Sukses


MotoGP Jerman: Barbera Bangga Kalahkan Rossi Pakai Motor Tua

Bola.com, Sachsenring - Pebalap Avintia Racing, Hector Barbera, membuat kejutan pada sesi kualifikasi MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (16/7/2016). Rider asal Spanyol itu mampu menempati posisi kedua dengan mengungguli Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang harus puas berada di peringkat ketiga.

Barbera membukukan catatan waktu putaran terbaik 1 menit 21,572 detik pada kualifikasi kedua (Q2) untuk start dari baris terdepan di belakang pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang merebut pole position. Rider berusia 29 tahun itu lebih cepat 0,094 detik atas Rossi.

Bagi Barbera, ini merupakan hasil kualifikasi terbaiknya sepanjang karier di MotoGP. Sebelumnya, runner-up kelas 250cc 2009 itu sempat start ketiga pada MotoGP Italia 2012 di Sirkuit Mugello saat masih memperkuat Pramac Racing.

Barbera bukan cuma menjadi pebalap tim independen dengan posisi start terbaik di Sachsenring. Rider dengan nomor motor 8 itu juga mengalahkan dua pebalap pabrikan Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone.

Dovizioso hanya menempati posisi ketujuh, sedangkan Iannone memulai lomba dari grid kesembilan.

"Saya sangat senang karena ini merupakan posisi start terbaik saya di MotoGP. Bisa menempati posisi kedua merupakan hasil yang luar biasa. Ini merupakan cara saya berterima kasih kepada seluruh anggota tim yang telah bekerja sangat keras," kata Barbera dikutip dari situs resmi MotoGP.

Lebih hebat lagi, Barbera bisa mengalahkan Rossi dan duo rider tim pabrikan Ducati dengan motor Desmosedici GP14.2 alias kuda besi keluaran 2014!

"Motor kami dua tahun lebih tua ketimbang milik pebalap papan atas. Namun, kami memperlihatkan bahwa tim ini mampu bersaing. Saya punya ekspektasi tinggi pada balapan nanti," ujar Barbera.

Start dari baris terdepan, Barbera berharap bisa meraih hasil maksimal saat lomba. Jika meraih hasil bagus, dia bisa mempertahankan status sebagai pebalap dengan motor Ducati terbaik di klasemen sementara.

Berkat konsisten selalu meraih poin pada delapan seri awal, Barbera kini berada di posisi ketujuh klasemen dengan koleksi 58 poin. Dia unggul enam angka atas Iannone yang bercokol di peringkat kedelapan.

"Saya tak bisa memprediksi balapan nanti akan basah atau kering. Bagaimana pun kondisinya, saya akan berusaha yang terbaik dan berharap bisa meraih hasil bagus pada MotoGP Jerman," kata Hector Barbera.

Video Populer

Foto Populer