Sukses


Kepindahan Pedrosa ke Yamaha Tinggal Tunggu Pengumuman Resmi

Bola.com, Le Mans - Teka-teki siapa pengganti Jorge Lorenzo di tim Movistar Yamaha pada MotoGP 2017 mulai menemui titik terang. Sosok tersebut bukan rising star Suzuki, Maverick Vinales, melainkan pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

El Pais menjadi yang pertama membocorkan kabar tersebut. Surat kabar Spanyol itu pada Jumat (6/5/2016) melaporkan Pedrosa akan menjadi pebalap Movistar Yamaha mulai 2017. Pebalap asal Spanyol itu bakal menjadi rekan setim baru Valentino Rossi menyusul hijrahnya Lorenzo ke Ducati. Kini yang ditunggu tinggal pengumuman resmi dari Honda dan Yamaha.

Pedrosa bukan bidikan utama Yamaha. Tim Garpu Tala awalnya mengincar Vinales. Negosiasi sudah dilakukan. Namun, pembicaraan mentok terkait faktor ekonomi. Vinales pun kemungkinan besar bertahan di Suzuki.

Yamaha mengalihkan buruan ke Pedrosa. Kebetulan, kontrak Pedrosa di Repsol Honda akan habis pada akhir 2016. Sama seperti Vinales, Pedrosa juga berasal dari Spanyol. Sponsor Yamaha, Movistar, memang menginginkan pengganti Lorenzo berasal dari Negeri Matador.

Gayung Yamaha bersambut. Pedrosa menerima tawaran itu dan siap meninggalkan Honda, pabrikan yang sudah dibelanya sejak debut di kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 2001 di kelas 125cc. Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Pol Espargaro (Yamaha Tech 3) disebut-sebut menjadi kandidat pengganti Pedrosa di Repsol Honda. 

Pedrosa memang belum pernah jadi juara dunia MotoGP selama 10 musim di tim Repsol Honda. Namun, bicara kualitas, Pedrosa tak bisa dianggap sebelah mata.

Pedrosa sudah tiga kali menjadi runner-up MotoGP. Sejak debut di kelas tertinggi pada 2006, Pedrosa telah mengoleksi 28 kemenangan plus 100 podium. Honda pun terus memperpanjang kontraknya karena mereka merasa belum ada pebalap lain yang punya kualitas setara Pedrosa.

"Saya masih punya motivasi untuk menang. Untuk melakukannya, saya harus membela tim terbaik," kata Pedrosa di El Pais.

Pedrosa mungkin merasa ini saatnya untuk mencoba peruntungan di Yamaha. Tahun lalu, prestasi Yamaha lebih baik dari Honda. Hal itu sudah cukup untuk meyakinkan Pedrosa bahwa YZR-M1 merupakan motor terbaik di MotoGP pada saat ini.

Di sisi lain, kombinasi Rossi-Pedrosa bukan cuma membuat Yamaha memiliki salah satu duet terkuat di MotoGP, tapi juga paling berpengalaman. Rossi sudah berusia 37 tahun, sedangkan Pedrosa akan berumur 31 tahun pada September 2016.

Sementara itu, Movistar akan bekerja sama lagi dengan si anak hilang di Yamaha. Maklum, bakat Dani Pedrosa pertama kali ditemukan Alberto Puig di ajang Movistar Cup pada 1999. Saat debut di kelas 125cc pada 2001, sponsor Pedrosa adalah Telefonica Movistar dengan ciri khas motor berwarna biru.

Video Populer

Foto Populer