Sukses


3 Bintang Besar Asia di Premier League: Kapan Giliran Elkan Baggott?

Bola.com, Jakarta - Premier League 2023/2024 berakhir sudah. Manchester City, untuk keempat kalinya secara beruntun, kembali menjadi yang terbaik musim sini.

Tim asuhan Pep Guardiola memastikan gelar juara usai mengalahkan West Ham United 3-1 pada pekan ke-38, Minggu (19/5). The Citizens mengantongi 91 poin, terpaut dua angka dari pesaing terberatnya, Arsenal, di posisi kedua.

Musim ini tak hanya menjadi milik Manchester City, tapi juga panggung bagi sederet pemain Asia. Tak hanya musim ini, sejak Premier League diluncurkan pertama kali pada 1992 kompetisi tertinggi Inggris sudah dihiasi pemain asal Asia.

Kehadiran pemain Asia terus berlanjut sampai saat ini dan performa serta skill mereka tak kalah bersaing dengan pemain Eropa, Afrika, dan dari benua lainnya.

Musim 2024/2025, tak menutup kemungkinan pemain asal Asia masih akan terus bertambah banyak di Premier League.

Elkan Baggott, pemain asal Indonesia yang memperkuat Ipswich Town sempat dikabarkan akan unjuk aksi pula di Premier League musim depan seiring dengan promosinya The Tractor Boys ke kasta tertinggi.

Hanya saja urung, karena peringkat Indonesia di FIFA saat ini berada di posisi ke-134. Soalnya, berdasarkan syarat serta regulasi, seorang pemain bisa tampil di Premier League kudu berasal dari negara dengan ranking FIFA minimal 70 besar dalam dua tahun terakhir.

Santer pula diwartakan, Ipswich Town akan melepas bek jangkung 21 tahun itu dan kabarnya Elkan Baggott akan merapat ke klub milik Ketum PSSI, Erick Thohir, Oxford United, kasta kedua Liga Inggris.

Lantas, siapa saja bintang Asia yang ikut meramaikan dan menyemarakkan Premier League musim ini musim selanjutnya? Berikut tiga di antaranya, seperti dilansir Khelnow:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Son Heung-min (Korea Selatan/Tottenham Hotspur)

Sejak tiba di Tottenham Hotspur pada 2015 dari Bayer Leverkusen, Son Heung-min tidak pernah bisa melihat ke belakang.

Penyerang Korea Selatan ini telah mengumpulkan gol dan assist bersama pemain internasional Inggris Harry Kane di lini depan hingga musim panas 2023.

Selalu berdedikasi untuk meningkatkan keahliannya, Son menjadi pemain Asia pertama yang mencetak 100 gol di Premier League dan di kampung halamannya ia dihormati sebagai seorang pahlawan.

Tak heran jika rentetan performa luar biasa di level atas telah membantunya meraih gelar Pesepakbola Terbaik Asia sebanyak sembilan kali dalam 10 tahun terakhir.

3 dari 5 halaman

Wataru Endo (Jepang/Liverpool)

Ketika Liverpool berada dalam kesulitan menyelesaikan krisis lini tengah mereka pada musim panas 2023, tidak banyak yang menyangka mereka akan merekrut gelandang Jepang berusia 31 tahun yang baru saja memainkan peran penting dalam VfB Stuttgart menghindari degradasi dari Bundesliga.

Dia berperan penting dalam kemenangan final Piala EFL 2023-24 Liverpool melawan Chelsea. Bagi Jurgen Klopp, Endo adalah individu pekerja keras yang membaca permainan dengan sangat baik dan memberikan segalanya untuk tim.

“Dia mungkin berusia 31 tahun di paspornya, tapi sebenarnya tidak,” canda Klopp dalam sebuah wawancara.

Penggemar Liverpool berharap mereka belum melihat yang terbaik dari Endo dengan seragam merah.

4 dari 5 halaman

Takehiro Tomiyasu (Jepang/Arsenal)

Saat Arsenal sedang bernegosiasi untuk Takehiro Tomiyasu, manajer Mikel Arteta tidak sempat bertemu langsung dengannya.

Namun, dengan harga di bawah 30 juta euro pada 2021, bek asal Jepang ini merupakan pembelian yang cerdas untuk The Gunners.

Dengan pengalaman singkat di Liga J1 dan Divisi Pertama Belgia A, bek serba bisa ini merasakan kehebatan Serie A bersama Bologna, dengan cepat memantapkan dirinya dan menarik perhatian media dan suporter.

Di Arsenal, menit bermain Tomiyasu tinggal menghitung hari, tetapi ia selalu tampil mengesankan di tengah terbatasnya peluang yang didapatnya. Pada musim 2023-24, Tomiyasu telah menyumbang 12 clean-sheet dalam 21 penampilan di Premier League.

Sumber: Khelnow

5 dari 5 halaman

Akhir Persaingan di Premier League

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer