Sukses


Starting XI Southampton yang Dahsyat jika Tak Hobi Jual Pemain, Ada Sadio Mane hingga Luke Shaw

Bola.com, Jakarta - Southampton terpuruk di posisi terbawah Liga Inggris 2022/2023. Meski memiliki dua laga sisa, hampir mustahil melepaskan diri dari jerat degradasi. 

Terakhir kali Southampton bersaing di kasta kedua Liga Inggris adalah pada musim 2011/2012. Padahal, -pelatih asal Spanyol Ruben Selles berusaha supaya Southampton yang ditanganinya ini tidak menyerah dan terlepas dari terdegradasi.

Namun, meski telah berjuang keras, Southampton akhirnya tetap jatuh ke kasta kedua musim depan. Padahal, klub ini merupakan pemasok pemain hebat di Premier League.

Mantan pemain Southampton banyak yang menjadi bintang di klub besar. 

Berikut starting XI pemain bintang yang berasal dari Southampton. Jika mereka tidak dijual bisa saja Southampton menjadi pengganggu posisi Big Six Liga Inggris.

 

2 dari 5 halaman

Kiper: Paulo Gazzaniga

Gazzaniga mungkin tidak mencapai ketenaran seperti pemain lain dalam daftar ini. Namun, setelah bersinar di Southampton, Gazzaniga bergabung dengan Tottenham pada musim panas 2017 tetapi hanya menjadi pilihan ketiga.

Kini, ia bermain di Girona, dengan status pinjaman dari Fulham. 

 

3 dari 5 halaman

Belakang

Bek kanan: Cedric Soares

Meski saat ini dipinjamkan Arsenal ke Fulham, Cedric pernah menjadi bintang di Premier League bersama Southampton. Dia bermain 119 pertandingan untuk Southamptom dan merupakan bagian dari beberapa tahun paling mengesankan tim tersebut.

Bek tengah: Dejan Lovren

Mauricio Pochettino mendatangkan Lovren ke Southampton dan tampil gemilang yang membuat Liverpool tertarik meminangnya setahun kemudian. Lovren meraih trofi Liga Champions dan Premier League saat berseragam Liverpool sebelum pindah ke Zenit St Petersburg.

Bek tengah: Virgil van Dijk

Pemain asal Belanda itu telah membuktikan diri sebagai salah satu bek tengah terbaik di era modern. Hanya 80 penampilan di Southampton, Liverpool menggaetnya dan Anda tahu sejumlah gelar yang didapatkannya di Anfield.

Bek kiri: Lukas Shaw

Dua musim penuh bersama Saints, Manchester United meyambar peluang memboyong Luke Shaw yang saat itu masih berusia 18 tahun. Shaw kini menjadi salah satu pemain MU yang menonjol tahun ini di bawah Erik Ten Hag meski sempat cedera patah kaki tahun 2015 lalu.

 

 

4 dari 5 halaman

Tengah

Gelandang tengah: Pierre-Emile Hojbjerg

Hojbjerg serupa pahlawan tanpa tanda jasa selama bermain di Southampton sebelum hengkang ke Tottenham Hotspur. Di Spurs, Hojbjerg masih menunjukan kualitas yang tinggi sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Premier League.

Gelandang tengah: Oriol Romeu

Pernah berseragam Chelsea dan Barcelona, Romeu kemudian mengabdi di Saints selama tujuh tahun. Dia sempat membantu Southampton berada di urutan keenam Premier League musim 2015/2016 dan kini bermain untuk klub di kota kelahirannya, Girona.

Gelandang tengah: Alex Oxlade-Chamberlain

Chamberlain adalah pemain lain dari Southampton yang akhirnya direkrut oleh Liverpool meski melewati Arsenal terlebih dahulu. Dia menikmati waktu bersama Southampton di League One musim 2010/2011 dan menarik perhatian Arsene Wenger.

 

 

5 dari 5 halaman

Depan

Sayap kanan: Theo Walcott

Walcott menghabiskan sebagian besar tahun-tahun Premier League bersama Arsenal dan berhasil mencetak 106 gol dalam rekornya selama 13 tahun. Tetapi, akademi Southampton yang menemukan bakatnya terlebih dahulu.

Striker: Dusan Tadic

Pemain lain yang mengalami banyak kesuksesan setelah pergi dari St Mary adalah superstar Ajax, Dusan Tadic. Penyihir Serbia ini terkenal karena kaki kirinya, setelah mencetak 117 gol dan 139 assist dalam 292 pertandingan untuk Ajax.

Sayap kiri: Sadio Mane

Bakat yang terbuang sia-sia di Bayern Munchen ini juga mantan pemain Southampton yang direkrut oleh Liverpool. Mane mencetak 111 gol dan 47 assist dalam 263 penampilannya di Premier League baik untuk Southampton dan Liverpool.

Sumber: Give Me Sports

Video Populer

Foto Populer