Sukses


Ini Syarat Dorna Jika Palembang Ingin Gelar MotoGP 2018-2020

Bola.com, Jakarta - Dorna Sports menyambut baik rencana Palembang, Sumatera Selatan, yang ingin menggelar MotoGP mulai 2018. Namun, pemegang hak komersial MotoGP itu mengharapkan keseriusan dari semua pihak yang terlibat dalam wacana tersebut.

Seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora, Rabu (13/7/2016), Menpora Imam Nahrawi telah menginformasikan kepada Dorna soal ketertarikan Palembang menggelar MotoGP lewat surat Menpora No. 1945/MENPORA/D.IV/VII/2016 tertanggal 1 Juli 2016.

Dalam surat yang ditujukan kepada CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, Menpora mengusulkan Palembang sebagai lokasi penyelenggaraan MotoGP pada 2018-2020. Lokasinya adalah Palembang International Circuit.

Menpora memberitahukan kepada Dorna bahwa Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, telah mengirim surat kepada Presiden RI Joko Widodo pada 10 Maret 2016 untuk mengajukan permohonan rencana menggelar MotoGP dengan bekerja sama dengan pihak swasta.

Palembang merasa optimistis mampu menyelenggarakan MotoGP karena telah berpengalaman menggelar ajang olah raga level internasional dengan sukses seperti SEA Games 2011 dan Islamic Solidarity Games 2013. Bersama Jakarta, Palembang juga menjadi kota penyelenggara Asian Games 2018 di Indonesia.

Dorna merespons rencana Palembang dalam surat balasan kepada Menpora pada 6 Juli 2016. Secara garis besar, Dorna membuka pintu lebar-lebar kepada Palembang jika memang berniat menggelar MotoGP.

"Dorna Sports merasa senang dengan keinginan Pemda Sumsel yang berencana menggelar MotoGP pada 2018, 2019 dan 2020," kata Dorna dalam surat balasan kepada Menpora.

Hanya, Dorna meminta semua pihak yang bakal terlibat dalam wacana penyelenggaraan MotoGP di Palembang memperlihatkan keseriusannya. Jangan sampai kasus Sirkuit Sentul terulang lagi. Manajemen Sirkuit Sentul tak juga mengirimkan persyaratan yang diminta Dorna, yakni master plan, sehingga kemungkinan besar batal menyelenggarakan MotoGP pada 2017.

"Diingatkan kepada siapa pun yang bertanggung jawab dalam perencanaan penyelenggaraan MotoGP di Palembang untuk sesegera mungkin mengirimkan master plan-nya kepada pihak Dorna Sports untuk dipelajari terlebih dahulu," ujar Dorna.

Video Populer

Foto Populer