelas lebih besar menjadi milik tim asuhan Pep Guardiola. Man City mengoleksi 85 poin dari 35 laga, sementara Arsenal 81 poin dari 36 laga.

Apalagi Man City masih menyisakan tiga pertandingan hingga akhir musim, di mana mereka masih menyimpan laga tunda pekan ke-32 kontra Brighton and Hove Albion. Sementara Arsenal menyisakan dua pertandingan saja.

Lalu bagaimana hitung-hitungan kedua tim untuk memastikan gelar juara Liga Inggris pada akhir musim ini?

2 dari 6 halaman

Man City Hanya Butuh Menang atas Chelsea

Man City menyisakan tiga pertandingan. Pertama mereka akan menghadapi Chelsea pada laga pekan ke-37 Liga Inggris pada 21 Mei 2023.

Kemudian The Citizens menghadapi Brighton dalam laga pekan ke-32 Premier League pada 25 Mei 2023. Pada pertandingan pamungkas di Premier League musim ini, Man City bertandang ke markas Brentford pada 28 Mei 2023.

Sementara itu, Arsenal menyisakan laga tandang kontra Nottingham Forest pada 20 Mei 2023 dan menjamu Wolverhampton Wanderers pada 28 Mei 2023.

Dengan selisih empat poin saat ini, Man City hanya butuh satu kemenangan lagi. Hitungannya, jika Man City meraih kemenangan atas Chelsea pada pekan ke-37, dan di laga lainnya Arsenal juga menang atas Nottingham Forest, selisih empat poin yang dimiliki Man City tak lagi bisa dikejar Arsenal yang hanya punya satu laga tersisa.

Artinya, terlepas dari apa pun yang terjadi saat Arsenal akan menghadapi Nottingham Forest, Man City hanya perlu memastikan tiga poin menjadi milik mereka saat menjamu Chelsea pada 21 Mei mendatang untuk menjadi juara.

3 dari 6 halaman

Arsenal Harus Berharap Man City Selalu Kalah

Dengan fakta Man City hanya butuh satu kemenangan untuk bisa memastikan gelar juara Liga Inggris menjadi milik mereka, Arsenal tak punya banyak peluang.

Kalaupun ada peluang itu, Arsenal harus memastikan kemenangan dalam dua laga tersisa yang mereka miliki. Tapi itu saja tidak cukup. The Gunners juga harus berharap Man City tak meraih satu kemenangan pun dari tiga laga tersisa, dan satu di antaranya harus kalah.

Jika Man City meraih tiga hasil imbang dalam tiga laga tersisa, dan Arsenal mampu meraiih dua kemenangan, gelar juara masih menjadi milik Man City.

Dengan tiga hasil imbang, Man City akan mengoleksi 88 poin dari 38 laga, dan dua kemenangan Arsenal hanya membawa mereka meraih 87 poin saja.

4 dari 6 halaman

Selalu Imbang dalam 3 Laga Terakhir pun Man City Juara

Andai Man City gagal mengalahkan Chelsea pada pekan ke-37, The Citizens masih berpeluang untuk menjadi juara. Tim asuhan Pep Guardiola itu sebenarnya hanya butuh tiga poin saja untuk memastikan gelar juara menjadi milik mereka.

Artinya satu poin dari setiap laga tersisa yang dimiliki Man City akan cukup membuat mereka menjadi juara Liga Inggris musim ini.

Hanya saja, kalau itu yang menjadi skenario, maka Man City membutuhkan waktu hingga laga pekan pamungkas untuk bisa memastikan diri menjadi juara.

Sumber: Soccerway, Premier League

5 dari 6 halaman

Jadwal Laga Tersisa Man City dan Arsenal

20 Mei 2023: Nottingham Forest vs Arsenal (pekan 37)

21 Mei 2023: Man City vs Chelsea (pekan 37)

25 Mei 2023: Brighton vs Man City (laga tunda pekan 32)

28 Mei 2023: Brentford vs Man City (pekan 38)

28 Mei 2023: Arsenal vs Wolverhampton (pekan 38)

6 dari 6 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer