Sukses

Muhammad Adiyaksa

Muhammad Adiyaksa

Park Hang-seo dan Shin Tae-yong. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi/Bayu Purnama).
Indonesia

Saingi Shin Tae-yong, Park Hang-seo Disebut Pantas Jadi Pelatih Baru Timnas Korea Selatan

Rumor pelatih baru Timnas Korea Selatan memanas. Setelah Shin Tae-yong muncul ke permukaan, kini nama Park Hang-seo turut mencuat.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) bersama Presiden Jokowi (tengah), dan Erick Thohir. (Instagram Erick Thohir).
Indonesia

PSSI soal Fasilitas Shin Tae-yong Sekelas Pejabat Negara: Wajar Saja

PSSI buka suara soal kabar fasilitas sekelas pejabat negara yang didapatkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) bersama Presiden Jokowi (tengah), dan Erick Thohir. (Instagram Erick Thohir).
Indonesia

Ditanya Jokowi, Erick Thohir Sebut PSSI Butuh Pendanaan dan Membandingkan dengan Jepang, Vietnam, hingga Thailand: Kami Tidak Mau Cengeng

Ketua PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan bahwa Presiden RI, Jokowi, sempat bertanya kebutuhan pihaknya.
Bek Crystal Palace, Jairo Riedewald, tampak kecewa usai kebobolan gol ketiga melawan Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-15 di Villa park, Birmingham, Sabtu (26/12/2020). Crystal Palace kalah 0-3 dari Aston Villa. (AFP/Rui Vieira/Pool)
Indonesia

Ulasan Lini Pertahanan Timnas Indonesia Jika Jairo Riedewald Bergabung: Jimat Keberuntungan Crystal Palace di Liga Inggris

Satu nama 'asing' kembali didengungkan dan dikaitkan dengan Timnas Indonesia. Dia adalah Jairo Riedewald, bek serbabisa Crystal Palace, yang disebut-sebut tertarik berpindah kewarganegaraan dan membela Skuad Garuda.
Timnas Indonesia - Sandy Walsh dan Shayne Pattynama (Bola.com/Decika Fatmawaty)
Indonesia

Jadwal Selanjutnya Duo Timnas Indonesia, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh di Kasta Tertinggi Liga Belgia

Dua pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh terus berjuang di ajang Belgian Pro League 2023/2024 bersama tim masing-masing.
Bek Crystal Palace, Jairo Riedewald, tampak kecewa usai kebobolan gol ketiga melawan Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-15 di Villa park, Birmingham, Sabtu (26/12/2020). Crystal Palace kalah 0-3 dari Aston Villa. (AFP/Rui Vieira/Pool)
Indonesia

Pemain Crystal Palace yang Mentas di Liga Inggris, Jairo Riedewlad Tertarik Main untuk Timnas Indonesia

Jairo Riedewald menyatakan keinginan untuk bisa membela Timnas Indonesia. Saat ini, Jairo Riedewald tercatat sebagai pemain klub Premier League yakni Crystal Palace.
Ilustrasi - Jay Idzes, Elkan Baggott, Otavio Dutra (Bola.com/Adreanus Titus)
Indonesia

Elkan Baggott dan Deretan Pemain Indonesia Bertinggi Hampir 2 Meter: Postur Menjulang Bak Menara

Berikut ini pemain-pemain Indonesia yang memiliki postur tubuh tinggi.
Piala Asia U-23 - Logo Federasi Vietnam, Indonesia, Malaysia, Thailand (Bola.com/Adreanus Titus)
Indonesia

Jejak Empat Negara ASEAN di Piala Asia U-23: Malaysia dan Vietnam Punya Rekor Keren, Bagaimana dengan Timnas Indonesia?

Bagi Timnas Indonesia U-23, ini adalah kali pertama bagi mereka lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024. Lantas, bagaimana dengan negara ASEAN lainnya?
Ketua PSSI, Erick Thohir, bersama pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/Dok.Instagram Erick Thohir).
Indonesia

Suporter Desak Kontrak Shin Tae-yong Diperpanjang, Erick Thohir: Loloskan Timnas Indonesia U-23 Ke-8 Besar Piala Asia U-23 2024

Suporter terus mendesak PSSI untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia setelah pencapaian membanggakan di Piala Asia 2023 Qatar.
Gelandang Timnas Irak, Zidane Iqbal (kiri) mengontrol bola untuk melewati gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (AFP/Karim Jaafar)
Indonesia

Trio Jebolan SAD Uruguay Dukung Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Amunisi Lokal Jangan Takut Bersaing!

Para pemain jebolan program Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Indonesia memberikan dukungan penuh untuk pemain-pemain naturalisasi yang kini telah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia.
Selebrasi pemain Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (kanan) usai menjebol gawan Indonesia dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 yang berlangsung di My Dinh Stadium, Hanoi, Senin (9/1/2023). Nguyen Tien Linh memborong dua gol kemenangan bagi Vietnam. (AP Photo/Nguyen Manh Quan)
Indonesia

Piala Asia 2023: Striker Vietnam Tak Sebut Timnas Indonesia Sebagai Pesaing, Meremehkan?

Nguyen Tien Linh akan menjadi andalan lini depan Timnas Vietnam saat berlaga di Piala Asia 2023.
Brylian Aldama berseragam PSCS Cilacap di Pegadaian Liga 2 2023/2024. (Bola.com/Gatot Sumitro)
Indonesia

Kisah Karier Brylian Aldama seperti Yoyo: Wonderkid yang Menguncup Bak Sekar nan Layu sebelum Mekar

Brylian Aldama pernah menjadi wonderkid yang digadang-gadang jadi masa depan Timnas Indonesia. Ia bahkan pernah digembleng di Inggris bersama Garuda Select. Namun, kini ia merumput bersama PSCS Cilacap di Liga 2.
Renan Silva masih butuh waktu untuk membawa Persik tampil lebih baik lagi di Liga 1 nanti. (Bola.com/Gatot Susetyo)
Liga 1

Renan Silva Bongkar Resep 2 Kali Beruntun Jadi Bintang Lapangan di Laga BRI Liga 1 2023/2024

Renan Silva Bongkar Resep 2 Kali Beruntun Jadi Bintang Lapangan di Laga BRI Liga 1 2023/2024
Timnas Indonesia - Kiper Timnas Indonesia: Syahrul Trisna, Erando Ari, Muhammad Riyandi (Bola.com/Salsa Dwi Novita)
Indonesia

Melihat Komposisi Kiper Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023: Siapa yang Paling Meyakinkan di Bawah Mistar Gawang?

Ernando Ari, Syahrul Trisna, dan Muhammad Riyandi akan menjadi tumpuan di bawah mistar Timnas Indonesia selama di Piala Asia 2023.
Park Hang-seo dan Shin Tae-yong. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi/Bayu Purnama).
Indonesia

PSSI Sanggah Rumor Park Hang-seo Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Beredar isu tidak berdasar yang mengungkapkan PSSI tengah mendekati Park Hang-seo untuk menjadi nakhoda Timnas Indonesia selanjutnya.
Justin Hubner menjadi satu di antara sejumlah pemain yang kabarnya bersedia di naturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia U-20. (Instagram/@justinhubner5)
Indonesia

Kelas! Justin Hubner Cetak Gol ke-4 untuk Wolverhampton di Premier League 2 Jelang Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Justin Hubner telah mencetak empat gol di Premier League 2.
Pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide. (Bola.com/Gatot Sumitro)
Liga 1

BRI Liga 1: Pelatih Persik Ingin Jadikan Laga Kontra PSM Kado Indah Penutup 2023

Persik Kediri akan menjamu PSM Makassar pada pekan ke-23 BRI Liga 1 2023/2024 dengan mengusung misi khusus.
Gelandang Persik Kediri, Arthur Irawan. (Bola.com/Gatot Sumitro)
Liga 1

3 Faktor Pendukung Persik Bisa Melejit di BRI Liga 1: Peran Sentral King Arthur, Sang Pawang Macan Putih

Berikut ini, Bola.com sajikan ulasan tiga faktor pendukung yang bisa membuat Persik Kediri melejit di BRI Liga 1 musim ini.
Timnas Indonesia - Justin Hubner (Bola.com/Salsa Dwi Novita)
Indonesia

FIFA Setujui Perpindahan Federasi Justin Hubner dari KNVB ke PSSI, Sah Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Ketua PSSI, Erick Thohir, mengabarkan FIFA telah mengesahkan perpindahan asosiasi Justin Hubner dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI.
Pemain Persik Kediri, Arthur Daniel Irawan, saat pertandingan pekan keempat BRI Liga 1 2023/2024 melawan Dewa United yang berlangsung di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Jumat (21/7/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)
Liga 1

Pengakuan Arthur Irawan yang Sering Dituduh Selalu Memaksa Ingin Main: Saya Respek pada Pelatih dan Tak Pernah Minta

Sosok Arthur Irawan selalu menarik untuk dikupas. Terutama pemberitaan miring dirinya selama empat tahun lalu, saat Arthur Irawan masih bermain di PSS.
Timnas Indonesia - Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia: Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, dan Ragnar Oratmangoen (Bola.com/Adreanus Titus)
Indonesia

PSSI Tunggu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Ambil Sumpah Jadi WNI, Justin Hubner Menunggu Perpindahan Federasi

Anggota Komite Eksekutif (EXCO) PSSI, Arya Sinulingga, berharap Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On segera ke Indonesia untuk mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).
Ilustrasi - Justin Hubner (Bola.com/Adreanus Titus)
Indonesia

Justin Hubner dalam Angka: Pemain Naturalisasi Keenam Era Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Justin Hubner menambah kekuatan Timnas Indonesia setelah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak Rabu (6/12/2023).
Justin Hubner menjadi satu di antara sejumlah pemain yang kabarnya bersedia di naturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia U-20. (Instagram/@justinhubner5)
Inggris

Gagal Debut di Liga Inggris Bareng Wolves, Justin Hubner Dapat Wejangan Penting

Justin Hubner hampir melakoni debut di Premier League pada 2 Desember 2023 setelah dibawa ke Emirates Stadium saat menghadapi Arsenal.
Indonesia

Foto: Justin Hubner dan Sederet Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong

Pemain naturalisasi Indonesia, Justin Hubner mencium bendera merah putih setelah pengambilan sumpah WNI yang berlangsung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham), Jakarta Timur, Rabu (06/12/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
6
Justin Hubner akhirnya resmi menjadi warga negara Indonesia setelah mengambil sumpah sebagai WNI yang berlangsung di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta pada Rabu (06/12/2923). Justin Hubner akan membuat lini belakang Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong semakin solid. Pemain Wolves tersebut merupakan pemain ketujuh yang telah dinaturalisasi untuk kepentingan Timnas Indonesia. Siapa sajakah deretan pemain yang sudah melakukan proses naturalisasi di era STY ini?
Momen Justin Hubner resmi menyandang status WNI setelah diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023) pagi WIB. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)
Indonesia

Ambisi Justin Hubner Bawa Timnas Indonesia Melaju ke 16 Besar Piala Asia 2023, Singgung Jepang dan Vietnam

Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia dan akan membela Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2023 di Qatar.
Momen Justin Hubner resmi menyandang status WNI setelah diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023) pagi WIB. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)
Indonesia

Gagah! Datang Pakai Kaca Mata Hitam, Justin Hubner Kenakan Peci dan Resmi Jadi WNI

Justin Hubner telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Bek berusia 20 tahun itu baru saja menjalankan sumpah kewarganegaraan RI.
Ezra Walian pesepak bola naturalisasi asal Belanda menjalani proses pengambilan sumpah menjadi WNI pada Kamis (18/5/2017) di Kanwil Menhukham, Jakarta.(Bola.com/Peksi Cahyo)
Ragam

Tata Cara Menjadi Warga Negara Indonesia, Ketahui Syarat-syaratnya

Berikut ini rangkuman tentang cara menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), yang perlu diketahui.
Arema FC berlatih futsal menjelang duel kontra Semen Padang. (Bola.com/Iwan Setiawan)
Ragam

5 Manfaat Bermain Futsal bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Futsal adalah salah satu olahraga yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Timnas Indonesia lawan Irak, Vietnam, dan Filipina (Bola.com/Adreanus Titus)
Indonesia

3 Fakta Jelang Filipina Vs Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Dapat Bocoran Taktik dari Pelatih Vietnam

Duel Filipina vs Timnas Indonesia akan tersaji di Stadion Rizal Memorial pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Jordi Amat resmi gabung Johor Darul Ta'zim (JDT). (Instagram JDT).
Liga 1

Calon Klub Baru Liga Indonesia Terinspirasi Kisah Sukses JDT

Sekolah sepak bola Proball Mastery, yang bertekad untuk terjun ke Liga Indonesia dalam beberapa tahun ke depan, menjadikan kisah sukses Johor Darul Ta'zim F.C atau JDT sebagai inspirasi.
Ilustrasi penggunaan Google Translate selama Bola.com melakukan peliputan SEA Games 2021 di Viet Tri, Vietnam. (Bola.com/Muhammad Adiyaksa)
Piala Dunia

Cerita Liputan Piala Dunia U-17 2023: Interaksi dengan Jurnalis Asing Terkendala Bahasa, Aplikasi Penerjemah Terasa Berharga

Dalam peliputan Piala Dunia U-17 2023 di Solo, Bola.com sempat berbincang dengan jurnalis asing asal Uzbekistan dan Mali yang juga hadir untuk meliput perjuangan tim nasionalnya masing-masing.
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata saat laga Grup A Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia melawan Timnas Kamboja yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)
Indonesia

Utak-atik Kiper Utama Timnas Indonesia Jelang Hadapi Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Nadeo Enggak Ada Obat!

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil tiga kiper untuk dibawa ke Irak dan Filipina menjalani dua laga pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Koreografi La Grande Indonesia pada pertandingan Timnas Indonesia U-17 kontra Ekuador U-17 pada pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya hari Jumat (10/11/2023). (Muhammad Adiyaksa/Bola.com)
Piala Dunia

Koreografi La Grande dan Parade Bendera Ultras Garuda Buka Laga Timnas Indonesia U-17 Vs Ekuador di Piala Dunia U-17 2023

Koreografi dan aksi dari dua kelompok suporter Timnas Indonesia U-17, La Grande Indonesia serta Ultras Garuda, membuka partai kontra Timnas Ekuador U-17 di Piala Dunia U-17 2023.
Suporter Filipina saat mendukung timnya di Philippines Sports Stadium, (19/11/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Indonesia

Hadapi Vietnam dan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pelatih Filipina Sampai Memohon pada Suporter

Pelatih Michael Weiss berharap masyarakat bisa datang dan memenuhi Rizal Memorial Stadium saat Filipina menghadapi Vietnam dan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) resmi memanggil 26 pemain untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam dan Timnas Indonesia. (dok. PFF)
Indonesia

Filipina Panggil 26 Nama untuk Hadapi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Liga 1 Banget!

Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) resmi memanggil 26 pemain untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam dan Timnas Indonesia. Siapa saja?
Striker RANS Nusantara FC asal Filipina, Kenshiro Daniels. (Bola.com/Ana Dewi)
Liga 1

BRI Liga 1: Motivasi Tinggi Penyerang RANS Nusantara di Kandang Persija Jakarta

Penyerang RANS Nusantara, Kenshiro Daniels antusias menyambut laga kontra Persija Jakarta pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2023/2024.
Gelandang Timnas Austria, Marcel Sabitzer. (AFP/MARKO DJURICA).
Dunia

Tahukah Anda? Kunci Sukses Austria Tembus Putaran Final Euro 2024 Ternyata Eks Pemain MU, Marcel Sabitzer

Austria adalah salah satu tim yang telah memastikan diri lolos dari Kualifikasi Euro 2024. Austria lolos dari Grup F, menyusul Belgia.
Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh (tengah) berebut bola dengan pemain Brunei Darussalam, Muhammad Hakeme Yazid pada laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Indonesia

Ada Alasan Romantis di Balik Nomor Punggung Sandy Walsh dalam Laga Melawan Brunei Darussalam

Sandy Walsh harus menggunakan nomor punggung 6 ketika Timnas Indonesia menghadapi Brunei Darussalam, Kamis (12/10/2023) malam WIB.
Pemain Persija Jakarta, Frengky Missa (kanan) berebut bola dengan pemain Persis Solo, Sutanto Tan dalam laga pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023 antara Persija Jakarta melawan Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7/2022) sore WIB. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)
Indonesia

Leonardo Medina Mengklaim Ada 2 Pemain Persis Selain Ramadhan Sananta yang Layak Bela Timnas Indonesia

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, mengakui ada sejumlah pemainnya yang juga layak mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama Timnas Indonesia.
Jordi Amat resmi gabung Johor Darul Ta'zim (JDT). (Potongan layar Instagram JDT).
Indonesia

Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat Bawa JDT Juara Liga Malaysia 2023: Kampiun 10 Musim Beruntun!

Bek Timnas Indonesia, Jordi Amat, berhasil membawa Johor Darul Ta'zim (JDT) menjuarai Liga Super Malaysia 2023.
Loading

PROFIL

Suka sepak bola.