Sukses


Lika-Liku Chelsea dan MU Berebut Tiket Eropa, Berjuang Sampai Garis Finis Premier League

Bola.com, Jakarta Menjelang hari terakhir Premier League, Chelsea dan Manchester United sama-sama berjuang untuk mengamankan tempat di kompetisi Eropa musim 2024-25.

Kedua tim memiliki satu pertandingan tersisa dengan harapan bisa lolos ke Europa League atau Europa Conference League. Pada pertandingan terakhir mereka, tim asuhan Mauricio Pochettino berhasil mengalahkan Brighton dengan skor 2-1.

Sementara itu, Manchester United mencatat kemenangan dramatis 3-2 atas Newcastle. Hasil ini membuat Chelsea berada di posisi keenam dan Manchester United di posisi kedelapan klasemen sementara Premier League.

Chelsea akan menjamu AFC Bournemouth di Stamford Bridge pada pertandingan terakhir. Di sisi lain, pasukan Erik ten Hag akan bertandang ke markas Brighton untuk menghadapi tantangan pemungkas musim ini.

Empat tempat di Liga Champions sudah dipastikan oleh Manchester City, Arsenal, Liverpool, dan Aston Villa. Keempat tim ini tidak lagi dapat dikejar, sehingga persaingan kini berfokus pada siapa yang akan mendapatkan tiket ke Liga Europa dan Europa Conference League.

Peringkat kelima di klasemen kemungkinan besar akan ditempati oleh Tottenham Hotspur, yang berarti mereka akan lolos ke Europa League. Namun, posisi keenam dan ketujuh masih menjadi rebutan, dengan implikasi berbeda tergantung pada hasil final Piala FA.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Jalan Terjal MU

Manchester United akan menghadapi Manchester City di final Piala FA akhir bulan ini. Jika MU memenangkan Piala FA, mereka otomatis lolos ke Europa League, berapapun posisi mereka di liga.

Jika MU finis di urutan keenam dan juga memenangkan Piala FA, tim yang finis di posisi ketujuh akan lolos ke Europa Conference League.Sebaliknya, jika MU finis di bawah posisi keenam dan memenangkan Piala FA, tim yang finis di urutan ketujuh tidak akan mendapatkan tempat di Eropa, sementara posisi keenam akan lolos ke Europa Conference League.

Jika City memenangkan Piala FA, posisi keenam akan mendapatkan tiket ke Liga Europa dan posisi ketujuh akan ke Europa Conference League.

3 dari 5 halaman

Chelsea Mengintip

Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino, diperkirakan bisa kehilangan pekerjaannya jika timnya gagal lolos ke kompetisi Eropa.

Kemenangan atas Brighton membuka peluang bagi Chelsea untuk finis di posisi kelima, namun mereka membutuhkan Tottenham kalah melawan Sheffield United dan juga harus menang melawan Bournemouth.

Finis di peringkat enam lebih realistis bagi Chelsea, yang dapat berarti tiket ke Liga Europa atau Liga Europa Conference League, tergantung hasil final Piala FA. Chelsea hanya membutuhkan satu poin melawan Bournemouth untuk memastikan diri finis di posisi enam.

Namun, jika mereka kalah dan Newcastle mengalahkan Brentford, Chelsea bisa turun ke posisi ketujuh dan berpotensi kehilangan tempat di Eropa, terutama jika Manchester United memenangkan Piala FA.

4 dari 5 halaman

Kans MU

Di sisi lain, Manchester United masih memiliki peluang untuk finis di posisi keenam jika mereka mengalahkan Brighton dan Chelsea serta Newcastle kalah di pertandingan terakhir.

Namun, skenario ini cukup sulit mengingat selisih gol yang besar. Jika MU memenangkan Piala FA, mereka otomatis akan lolos ke Europa League tanpa memperhatikan posisi akhir mereka di liga.

Jika kalah di final Piala FA, MU harus finis di posisi keenam untuk mengamankan tempat di Europa League, sementara posisi ketujuh hanya akan memberi mereka tiket ke Europa Conference League.

Hari terakhir Premier League ini akan menjadi sangat krusial bagi Chelsea dan Manchester United. Kedua tim harus menunjukkan performa terbaik mereka untuk memastikan tempat di kompetisi Eropa dan menghindari kekecewaan besar di akhir musim. (Arraafi Adna Yudistira)

Sumber: Metro

5 dari 5 halaman

Persaingan Musim Ini

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer