Sukses


Valentino Rossi Juarai Balapan Sengit MotoGP Belanda

Bola.com, Assen - Valentino Rossi tampil sebagai juara MotoGP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Sabtu (27/6/2015) malam WIB. Meski mendapat perlawanan ketat dari Marc Marquez sejak awal balapan, Rossi tetap mampu memertahankan posisi pole-nya di akhir lomba.

The Doctor finis paling depan dengan catatan waktu 40 menit 54,037 detik. Hasil ini menjadi kemenangan perdana Rossi dari pole position sejak MotoGP Misano 2009.

Sementara Marquez, yang tampil OK setelah kembali menggunakan sasis 2014, harus puas menjadi runner-up dengan selisih waktu 1,242 detik. Menggenapi podium, terdapat rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, yang sukses naik lima posisi dari posisi start-nya.

Sirkuit Assen yang dikenal memiliki banyak tikungan tajam menunjukkan keseramannya sejak lap ke-11. Pebalap Forwad Racing, Stefan Bradl, mengalami crash sehingga gagal menyelesaikan balapan. Kesialan Bradl tertular kepada Eugene Laverty, dengan penyebab sama.

Namun, di bagian depan balapan, pertarungan Rossi-Marquez terbilang cukup aman. Mereka baru terlibat aksi salip-menyalip pada lap ke-19.

Di enam lap tersisa itu, persaingan antara Rossi-Marquez meruncing. Dua kali mereka saling balap, sehingga posisi kesatu dan kedua berganti.

Pada lap ke-19, Rossi yang tengah memimpin, dikejutkan dengan manuver brilian Marquez. Namun kondisi ini hanya bertahan selama empat lap saja. Masuk di pertengahan lap ke-23, Rossi kembali menggeber motornya dan sukses menyalip pebalap asal Spanyol tersebut.

Di lap akhir, sempat ada ketegangan yang terjadi antar keduanya. Memasuki tikungan final, dua motor pebalap itu bersinggungan. Insiden kecil ini lantas menyebabkan Rossi keluar dari sirkuit dan nyaris kehilangan kendalinya.

Namun hal itu seperti menjadi berkah terselubung bagi Rossi. Memotong jalur via gravel Rossi akhirnya bisa mengecap kemenangan ketiga di musim balapan 2015.

"Saya puas dengan hasil balapan hari ini. Mengingat saya sudah tampil sangat kompetitif sejak hari pertama di akhir pekan ini. Saya berhasil dapat pole, dan saya berhasil menyelesaikan balapan di posisi sama," tutur Rossi seusai balapan, dilansir FoxSports TV.

"Marquez memang sempat menyalip saya. Tapi, di dua lap terakhir, saya kembali tampil kuat. Di lap terakhir tadi, kami sempat bersenggolan, dan saya masuk ke area gravel. Beruntung saya masih bisa mengendalikan motor saya sampai garis finis," tukasnya sebelum naik ke podium juara MotoGP Belanda.

Berikut hasil 10 besar MotoGP Belanda 2015:

1. Valentino Rossi Movistar Yamaha 40:54.037
2. Marc Marquez Repsol Honda +1.242 detik
3. Jorge Lorenzo Movistar Yamaha +14.576 detik
4. Andrea Iannone Ducati +19.109 detik
5. Pol Espargaro Monster Yamaha tech 3 +24.268 detik
6. Cal Crutchlow LCR Honda +24.373 detik
7. Bradley Smith Monster Yamaha tech 3 +24.442 detik
8. Dani Pedrosa Repsol Honda +24.656 detik
9. Aleix Espargaro Suzuki Ecstar +26.725 detik
10. Maverick Vinales Suzuki Ecstar +27.238 detik

Baca juga:

MotoGP Belanda: Marc Marquez Puas dengan Kinerja Sasis 2014

Duo Honda Berjaya di Latihan Bebas Kedua MotoGP Belanda

Valentino Rossi Pimpin Latihan Bebas MotoGP Belanda

 

 

Video Populer

Foto Populer