Sukses


Komisi Keselamatan MotoGP Minta Layout Sirkuit Catalunya Diubah

Bola.com, Assen - Komisi Keselamatan MotoGP membuat dua usulan terkait perubahan layout Sirkuit Catalunya. Hal ini berkaitan dengan meninggalnya pebalap muda Spanyol, Luis Salom.

Keputusan itu diambil Komisi Keselamatan MotoGP setelah bertemu dengan para pebalap, termasuk Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, Jumat (24/6/2016). Pertemuan itu diberitakan Motorsport berlangsung selama satu jam dan dipimpin Komisi Keselamatan FIM, Franco Uncini.

Usulan pertama menyebut balapan MotoGP di Sirkuit Catalunya akan menggunakan layout yang dipakai balapan F1. Layout ini akan mempertajam tikungan ke-10. Selain itu, juga akan ada tikungan ke-14 dan 15. Perubahan ini dinilai akan lebih cocok untuk MotoGP.

Perubahan Layout Sirkuit Catalunya (Bola.com/Adreanus Titus)

Usulan kedua adalah tetap menggunakan layout MotoGP Catalunya seperti yang biasa. Namun, ruang run-off pada tikungan ke-12 lebih diperluas. Hal ini tentu akan memakan waktu karena harus memindahkan tribune dan peralatan lainnya di lintasan. Usulan ini dinilai jauh lebih rumit.

Belum diketahui pasti bagaimana respons Dorna dan FIM terkait usulan ini. Namun diyakini perubahan layout Sirkuit Catalunya segera diputuskan.

Dorna Perpanjang Kontrak Sirkuit Assen

Sementara itu, Dorna selaku operator MotoGP, resmi memperpanjang kontrak Sirkuit Assen. Sirkuit Assen akan tetap menggelar MotoGP hingga 2026.

Sebenarnya kontrak Sirkuit Assen baru berakhir 2021. Namun, kontrak baru sudah dilakukan demi mendapatkan investasi senilai 16 juta euro untuk peningkatan fasilitas.

"Biasanya kami tidak menandatangani kontrak yang melampaui lima tahun, tapi kami membuat pengecualian dalam hal ini karena renovasi diperkirakan melebihi periode tersebut," ujar bos operator MotoGP, Carmelo Ezpeleta.

Video Populer

Foto Populer