Sukses


6 Lulusan Akademi MU yang Cuma Sekali Tampil Sejak 2010, Bagaimana Nasib Mereka Sekarang?

Bola.com, Jakarta - Akademi Manchester United merupakan salah satu yang paling terkenal di dunia dan memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan beberapa pemain terhebat, serta membantu menciptakan karier sepak bola profesional yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia.

Seperti halnya akademi mana pun, tidak semua pemain tadi bisa naik kelas ke Theatre of Dreams. Bisa tampil bersama Setan Merah saja sudah merupakan pencapaian tersendiri, banyak yang sudah lulus dari akademi, namun tidak bisa mendapatkan momen impian itu.

Karier panjang di Manchester United selalu menjadi impian, namun bagi enam pemain sejak 2010 ini, hanya satu penampilan saja yang mereka dapatkan.

Bagimana nasib mereka saat ini, berikut enam di antaranya yang wajib kalian tahu.

2 dari 7 halaman

Larnell Cole

Gelandang kelahiran dan besar di Manchester, Cole, adalah seorang anak sekolah di United dan mendapat peringkat tinggi di akademi, tampil mengesankan di berbagai level dan di FA Youth Cup.

Satu-satunya penampilannya untuk klub terjadi sebagai pemain pengganti di Piala Liga pada September 2011, menggantikan Federico Macheda dalam kemenangan atas Leeds United.

Dia pindah ke Fulham pada tahun 2014, tetapi menghabiskan sebagian besar waktunya dengan status pinjaman dan menikmati sebagian besar kariEr non-liga sejak 2019. Cole, sekarang berusia 30 tahun, saat ini bermain untuk Warrington Town.

 

3 dari 7 halaman

Robbie Brady

Brady menandatangani kontrak dengan MU tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-16 setelah tampil mengesankan di Irlandia untuk St. Kevin’s Boys. Satu-satunya penampilannya untuk Setan Merah terjadi pada menit ke-86 pertandingan Piala Liga melawan Newcastle pada September 2012, menggantikan Alex Buttner.

Selanjutnya ia pindah ke Hull – bergabung kembali dengan klub dengan status pinjaman lainnya – dan mempermanenkannya pada Januari 2013. Sejak itu, ia menikmati karier yang cemerlang di level Championship dan bermain sebanyak 60 kali untuk Republik Irlandia.

Pemain sayap berusia 32 tahun itu telah bersama Preston sejak 2022.

 

4 dari 7 halaman

Tom Lawrence

Bergabung dengan MU pada usia delapan tahun, Lawrence sangat diharapkan di United setelah awal yang baik di level pemuda.

Secara konsisten berusaha melampaui berat badannya di masa remajanya, sang gelandang mengalami kesulitan ketika ditugaskan untuk menjadi pemain cadangan dan akhirnya dipinjamkan.

Satu-satunya penampilannya di United terjadi di bawah pelatih sementara Ryan Gigs pada Mei 2014, dimulai saat melawan Hull setelah pemecatan David Moyes.

Lawrence juga menikmati karier yang kuat di EFL, terutama lima tahun di Derby, tetapi sekarang berada di Rangers dan telah bermain sebanyak 23 kali untuk Wales.

5 dari 7 halaman

Saidy Janko

Sebagai bek kanan, Janko bergabung dengan United pada tahun 2013 dari FC Zurich dan dinobatkan sebagai Pemain Cadangan Terbaik Tahun Ini di musim pertamanya.

Sayangnya debutnya di United datang dari awal saat mereka menang 4-0 saat bertandang ke MK Dons di bawah asuhan Louis van Gaal pada tahun 2014, di mana ia terpancing di babak pertama. Janko pergi secara permanen pada tahun 2015 dan sejak itu bermain di seluruh Eropa.

Kini berusia 28 tahun, dia bermain enam kali untuk Gambia setelah berpindah kewarganegaraan dan kembali ke Young Boys secara permanen musim panas lalu, setelah menjalani masa pinjaman di awal karirnya.

 

6 dari 7 halaman

Reece James

Tidak, bukan yang itu. Meski lucunya, James juga seorang bek sayap. Dia juga membuat satu-satunya penampilan untuk klub dalam kekalahan terkenal dari MK Dons dan pergi pada musim panas berikutnya untuk bergabung dengan Wigan.

Pemain berusia 30 tahun itu saat ini bermain untuk Sheffield Wednesday setelah dipinjamkan secara permanen musim panas lalu.

 

7 dari 7 halaman

Tom Thorpe

Kapten tim U-21 United yang menjuarai liga pada 2012-13 dan tim pemenang FA Youth Cup 2011, ada ekspektasi bahwa Thorpe akan memanfaatkan krisis cedera pertahanan di bawah asuhan Van Gaal pada awal musim 2014-15.

Satu-satunya penampilannya di United adalah sebagai pemain pengganti Angel Di Maria di Liga Premier saat menjamu West Ham, dan dia dibebaskan pada musim panas berikutnya.

Thorpe berkeliaran di EFL setelah dibebaskan dan tampaknya membangun karier yang stabil, tetapi meninggalkan Inggris ke India pada tahun 2017 ketika dia menandatangani kontrak dengan ATK.

Setelah tugas singkat itu, ia mengambil jeda karir selama lima tahun dari sepak bola karena cedera dan masalah kesehatan mental, tetapi kembali bermain tahun lalu bersama tim Divisi Satu Liga Utama Utara Macclesfield.

Pemain berusia 31 tahun itu masih bermain setelah istirahat, bermain untuk tim divisi delapan Stalybridge Celtic.

Sumber: Planetfootball

Video Populer

Foto Populer