Sukses


Liga Inggris: Langgar Aturan FFP Era Abramovich, Chelsea Kena Sanksi

Bola.com, Jakarta Chelsea didenda 8,6 juta poundsterling dari UEFA sebagai akibat dari pelanggaran Financial Fair Play di bawah Roman Abramovich.

The Blues menyerahkan laporan keuangan yang tidak lengkap ke UEFA dari 2012-2019. Dari situ UEFA menemukan bukti pelanggaran finansial. Chelsea hanya dikenai denda. Gagal lolos ke kompetisi Eropa musim ini, mereka tidak akan menghadapi sanksi lebih lanjut.

"Sehubungan dengan Chelsea, CFCB First Chamber menyimpulkan bahwa klub tersebut melanggar peraturan UEFA Club Licensing dan Financial Fair Play sebagai akibat dari penyampaian informasi keuangan yang tidak lengkap," demikian pernyataan UEFA, Sabtu (29/7/2023).

“Menyusul penjualan klub pada Mei 2022, kepemilikan baru mengidentifikasi, dan secara proaktif melaporkan ke UEFA, contoh pelaporan keuangan yang berpotensi tidak lengkap di bawah kepemilikan klub sebelumnya. Hal-hal yang dilaporkan terkait dengan transaksi historis yang terjadi antara tahun 2012 dan 2019," lanjut UEFA.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Kooperatif

Chelsea pun secara kooperatif membantu penyeledikan tersebut.

"Chelsea telah sepenuhnya bekerja sama dan membantu UEFA dengan penyelidikannya atas masalah ini dan, setelah analisis oleh Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA, klub telah menandatangani perjanjian penyelesaian dengan UEFA," demikian pernyataan Chelsea.

"Kami ingin mencatat rasa terima kasih kami kepada UEFA atas pertimbangannya atas masalah ini. Chelsea sangat menghargai hubungannya dengan UEFA dan berharap untuk membangun hubungan itu di tahun-tahun mendatang."

3 dari 3 halaman

Pelanggaran FFP

UEFA memiliki undang-undang pembatasan selama tiga tahun terkait pelanggaran FFP, yang berarti bahwa Chelsea hanya dihukum karena aturan yang dilanggar di musim 2018/19.

Tapi itu tidak menghentikan UEFA menjatuhkan sanksi. Manchester United diberikan denda lebih dari £250.000 awal bulan ini karena juga melanggar FFP.

Juventus, sementara itu, diberikan denda yang lebih besar sebesar £17,1 juta menyusul skandal keuangan mereka musim lalu. Juve juga dikeluarkan dari Europa Conference League.

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer