Sukses


6 Duel Liverpool Vs Arsenal yang Seru, Krusial, dan Sengit: Bukan Pertandingan Biasa

Bola.com, Jakarta - Selain Manchester City, Liverpool dan Arsenal juga punya kans kuat menjuarai Liga Inggris 2023/2024.

Mengepak 63 poin, Liverpool masih menguasai puncak klasemen sementara Liga Inggris musim ini. Arsenal mengintai penuh semangat di posisi ketiga dengan tabungan 61 poin.

Adapun Manchester City berada di tengah-tengah keduanya, di posisi kedua, dengan 62 poin.

Dalam sejarah kasta tertinggi Inggris, Liverpool dan Arsenal merupakan salah satu persaingan terbesar. Sejak Premier League atau Liga Inggris digulirkan pertama kali pada 1992, laga kedua tim telah menghasilkan 182 gol dan itu terbanyak dari semua pertandingan tim-tim lain.

Menariknya, meski bukan derby, namun laga big match Liverpool kontra Arsenal selalu dinanti. Ini menyangkut nama besar serta rivalitas di pentas teratas.

Oleh karena itulah semua orang yang terlibat di dalamnya seperti staf, pemain, dan yang paling penting para penggemar, memahami pentingnya pertandingan tersebut.

Menarik untuk menanti apakah The Reds atau The Gunners yang akan menyabet gelar musim ini. Jangan-jangan malah Manchester City yang justru mampu mempertahankan gelar. Semua masih misteri.

Sembari menanti akhir drama di akhir musim, ada baiknya kita kilas balik sejumlah bentrokan terbaik Liverpool vs Arsenal di musim-musim sebelumnya, seperti dilansir Give Me Sports. 

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Liverpool 4-0 Arsenal (6 Mei 1998)

Memasuki laga-laga terakhir Liga Inggris 1997/1998, Arsenal berada dalam jarak yang sangat dekat dengan gelar Premier League.

Sebelum pertandingan di Anfield ini, mereka unggul tiga poin atas peringkat kedua Manchester United, sementara Liverpool duduk di urutan ketiga.

Namun, pada kesempatan ini, Liverpool meraih kemenangan, mencetak tiga gol dalam 12 menit di babak pertama.

Kenyataannya, tidak banyak drama yang terjadi. Namun, hasil ini memberikan tekanan besar pada pundak Arsenal selama sisa musim tersebut.

Mereka masih merengkuh gelar, mengalahkan Newcastle dan Blackburn beberapa pekan setelahnya. Namun pertandingan di Anfield sempat menimbulkan kekhawatiran bagi tim London Utara tersebut.

 

 

3 dari 7 halaman

Liverpool 3-3 Arsenal (13 Januari 2016)

Momen 2016 adalah tahun kejutan di Liga Inggris, ketika Leicester mengalahkan peluang 5000/1 untuk merengkuh gelar.

Namun, skenarionya bisa saja sangat berbeda. Menjelang pertandingan di Anfield ini, Arsenal berada di puncak klasemen, unggul dua poin atas The Foxes.

Mereka menyadari membutuhkan kemenangan untuk menjaga kans meraih gelar dan harus melawan tim Liverpool. Namun upaya mereka digagalkan pada menit ke-90 oleh gol menit-menit akhir dari Joe Allan.

Ini mengejutkan Arsene Wenger, mengetahui betapa pentingnya gol itu. Kekhawatiran itu terbukti benar. The Gunners memudar di paruh kedua musim ini, finis kedua di belakang Leicester.

 

4 dari 7 halaman

Arsenal 1-1 Liverpool (17 April 2011)

Menjelang pertandingan di Stadion Emirates ini, Arsenal tertinggal enam poin dari pemimpin liga Manchester United dengan enam pertandingan tersisa. Liverpool berada di urutan keenam tanpa sepak bola Liga Champions.

The Gunners masih berpegang teguh pada harapan meraih gelar juara, dan kemenangan melawan Liverpool diperlukan untuk menjaga impian tetap hidup.

Menyusul cederanya Jamie Carragher, Robin van Persie secara ajaib mencetak gol penalti pada menit ke-98 untuk memenangi pertandingan bagi Arsenal dengan cara yang menakjubkan.

Namun, Emmanuel Eboue melakukan pelanggaran terhadap Lucas Leiva di area penalti saat menjauh dari gawang. Dirk Kuyt mengeksekusi penalti yang dihasilkan untuk membuat Arsenal putus asa sekali lagi, namun mengakhiri impian gelar Arsenal.

 

 

5 dari 7 halaman

Liverpool 2-2 Arsenal (9 April 2023)

Memasuki akhir musim 2022/2023, Liverpool tersingkir dari perburuan gelar dan berdoa untuk mendapatkan tempat di Liga Champions. Di sisi lain, Arsenal semakin dekat dengan gelar pertama sejak 2004.

The Gunners unggul lima poin atas Man City menuju ke pertandingan di Anfield, mengetahui hanya ada delapan pertandingan tersisa setelah waktu penuh. Dua gol di babak pertama membuat tim tamu berada di alam mimpi, namun The Reds mampu bangkit melalui Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Tidak ada tim yang berhasil memenangi pertandingan setelah penyelamatan ajaib dari Aaron Ramsdale, namun hal itu merusak mental Arsenal, akhirnya terpuruk ke posisi kedua.

 

 

6 dari 7 halaman

Liverpool 3-0 Arsenal: 28 Agustus 1994

Banyak pertandingan lain masuk daftar ini karena signifikansi dan pengaruhnya terhadap klasemen,l aga pada 1994 ini berbeda.

Pada awal musim, Arsenal duduk di papan tengah klasemen, sementara Liverpool berada di puncak setelah memenangi dua pertandingan pertama. Namun apa yang terjadi di Anfield tercatat dalam buku sejarah.

Robbie Fowler mencetak hat-trick dalam waktu 4 menit 35 detik. Ia menjadi pencetak hat-trick tercepat di Liga Utama.

Sungguh luar biasa bagi pemain berusia 19 tahun saat itu, melakukan selebrasi di depan tribune The Kop. Liverpool kemudian menyelesaikan musim 42 pertandingan di urutan keempat, gagal meniru performa pada awal musim.

 

7 dari 7 halaman

Liverpool 5-1 Arsenal (29 Desember 2018)

Musim 2018/2019 menjadi puncak keperkasaan Jurgen Klopp di Anfield. Kadang-kadang mereka tampak hampir tak terhentikan.

Menjelang pertandingan melawan Arsenal, hanya tiga hari setelah Hari Natal, The Reds tidak terkalahkan dan unggul enam poin di puncak klasemen.

Mereka memerlukan kemenangan dan mewujudkannya dengan baik.

Hat-trick dari Firmino membantu Liverpool bangkit dari ketertinggalan 0-1 untuk menang 5-1. Ini adalah pertama kalinya The Reds mencetak empat gol atau lebih dalam pertandingan liga kandang berturut-turut melawan The Gunners sejak 26 Agustus 1922.

Mereka melanjutkan kehilangan gelar dengan selisih satu poin dari Man City yang luar biasa.

Sumber: Give Me Sports

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer