Sukses


Inilah Kalender Resmi MotoGP Musim 2016

Bola.com, Jakarta - Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna resmi merilis kalender MotoGP musim 2016, Rabu (10/2/2016). Tak ada perubahan apapun dari jadwal sementara yang telah dikeluarkan pada November 2015.

MotoGP 2016 akan berlangsung dalam 18 seri. Seri pembuka bakal digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 20 Maret. Balapan di Losail berlangsung pada petang hingga malam hari.

Setelah itu, balapan MotoGP berlangsung di Benua Amerika. Sirkuit Termas de Rio Honda, Argentina, menjadi tuan rumah berikutnya pada 3 April sebelum mampir ke Circuit of the Americas (COTA), Amerika, 10 April.

Selepas dari Benua Amerika, MotoGP kembali ke seri Eropa. Ada 11 seri yang digelar di Benua Biru secara beruntun dari Jerez (24 April) sampai Aragon (25 September).

Musim 2016 akan menandai debut TT Assen (Belanda) menggelar balapan MotoGP pada hari Minggu (26 Juni). Sebelumnya, balapan di Assen berlangsung pada Sabtu. Assen meninggalkan tradisi mereka demi menarik lebih banyak penonton.

"Keputusan ini dibuat murni karena kebutuhan. Dalam era yang kompetitif seperti sekarang, TT Assen hanya bisa bertahan dengan meningkatkan jumlah penonton. Balapan pada Minggu lebih menarik minat penonton dibanding Sabtu. Sorotan media juga lebih besar dan itu menguntungkan kami," demikian pernyataan Direksi TT Assen seperti dilansir Autosport pada Juni 2015.

Austria juga kembali ke kalender MotoGP untuk pertama kali dalam hampir dua dekade. Terakhir kali lomba balap motor grand prix digelar di Austria terjadi pada 1997. Austria menggantikan posisi Indianapolis. Balapan digelar di Red Bull Ring pada 14 Agustus.

Pengujung musim akan menjadi momen krusial bagi seluruh pebalap dengan digelarnya fly-away race (balapan di luar Eropa) di tiga negara secara beruntun, yakni di Jepang (Motegi), Australia (Phillip Island), dan Malaysia (Sepang). Seri pamungkas dalam kalender MotoGP musim 2016 akan berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada 13 November.

Berikut kalender MotoGP musim 2016:

(Tanggal--Grand Prix--Lokasi)

20 Maret          Qatar*       Sirkuit Internasional Losail
3 April             Argentina   Termas de Río Hondo
10 April           Americas    Circuit Of The Americas (COTA)
24 April           Spanyol      Sirkuit Jerez
8 Mei              Prancis       Le Mans
22 Mei             Italia         Autodromo del Mugello
5 Juni              Catalunya   Barcelona-Catalunya
26 Juni             Belanda     Sirkuit TT Assen
17 Juli              Jerman      Sachsenring
14 Agustus       Austria       Red Bull Ring - Spielberg
21 Agustus        Rep. Ceska Automotodrom Brno
4 September     Inggris       Sirkuit Silverstone
11 September    San Marino Misano World Circuit Marco Simoncelli
25 September    Aragon       MotorLand Aragon
16 Oktober       Jepang        Twin Ring Motegi
23 Oktober        Australia     Phillip Island
30 Oktober        Malaysia     Sirkuit Internasional Sepang
113 November   Valencia      Comunitat Valenciana - Ricardo Tormo
*: Balapan malam hari

 

Video Populer

Foto Populer