Sukses


Alex Noerdin Ingin Sirkuit Jakabaring Gelar MotoGP dan F1

Bola.com, Sepang - Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, tak cuma berambisi menjadikan Sirkuit Jakabaring sebagai tuan rumah MotoGP di Indonesia. Alex juga ingin sirkuit yang terletak di Kompleks Olah Raga Jakabaring, Palembang, itu menggelar balapan F1.

"Saya percaya setelah sekali kami mengadakan MotoGP pada 2018, maka akan kami tingkatkan untuk menyelenggarakan F1 pada tahun berikutnya. Toh, hanya tinggal menambah sarana dan prasarana," kata Alex Noerdin di akun Facebook pribadinya, Sabtu (29/10/2016).

Alex mengatakan pembangunan Sirkuit Jakabaring akan dimulai pada 2017. Sirkuit tersebut dirancang oleh desainer sirkuit terkenal asal Jerman, Hermann Tilke, yang juga mendesain Sirkuit Sepang di Malaysia.

Berdasarkan gambar desain Sirkuit Jakabaring yang didapat Bola.com, sirkuit tersebut memiliki spesifikasi panjang 4,314 km, 14 tikungan (sembilan ke kiri dan lima ke kanan), delapan area tribune, dan berkapasitas 130 ribu penonton. Pada area sirkuit juga terdapat arena balap gokar.

Alex Noerdin menegaskan seluruh pembiayaan pembangunan Sirkuit Jakabaring murni 100 persen berasal dari investasi swasta. Namun, Alex belum mengungkap berapa perkiraan anggaran totalnya.

"Saat saya membuat status dengan mengatakan kami pasti membangun sirkuit untuk MotoGP, ada beberapa yang menanggapi miring. Mereka bilang menghabiskan uang negara sampai tak ada manfaatnya. Padahal tak ada anggaran negara baik APBN apalagi APBD yang belakangan mengalami pemotongan beberapa kali dari pusat," ujar Alex.

"Sangat tak mudah untuk menggaet investor. Kami sangat serius melakukan ini demi mengangkat ekonomi masyarakat. Jika saja mereka yang sinis itu mau sedikit rendah hati membaca dan mempelajari, saya yakin mereka ingin sirkuit ini cepat jadi," tutur Alex.

Alex mengaku menghargai suara dari masyarakat. Namun, dia berharap aspirasi tersebut bersifat membangun.

"Sekarang, olahraga itu bisa mendatangkan uang. Ambil contoh Singapura. Kendati ekonominya sudah tumbuh pesat, mereka berupaya maksimal menyelenggarakan F1. Pelajari apa nilai tambahnya," kata Alex.

"Semoga pada 2018 masyarakat bisa melihat hal positif dari rencana kami membangun Sirkuit Jakabaring untuk MotoGP dan F1. Sekali lagi saya melakukan terobosan ini semata-mata demi kemajuan dan kesejahteraan warga Sumsel," ujar Alex Noerdin.

Video Populer

Foto Populer