Sukses


Fakta Menarik MotoGP Austria: Arena Baru 3 Kuda Pacu

Bola.com, Spielberg - Setelah libur musim panas selama tiga pekan lebih, MotoGP 2016 akan kembali bergulir pada akhir pekan ini. Sirkuit Red Bull Ring di Austria bakal menjadi arena lanjutan duel tiga kuda pacu, yaitu Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi.

Marquez, Lorenzo, dan Rossi berada di baris terdepan dalam perburuan titel musim ini. Si Bayi Alien sementara memimpin pertarungan dengan keunggulan 48 poin atas Lorenzo dan 59 angka di depan Rossi.

Menariknya, baik Marquez, Lorenzo, maupun Rossi tak ada yang paling jagokan untuk memenangi balapan. Ketiganya masih belum punya pengalaman membalap di Red Bull Ring karena Austria baru kembali menggelar seri balap motor grand prix setelah absen selama 18 tahun.

Terakhir kali balapan grand prix menyambangi Austria adalah pada 1997. Rossi memang pernah dua kali balapan di Austria saat masih di kelas 125cc. Namun, saat itu lomba berlangsung di Sirkuit Spielberg lama.

Sejak saat itu, trek mengalami renovasi total dan menghasilkan tata letak sirkuit yang baru. Sirkuit baru yang kini dikenal sebagai Red Bull Ring berkarakter cepat karena hanya dihiasi sedikit tikungan yang dihubungkan dengan trek lurus.

Motor RC213V Honda Marquez serta YZR-M1 Yamaha milik Rossi dan Lorenzo tak cocok dengan sirkuit ini. Karena itu, ketiganya bukan cuma bertarung satu sama lain. Ducati siap mencuri peluang melesat ke depan dengan modal motor Desmosidici yang punya kelebihan dalam top speed dan pas dengan karakteristik Red Bull Ring. Jadi, siapa yang bisa memanfaatkan kesempatan dalam kondisi yang kurang menguntungkan?

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar MotoGP Austria seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, Selasa (9/8/2016):

1. Pada 2016 Austria akan menggelar seri balap motor grand prix untuk pertama kali sejak 1997.

2. GP Austria edisi pertama digelar pada 1971 di Sirkuit Salzburgring. Sirkuit tersebut total 22 kali menggelar balapan GP Austria.

3. Balapan kelas 500cc GP Austria edisi pertama pada 1971 dimenangi oleh Giacomo Agostini (MV Augusta) yang unggul satu lap atas pebalap yang finis kedua, Keith Turner. Agostini juga memenangi balapan kelas 350cc. Silvio Grassetti (MZ) menjuarai kelas 250cc, Angel Nieto (Derbi) mendominasi kelas 125cc, dan Jan de Vries (Kreidler) menguasai kelas 50cc.

4. Sirkuit Salzburgring terakhir kali menggelar balapan GP Austria pada 1994 saat Mick Doohan memenangi kelas 500cc dengan kecepatan rata-rata melebihi 194 km/jam!

5. Dengan karakteristik yang cepat dan kurangnya area run-off, Sirkuit Slazburgring akhirnya dianggap terlalu berbahaya untuk terus menggelar balapan GP Austria.

6. Sirkuit saat ini menggelar dua balapan GP Austria terakhir pada 1996 dan 1997. Ketika itu, namanya masih A1-Ring.

7. Valentino Rossi adalah satu-satunya pebalap di grid MotoGP MotoGP 2016 yang pernah balapan balap motor grand prix di sirkuit saat ini.

8. Hasil finis ketiga pada balapan kelas 125c GP Austria 1996 merupakan podium pertama Rossi di kejuaraan dunia balap motor grand prix. Rossi kembali naik podium pada 1997. Dia finis kedua hanya kalah 0,004 detik dari sang pemenang, Noboru Ueda.

9. Seluruh balapan GP Austria yang pernah digelar di sirkuit saat ini (2x 125cc, 2x 250cc, 2x 500cc) dimenangi oleh pebalap Honda.

Video Populer

Foto Populer