Sukses


MotoGP: Bos Ducati Bangga Winglet Ditiru Semua Pabrikan

Bola.com, Bologna - Bos Ducati, Gigi Dall'Igna, mengaku bangga dengan winglet yang dikembangkan timnya. Sayap tambahan yang dipakai di motor tersebut terbukti berguna dan ditiru semua pabrikan di MotoGP.

"Semua pabrikan mengikuti teknologi yang kami kembangkan, dan saya sangat bangga akan hal itu. Kami belum selesai sampai di sini dan akan terus mengembangkan teknologi aerodinamika kami," ujar Dall'Igna dikutip dari Motorsport Total, Minggu (11/12/2013).

Sayap tambahan atau yang dikenal dengan istilah winglet memang pertama kali dipopulerkan Ducati. Teknologi yang diterapkan pabrikan asal Italia itu kemudian ditiru hampir seluruh tim balap yang berpartisipasi di MotoGP.

Pelarangan penggunaan sayap ini disebabkan karena Komisi Grand Prix MotoGP menganggap benda tersebut sebagai sesuatu yang menonjol dan bisa membahayakan pebalap lain. Beberapa pebalap memang hampir terlibat kecelakaan akibat bersenggolan dengan winglet saat berada di lintasan.

Keputusan itu tentu saja membuat Dall'Igna merasa kecewa. Menurutnya motor akan lebih cepat jika menggunakan winglet.

"Winglet merupakan bagian tambahan yang sangat berguna. Saya sangat yakin motor akan jauh lebih cepat jika menggunakan winglet," tambahnya.

Wajar rasanya jika Ducati kecewa dengan peraturan baru ini. Pasalnya performa tim yang bermarkas di kota Bologna itu memang membaik sejak menerapkan teknologi winglet pada fairing motor mereka.

Pada musim MotoGP musim 2016 beberapa kali rider Ducati, Andrea Iannone dan Andrea Dovizioso, mampu bersaing di baris depan dengan pebalap lain. Keduanya juga pernah merasakan gelar juara. 

Video Populer

Foto Populer