Sukses


Stadion di Liga Inggris dengan Atmosfer Terfantastis hingga Terburuk: Anfield Juaranya, Kalau Old Traffod?

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris yang sangat dinantikan seluruh penikmat sepak bola di seluruh dunia segera bergulir lagi. Berdasarkan jadwal, kompetisi terakbar di negara Raja Charles III itu akan dimulai pada Sabtu (12/8/2023) dini hari WIB.

Seperti musim-musim sebelumnya, stadion setiap tim juga menjadi sorotan selain atribut lainnya macam jersey, sponsor, dan tentu saja pemain-pemain baru.

Ternyata, berdasarkan survei belum lama ini, beberapa tim terbesar belum tentu memiliki atmosfer terbaik di Liga Inggris.

Para penggemar memberikan pendapat mereka tentang stadion terbaik dan terburuk dalam hal atmosfer sebagai bagian dari Sky Bet Fan Hope Survey 2023.

Pendukung dari 20 klub dimintai pendapat tentang beberapa topik termasuk transfer, ekspektasi, dan harapan untuk musim yang baru.

Sebuah pertanyaan besar lalu muncul dan ini sering menjadi topik perdebatan besar yakni terkait stadion. Masing-masing penggemar sangat yakin kalau stadion tim kesayangannya memiliki atmosfer terbaik.

Tapi, faktanya, belum tentu seperti itu.

Lantas, stadion apa saja yang memiliki atmosfir terbaik dan terburuk di Liga Inggris menurut para suporter?

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Atmosfer Terburuk

Stadion Molineux menempati urutan teratas. Kenyataan ini tentu saja membuat para penggemar Wolves semakin frustrasi.

Kemudian, yang kedua adalah Vitality Stadium. Kandang Bournemouth ini merupakan stadion terkecil kedua di Liga Inggris. Tim yang baru dipromosikan ini menjadi satu-satunya kontestan dengan kapasitas lebih kecil.

Kenilworth Road di Luton Town terpilih sebagai atmosfer terburuk ketiga.

Stadion London, markas West Ham, juga juga dinobatkan sebagai kandang terburuk menurut para penggemar. Stadion yang pernah dipakai untuk Olimpiade Musim Panas 2012 itu hanya memperoleh 13% suara. Jarak antara lapangan dan suporter menimbulkan masalah.

 

 

3 dari 5 halaman

Atmosfer di Bawah Rata-rata

Bramall Lane adalah stadion dengan suara tertinggi untuk kategori ini menjelang bergulirnya musim 2023/2024. Markas Sheffield United ini masih jauh dari kata memuaskan untuk tim yang bermain di kasta tertinggi.

Namun, bagi The Blades, julukan bagi penggemar fanatik Sheffield United, stadion mereka adalah yang terbaik. Tapi, penggemar lain hanya memberi 3 persen untuk stadion tersebut.

Yang mengejutkan justru Stadion Tottenham Hotspur. Meski masuk daftar salah satu stadion terbesar di Inggris dengan kapasitas lebih dari 60 ribu penonton, stadion ini ternyata masih berada di bawah rata-rata atmosfer. Ini rasanya seperti tidak adil.

Craven Cottage (Fulham), Brentford Community Stadium (Brentford), dan Turf Moor (Burnley) semuanya dipilih sebagai atmosfer terbaik oleh 2% peserta, tetapi lebih banyak dilihat dari sudut pandang negatif.

Stamford Bridge, markas Chelsea, dipilih oleh 5% penggemar sebagai kandang terburuk, meskipun The Blues mengumpulkan banyak trofi dalam dua dekade terakhir.

Dibandingkan dengan rival terdekat mereka dalam hal posisi liga biasanya, Stamford Bridge dinobatkan sebagai atmosfer terburuk dari klub 'big six' atawa enam besar.

 

 

4 dari 5 halaman

Atmosfer Bagus

Emirates Stadium (Arsenal), Etihad Stadium (Manchester City) dan Villa Park (Aston Villa) ketiganya dipilih sebagai tempat terbaik dan terburuk.

Misalnya, 8% memilih Emirates sebagai stadion terbaik, sementara 8% juga memilih tempat yang sama sebagai yang terburuk. Persepsi ketiga nama stadion itu membuat penggemar terbelah.

Fans melihat City Ground (Nottingham Forest), Goodison Park (Everton) dan AMEX Stadium (Brighton) dalam nada yang sama dengan ketiga stadion yang disebutkan pertama yakni memiliki suara 2% mendukung atmosfer terbaik.

Sayangnya, 3% suara mengarah ke arah lain dengan alasan ini disebut sebagai yang terburuk oleh sebagian pendukung yang terlibat.

Goodison Park telah dikenal sebagai stadion yang memiliki penggemar fanatik di masa lalu karena para fans dengan penuh semangat mendukung tim mereka.

 

 

5 dari 5 halaman

Atmosfer Terbaik

Anfield terkenal menyuguhkan atmosfer brilian di dalam stadion, terutama saar pertandingan zona Eropa dan laga melawan rival bebuyutan.

Penggemar Liverpool akan menempatkan stadion mereka di bagian paling atas daftar ini. Menariknya, penggemar klub lain tampaknya setuju dengan Anfield berada di tempat pertama dengan 27% suara dan itu tentunya sangat besar.

St James 'Park (Newcastle United) terpilih sebagai atmosfer terbaik kedua setelah Anfield. Musim lalu, The Magpies tampil brilian di stadion ini.

Selama beberapa tahun sebelum pengambilalihan Newcastle, para penggemar sempat merasa kecewa dengan keadaan timnya. Namun, sejak musim lalu, semuanya berubah.

Bagaimana dengan Old Trafford? Markas Manchester United ini berada di posisi ketiga dengan memperoleh 10% suara.

Sumber: Give Me Sport

Video Populer

Foto Populer