Sukses


MotoGP: Jorge Lorenzo Resmi Gabung Ducati

Bola.com, Gerno di Lesmo - Juara dunia MotoGP, Jorge Lorenzo, akhirnya resmi meninggalkan Yamaha. Pebalap asal Spanyol itu bakal bergabung dengan Ducati.

Yamaha dan Ducati mengumumkan kepindahan Lorenzo pada Senin (18/4/2016) menjelang MotoGP Jerez pada akhir pekan ini. Lorenzo dikontrak Ducati selama dua tahun untuk musim 2017 dan 2018.

"Ducati mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Jorge Lorenzo. Pebalap asal Spanyol itu akan ambil bagian dalam MotoGP 2017 dan 2018 dengan menggeber Ducati Desmosedici GP milik Tim Ducati," demikian pernyataan resmi dari Ducati.

Kontrak Lorenzo di Yamaha habis pada akhir musim ini. Meski sudah disodori kontrak baru oleh Tim Garpu Tala, Lorenzo memilih pergi.

Kabarnya, Lorenzo mendapat gaji sebesar 25 juta euro atau sekitar (Rp 372 miliar) di Ducati. Selain bayaran besar, Lorenzo pindah ke Ducati karena keberadaan sosok Gigi Dall'Igna. Bos Ducati Corse itu pernah bekerja sama dengan Lorenzo saat masih di kelas 250cc.

"Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa kerja sama dengan Jorge Lorenzo tak akan berlanjut pada akhir musim MotoGP 2016. Lorenzo akan pindah untuk mencari tantangan baru dalam karier balapnya," demikian pernyataan resmi dari Yamaha.

"Yamaha sangat berterima kasih atas kontribusi yang telah diberikan Lorenzo dan berharap bisa tetap berbagi momen tak terlupakan pada 15 seri tersisa musim 2016. Yamaha mendoakan yang terbaik buat Lorenzo di masa depan. Tim Movistar Yamaha juga akan tetap memberikan dukungan penuh supaya Lorenzo bisa meraih titel MotoGP keempatnya," tambah Yamaha.

Lorenzo meninggalkan Yamaha yang sudah dibelanya sejak debut di kelas MotoGP pada 2008. Selama sembilan musim bersama pabrikan asal Jepang itu, Lorenzo meraih tiga titel juara dunia (2010, 2012, 2015), 41 kemenangan seri, dan 99 kali naik podium, dari 141 start.

"Setelah mengumumkan Valentino Rossi bertahan untuk musim 2017-18, Yamaha akan mengumumkan komposisi pebalap musim depan usai mendapatkan pebalap kedua," ujar Yamaha lagi.

Yamaha belum mengumumkan siapa pengganti Jorge Lorenzo. Kandidat terkuat pengganti Lorenzo adalah pebalap Suzuki, Maverick Vinales. Di sisi lain, rekan setim Lorenzo di Ducati pada MotoGP 2017 juga belum ditentukan. Andrea Iannone sempat gencar dikabarkan bakal terdepak, tapi peluangnya dengan Andrea Dovizioso saat ini sama kuat alias 50-50.

Video Populer

Foto Populer