Sukses


Kai Havertz di Mata Mikel Arteta: Awalnya Tak Meyakinkan di Arsenal, Sekarang Semakin Cinta

Bola.com, London - Arsenal masih berpeluang memenangkan Liga Inggris 2023/2024. Berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan tabungan 61 poin atau hanya berjarak dua angka dari Liverpool.

Satu dari sekian banyak pemain yang layak mendapat sanjungan setinggi rembulan adalah Kai Havertz.

Gelandang 24 tahun itu, merupakan amunisi spesial bagi pelatih Mikel Arteta. Arteta bahkan menyatakan bahwa sukses Arsenal dalam beberapa laga terakhir tak lepas dari kontribusi besar Havertz.

Havertz mencetak gol dan menciptakan peluang dalam kemenangan yang disebutkan di atas, yang berarti dia kini telah mencetak gol dan memberikan assist dalam dua pertandingan terakhirnya di Liga Inggris untuk Arsenal.

Havertz juga menjadi pemain pertama The Gunners yang melakukannya dalam pertandingan berturut-turut di kompetisi tersebut sejak Henrikh Mkhitaryan pada bulan Februari 2019.

 

2 dari 5 halaman

Momentum di Chelsea

 

Pemain asli Aachen ini menyelesaikan transfer senilai £60 juta dari Chelsea namun hingga saat ini ia kesulitan untuk mendapatkan tempat sebagai starter secara reguler.

Selama tiga tahun di Stamford Bridge, pemain Jerman serbabisa ini bermain di bawah empat pelatih berbeda di beberapa posisi berbeda (terutama peran false nine), yang memberinya torehan 32 gol dan 15 assist dalam 139 penampilan.

Momen paling berkesan bagi Havertz tentu saja datang di final Liga Champions 2021 ketika ia mencetak gol kemenangan melawan Manchester City sebelum melakukan hal serupa di final Piala Dunia Antarklub, menjadikannya pemain pertama yang mencapai prestasi tersebut sejak Lionel Messi satu dekade sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Awal di Arsenal

Sejak berpindah ke Arsenal, dia tampil di semua 12 pertandingan pembuka di liga dan kemudian mencetak satu gol.

Dia kemudian menambah tiga gol lagi dalam lima pertandingan berikutnya bagi The Gunners sebelum menjalani tujuh pertandingan tanpa gol (sambil absen dalam kekalahan 2-0 melawan West Ham karena skorsing).

Namun, baru-baru ini, ia mencatatkan tiga penampilan mencetak gol berturut-turut, sesuatu yang pernah ia lakukan sebelumnya di divisi teratas Inggris.

Memang benar, tidak ada keraguan bahwa kepercayaan diri Havertz sedang tinggi, dan dua metrik menggambarkan hal itu dengan sempurna.

Antara hari pertandingan pertama hingga hari ke-13, tingkat konversi tembakannya (termasuk blok) dan konversi (mis. penalti) masing-masing adalah 14,29 dan 11,11%.

Dari pertandingan ke-14 hingga sekarang, tingkat konversi tembakan Havertz (termasuk blok) dan konversi (misalnya penalti) masing-masing mencapai 22,73 dan 27,78%.

4 dari 5 halaman

Pujian dari Arteta

Setelah menyelesaikan 90 menit penuh dalam 10 kesempatan (dari 19 penampilan sebagai starter), mantan pemain Bayer Leverkusen itu tidak memiliki posisi tetap, sesuatu yang dipuji oleh Arteta.

“Saya mencintainya. Saya pikir kami semua mencintainya sebagai seorang pemain, sebagai pribadi, semua yang dia bawa ke tim," puji Arteta.

Ada dua atau tiga momen di hari lain [melawan West Ham] dengan 4, 5, 6-0, bagaimana dia memantau pemain, bagaimana dia bertahan di kotak penalti, bagaimana dia menyerang kotak penalti, dan posisinya yang selalu menjadi ancaman di dalam kotak penalti lawan dan itulah yang sangat disukai Arteta.

"Anda memintanya untuk bermain sebagai pemain nomor 9, sebagai gelandang serang kanan, sebagai gelandang serang kiri, sebagai pemain bertahan, dan dia melakukannya. Dia menyenangkan untuk diajak bekerja sama," kata Arteta.

5 dari 5 halaman

Sesuai Strategi

Tidak ada yang lebih menonjolkan pemain berusia 24 tahun itu sebagai pemain tim selain ketika Arteta menggunakannya sebagai penyerang tengah Arsenal melawan Liverpool (3-1) dan Newcastle United (4-1), dua tim dengan tekanan terkuat di liga.

Dalam pertandingan tersebut, Rice dan Jorginho memberi Arsenal kontrol lebih besar dari sisi pertahanan dan menambah perlindungan untuk empat bek.

Tapi dia juga melihat Havertz sebagai out-ball yang sempurna, memberikan permainan tinggi dan bertahan yang kuat yang memungkinkan kiper dan pemain bertahannya mengoper bola jauh dengan percaya diri, mengabaikan tekanan lawan.

Sumber: Squawka

Video Populer

Foto Populer